1. TOKOPEDIA
www.tokopedia.com
Hallo temen-temen, kali ini aku mau review aplikasi belanja
online nih salah satunya yaitu “tokopedia” kalian
pasti udah
pada tau kan aplikasi ini. Yup bener
banget,ini aplikasi jual-beli online yang lagi digandrungi oleh banyak kalangan
masyarakat yang ingin berjualan atau membeli barang secara online.Tokopedia sudah
menjadi starup peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke 34 di dunia,
temen temen bisa cek di www.startupranking.com
Tokopedia.com merupakan sebuahtoko online yang
dimiliki oleh
Indonesia.Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di
bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus
Alpha Edison pada 6 Februari 2009.Tokopedia.com memakai jenis bisnis Costumer
to Costumer (C2C).Tokopedia sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan
bagi pembeli dengan pembayaran yang unik adalah proses verifikasi pembayaran
yang instan, yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order danbarang
yang dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual, keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna unik ini yang ingin membeli
di berbagai merchant Tokopedia.
Temen-temen tau gaknihapaaja yang dijual oleh tokopedia?
Kalau yang belum tau, aku akan kasih tau ke kalian semuanih. Tokopedia itu
menjual pakaian, Fashion &aksesoris, Kecantikan, Kesehatan, Rumahtangga, Dapur,
Perawatanbayi, Handphone& tablet, Laptop &aksesoris,
Komputer&aksesoris, Elektronik, Kamera,Foto& Video, Otomotif, Olahraga,
Office & stationery, Souvenir,kado&hadiah, Mainan&hobi,
Makanan&minuman, Buku, Software, Film,musik& game, nah lengkap banget kan gengs, pokoknya
rekomen banget deh buat kalian!
Nah temen-temenbagi kalian yang berminat buat jualan di
tokopedia, bagi yang belum tau caranya aku kasih tau nih, caranya gampang
banget gengsss,yaitu:
- Membangun Toko Online terlebih dahulu di TokoPedia.dan menata etalase
- Mengupload produk
- Menunggu datangnya orderan baru,orderan baru ditandakan adanya alert di To Do List di panel sebelahkiritokopediaanda.Tokopediamengirimkan email kepadapenjual,jikaadaorderan yang masuk.
- Untuk setiap orderan yang baru,penjual harus menentukan apakah akan menerima orderan atau menolak. Apabila penjual menolak orderan atau tidak memberikan respon maksimal waktu 3 hari,maka orderan akan otomatis dibatalkan.
Kalau temen-temen yang hobi banget belanja online atau
yang males banget keluar rumah nih solusinya kalian tinggal download aplikasi
tokopedia kemudian ikutin deh langkah-langkahnya nih aku kasih tau ya gengs proses
untuk berbelanja di TokoPedia,yaitu:
- Cari barang yang diinginkan
- Klik menu add to chart yang ada di sisi kanan layar produk,kemudian isi formulir pembelian, setelah itu klik
- Tombol tambah. Jika ingin melihat isi keranjang belanjaan, klik tombol view chart.
- Setelah selesai berbelanja, masuk ke proses check out untuk konfirmasi belanjaan.
- Setelah proses checkout,pembeli akan menerima invoice melalui email yang berisi nomor rekening dan nominal yang harus di transfer,kemudian pembeli melakukan pembayaran.
- Setelah pembayaran, pembeli wajib melakukan konfirmasi pembayaran. Caranya :Klik menu Konfirmasi pembayaran di panel To Do di sebelah kiri layar Log in.Masuk ke menu profil->transaksi->konfirmasi pembayaran.
- Menunggu Konfirmasi dari penjual, penjual akan diberi waktu 3 hari untuk memproses orderan barang,apabila penjual menolak orderan,maka dana yang sudah dibalikkan ke saldo deposito pembeli.
- Konfirmasi Penerimaan barang, setelah barang sampai pembeli diberikan waktu hingga 3 hari untuk melakukan konfirmasi penerimaan barang, apabila pembeli tidak melakukan konfirmasi maka transaksi dianggap selesai.
Tokopedia juga mempunyai kelebihan dan kekuranganya nih
gengs,
KelebihandariTokoPedia,yaitu:
- TokoPedia menjual bermacam-macam barang .
- Transaksi pembayaran lebih cepat.
- Barang yang dijual masih dalam kondisi yang baik dan terjamin.
- Setiap barang yang kita terima setelah dibeli, sesuai dengan gambar barang yang ada di TokoPedia.
- Katalog belanja telah dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.
- Dapat membuka toko online pribadi yang gratis.
KelemahandariTokoPedia,yaitu:
- Spesifikasi setiap barang tidak disebutkan.
- Misalnya: Bahan dari setiap barang tidak menampilkan detail produknya.
- TokoPedia tidak menyebutkan nomor HP yang bisa dihubungi untuk konfirmasi setelah melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman.
