@J08-Alifia (Alifia
Ning Anggita)
@J09-Amanda (Amanda
Afrilla)
@J18-Sacharissa
(Sacharissa Alifa)
@J30-Resa (Resa Dara
Yusita)
@proyek-J04,
@Startup-J04,
ABSTRAK
Di zaman
sekarang ini tentu pengusaha harus lebih kreatif dan inovatif dalam
mengembangkan usahanya termasuk dengan sistem atau cara pemasaran dan
penjualannya sehingga konsumen dapat tertarik dengan produk tersebut.
Artikel ini bertujuan untuk menambah wawasan secara empiris
mengenai jenis bisnis dalam berwirausaha.
PENDAHULUAN
Bangsa
Indonesia, merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah jika kita
tidak pandai mengatur itu semua, maka bangsa kita akan jatuh ke dalam
keterpurukan dalam hal perekonomian, kemiskinan dan menjadikan negeri kita
gagal atau miskin.
Dilihat
dari pertumbuhan ekonomi kita saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia
menduduki angka yang sangat fantastis. Namun, pemerintah belum bisa mengatasi
problema tersebut. Jika adanya pasar kerja yang dibuka, masyarakat
berbondong-bondong untuk menjadi pegawai negeri yang di impikan tetapi
pekerjaan kita tidak hanya pegawai negeri saja. Masih banyak pekerjaan yang
bisa kita lakukan pewirausaha atau pengusaha.
Tujuan
dibuatnya artikel ini agar mahasiswa dapat mengenal dan mengerti bahkan mampu
memahami serta menambah wawasan dalam dunia bisnis
A.
Pengertian
Bisnis
Menurut Sukirno (2010: 20)
Bisnis adalah kegiatan untuk memperoleh keuntungan.semua orang atau individu
maupun kelompok melakukan kegiatan bisnis pastinya untuk mencari keuntungan
agar kebutuhan hidup nya terpenuhi. Tidak ada orang yang melakukan bisnis untuk
mencari kerugian.
B.
Pengertian
Bisnis Konvensional
Konvensional
atau yang lebih sering dikenal dengan bisnis offline adalah kegiatan atau
transaksi jual-beli yang dilakukan secara langsung, bertatap muka antara
penjual dengan pembeli.
Kelebihan dalam bisnis konvensional :
Ø Pembeli
langsung dapat melihat produk yang akan dibeli
Ø Bisnis
konvensional memiliki tempat atau kios sendiri
Ø Memiliki
banyak stok
Ø Terjamin,
sehingga tindakan penipuan minim terjadi.
Kekurangan
dalam bisnis konvensional :
Ø Lingkup
pemasarannya terbatas
Ø Membutuhkan
modal yang cukup besar
Ø Memerlukan
banyak stok, ini juga berpengaruh terhadap modal yang dikeluarkan sehingga
modal menjadi bertambah.
Ø Apabila
pembeli ingin membeli barang, maka harus pergi ke toko tempat dijualnya barang
tersebut.
C. Pengertian E-commerce
E- Commerce adalah perdagangan
yang menggunakan jaringan komputer, contohnya penjualan, pembelian,pemasaran
barang dan juga jasa. Elektronik commerce mengacu pada teknologi seperti
transfer dana elektronik, pemasaran internet, transaksi online, dan masih
banyak lagi. Perdagangan elektronik di zaman sekarang bisa juga menggunakan
WEB, selain menggunakan WEB e-mail juga di butuhkan dalam e-commerce ini.
E-Commerce menurut Martin Kütz
adalah pertukaran barang dan jasa antara (biasanya) organisasi independen dan /
atau orang-orang yang didukung oleh penggunaan sistem ICT (Information & Commucation
Technology) yang komprehensif dan infrastruktur jaringan yang standar secara
global.
Jenis-jenis
E-commerce:
Ø E-commerce business to business
(B2B) - bisnis yang hanya dilakukan oleh orang atau pihak yang saling
berkepentingan dalam menjalankan bisnisnya.
Ø E-commerce business to consumer
(B2C) - bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumennya
Ø E-commerce consumer to business
(C2B) - bisnis yang antara konsumen dan produsen. Yang berarti si konsumen
memesan produk yang di inginkannya pada si produsen, lalu si produsen akan
menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen
Keuntungan
menggunakan e-commerce :
Ø Tidak mengenal adanya batasan
tempat
Ø Menghemat waktu
Ø Menghemat pengeluaran,
dikarenakan pegawai yang dibutuhkan tidak banyak
Ø Meperluas jangkauan calon
konsumen
Ø Mempermudah proses penjualan
Ø Mempermudah pembayaran
Kekurangannya :
Ø Sering terjadi penipuan
Ø Barang yang dipesan tidak
sesuai dengan apa yang terlihat digambar
Ø Memersempit lapangan pekerjaan,
karena industri e-connerce tidak membutuhkan banyak pekerja.
D. Bisnis Waralaba
Franchise
Franchise (waralaba) adalah suatu strategi pengembangan produk, jasa atau
teknologi yang saling berkerjasama secara erat antara perusahaan baik secara
hukum maupun financial dan independen yaitu franchisor (pemberi waralaba) dan
franchisee (penerima waralaba).
Jenis Bisnis Franchise
Ø
Waralaba luar negeri,
cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima
diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi
Ø
Waralaba dalam negeri,
juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang- orang yang ingin cepat
menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan
kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.
Kriteria Bisnis Franchise
Ø
Franchise Industrial
Hubungan yang terjalin antara perusahaan manufaktur dan pedagang besar
Ø
Franchise generasi
pertama Hubungan yangg terjalin antara perusahaan manufaktur dan pedagang
eceran
Ø
Bisnis Franchise yang
terjalin antara pedagang besar dan pedagang eceran
Ø
Bisnis Franchise yang
terjalin antara sesama pedagang eceran.
Keuntungan Bisnis Franchise
Ø
Mendapatkan bantuan
modal
Ø
Profit tinggi karena
telah teruji
Ø
Standarisasi mutu
Ø
Mendapatkan bantuan
manajemen
Kekurangan bisnis franchise
Ø
Menjadi Independen,
terdominasi
Ø
Tidak mandiri
Ø
Kreativitas tidak
berkembang
Ø
Rentan terhadap
perubahan franchisor
KESIMPULAN
Bisnis
adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi)
yang menciptakan nilai (create value)
melalui penciptaan barang dan jasa (create
of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh
keuntungan melalui transaksi
DAFTAR PUSTAKA
http://salamfranchise.com/2008/03/03/franchise-di-indonesia-dan-pengertiannya
Pramono, Peny R. 2007.
http://www.kompasmania.com/novikristiadi/5992634e93be2508e06c5402/e-commerce-manfaat-dan-keuntungannya (Di unduh pada 26/03/2018)
http://ww.unpas.ac.id/pengertian-e-commerce/ (Di unduh pada 26/03/2018)
Modul
Kewirausahaan Bab 5
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/BOL-S1-2016-00048%20BAB%20II.pdf
(Di unduh pada 26/03/2018)
https://www.budiwahono.com/pengertian-bisnis-online-dan-bisnis-konvensional/ (Di unduh pada 27/03/2018)
https://www.budiwahono.com/pengertian-bisnis-online-dan-bisnis-konvensional/ (Di unduh pada 27/03/2018)
Artikel yang bagus, ringkas dan padat untuk penyampainannya. Nice job
BalasHapusArtikel nya gak bertele tele dan langsung ke pointnya, nice kak amanda
BalasHapusnice post;3
BalasHapus