- Harus terhubung ke koneksi internet.
Segitu
dulu review dari aku tentang Tokopedia,
semoga bermanfaat buat kalian semua!
Sumber :
2. LAZADA
www.lazada.co.id
Lazada diluncurkan pada
bulan Maret 2012 dan berkembang pesat hingga saat ini. Lazada Indonesia
merupakan salah satu bagian dari jaringan retail online Lazada Group yang
beroperasi di enam negara di Asia Tenggara, yang terdiri dari Lazada Indonesia,
Lazada Malaysia, Lazada Thailand, Lazada Vietnam, lazada Singapore dan Lazada
Filipina dengan total pengguna 550 juta pengguna dari total keseluruhan enam
negara tersebut.
CEO Lazada Indonesia pada saat ini adalah Magnus Ekbom. Ia pindah dari Swedia ke Asia pada tahun 2011 dan dalam lima tahun terakhir terfokus pada pasar Asia Tenggara di mana dia sekarang bertempat tinggal di Indonesia. Ia mengungkapkan saat ini Lazada Indonesia kurang lebih memiliki sekitar lima ratus karyawan
Prosedur
Berjualan
1.
Masuk ke lazada.co.id
2.
Cari Jual di Lazada (bagian paling
bawah) http://www.lazada.co.id/marketplace/
3.
kemudian muncul form registrasi pada form
yang tersedia
4.
Isi Formnya
5.
Tunggu konfirmasi dari lazada
6.
Setelah persyaratan lengkap anda tinggal iklankan
produk anda.
7.
Selesai
Prosedur Membeli
- Pergi ke halaman Lazada Malaysia, www.lazada.com.my. Jika anda belum ada akaun di Lazada Malaysia, anda perlu buat 1 akaun untuk proses pembelian. Tekan Login & Sign Up dan isikan detail anda.
- Isikan butir butir peribadi anda dan Submit
- Setelah selesai membuat akaun, anda akan menerima email dari pihak Lazada
- Selepas itu anda bolehlah shopping barang yang anda hendak beli. Macam aku yang nak beli baby carrier 5 in 1 ni seperti gambar di bawah. Klik ‘BUY NOW‘ jika sudah pasti hendak membeli. Anda dikehendaki untuk memasukkan email adress anda, tetapi jika sudah anda sudah berdaftar anda hanya perlu pilih option yang kedua iaitu ‘I already have an account‘. Masukkan password akaun anda dan klik ‘continue’.
- Setelah itu, isikan ruang ‘Delivery Information‘ iaitu maklumat penghantaran barang kepada anda. ‘Create New Adress’ jika anda ingin menggunakan alamat yang lain. ‘Use existing address’ jika sebelum ini anda pernah membeli di Lazada dengan alamat yang sama.
- Beraneka Ragam Produk Tersedia Di Lazada.co.id, barang yang di jual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain.
- Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.
- Website yang user friendly Website di Lazada.co.id memiliki tampilan yang user friendly, navigasinya sangat mudah dan tampilannya pun menarik sehingga orang yang awampun bias menggunakannya dengan mudah
- Bebas Ongkos Kirim Lazada memberika kebijakan untuk membebaskan ongkos kirim dengan beberapa ketentuan wilayah. Jika JABODETABEK dan pembelian diatas Rp. 100.000, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Lalu jika diluar JABODETABEK ada yang masuk dalam wilayah 2 dan 3. Jika masuk wilayah 2, pengirimiman akan gratis jika pembelian diatas Rp. 90.000 dan berat barang kurang dari 6kg. Dan yang masuk wilayah 3, seluruhnya dikenakan biaya pengiriman.
- COD (Cash On Delivery) Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi di pelayanan ini anda dapat melakukan pembayaran di tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Tapi saat ini mungkin baru ada di daerah jakarta saja.
- Pengiriman Barang Cepat Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang ia beli cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada sepertinya tahu persis kebutuhan konsumen itu oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat setelah pembayaran diterima.
Kekurangan Lazada
- Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, saya rasa konfimasi pembayaran diterima oleh pihak lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.
- Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya.
MIND MAP :
Sumber :
3. BLIBLI
www.blibli.com
Blibli.com
ini didirikan pada tahun 2011 oleh PT. Global Digital Niaga (GDN). Kemudian
dibantu oleh PT. Global Digital Niaga, Perusahaan ini tidak lain adalah adik
dari PT. Global Digital Niaga. Sedangkan pemiliknya adalah Martin Hartono.
Martin
Hartono adalah seorang putra owner Djarum Grup, Budi Hartono. PT. Global
Digital Prima yang biasa dikenal ini merupakan salah satu bagian dari
perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Djarum Grup juga merupakan seorang
pemilik saham beberapa bisnis online lainnya seperti, Kaskus bahkan beberapa
situs lokal lain diantaranya, lintasberita.com, krassymarket.com dan
dailysocial.net.
Blibli.com
didirikan oleh Kusumo Martanto. Ia merupakan seorang yang lulusan S-2 teknik
industri dan Georgia Institute of Teknology di Amerika Serikat. Untuk saat ini
ia menjadi bagian dari CEO di PT. Global Digital Niaga.
Setelah ia lulus dari SMA di tahun 1992, Kusumo Martanto langsung melanjutkan
pendidikannya di Amerika Serikat.
Sambil
melanjutkan Study, ia juga bekerja di beberapa perusahaan seperti, Intel
Corporation dan i2 Technologies yan menjabat sebagai senior manajer produk.
Setelah
lulus di tahun 2009 dia kembali ke rumahnya tepatnya di Indonesia. karena, ia
harus mengikat sistem kerja sama dengan Blibli.com di bawah PT. Global Digital
Prima.
Sekian
penjelasan tentang pendiri blibli.com. Semoga berguna dan dapat menambah
pengetahuan kita. Terimakasih.
Prosedur Menjual
1. mendaftar
sebagai penjual atau merchant di Blibli dengan mengontak semua kontak yang
tersedia, baik itu melalui telepon maupun email. Kalau sudah mengirim email ke
layanan merchant Blibli, kita akan mendapatkan isi email
2.
Pendaftaran
merchant atau penjual di Blibli, membutuhkan KTP, NPWP, foto produk dan foto
toko / gudang. Selain itu juga ada form surat perjanjian kerja sama sebanyak
20an lembar, sekilas mengenai Blibli dan form pendaftaran yang berisikan
data-data penjual atau merchant.
3. Jika ada
pertanyaan seputar merchant dan berjualan di Blibli, bisa menghubungi email
alternatifnya di merchant.care@blibli.com
4. menunggu
lebih dari 1 minggu untuk mendapatkan formulir pendaftaran merchant Blibli.
Namun setelah mendapatkan form melalui email, silakan diisi data-data yang
diminta. Kamu nanti akan dikontak secara continue melalui sms
5. sudah
mendapat username dan password merchant Blibli, kamu tidak bisa menggunakannya
begitu saja alias tidak bisa langsung digunakan. Kamu baru bisa menggunakannya
setelah 2-3 hari kerja dan kamu telah melunasi pembayaran pendaftaran merchant.
Biaya pendaftaran merchant di Blibli adalah sebesar 500 ribu. Uang ini
merupakan uang semacam jaminan karena jika nanti produk tidak sesuai dengan
yang dijual di lapak atau dideskripsikan. Atau juga barang mengalami kerusakan
atau return sehingga pembeli produk kita merasa dikecewakan. Uang inilah yang
nantikan akan digunakan.
Prosedur
Membeli
- Pilih produk yang ingin Anda order dan klik button BUY NOW.
- Klik SHOPPING BAG dan klik button CHECKOUT NOW.
- Bila Anda sudah login maka Anda akan diarahkan ke Step 3, sedangkan jika Anda memilih berbelanja sebagai Guest maka akan diarahkan ke Step 2 terlebih dahulu untuk mengisi alamat.
- Pada Step 3 lengkapi Informasi Pengiriman lalu pilih Jasa Pengiriman yang Anda inginkan.
- Lengkapi Informasi Pembayaran lalu pilih Metode Pembayaran yang Anda inginkan.
- Isi kode verifikasi (CAPTCHA) pada pojok kanan bawah dan beri tanda checklist pada syarat dan ketentuan berbelanja, kemudian klik button PAY NOW.
Kelebihan
dari Blibli
- Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
- Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
- Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.
- Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.
- Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
Kekurangan Blibli
- Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
- Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.
- Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.
- Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.
MIND MAP :
Sumber :
4. BUKALAPAK
www.bukalapak.com
Selain startup di atas, saya juga ingin mereview startup
yang kalian sering dengar, sampai ada iklannya yang hits banget dengan lagu yang unik, yaitu bernamakan Bukalapak.com.
Ituloh, yang iklannya ibu-ibu pakai baju untuk imlek sambil nyanyi “buka lapak emang
cincay, harganya pas kaga lebay. Di nego aja say, pasti bisa say, di nego
sampai okay”, udah inget kan? hehe. Kira-kira, kalian tahu engga sih apa
bukalapak itu? Bukalapak itu
merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan
jaringan toko daring ) yang dimiliki dan
dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual-beli daring (online)
dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C ), Bukalapak menyediakan
sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka
toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik
satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan
dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda,
ponsel, perlengkapan bayi, gawai (gadget), aksesoris gawai, komputer,
sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan
lain-lain. Pokoknya banyak banget deh yang dijual, bisa dibilang hampir lengkap
yaa ada di situs ini, hehehe.
Lalu apa ya tujuan dari
startup bukalapak ini? Sama seperti pasar tradisional, Bukalapak.com
menjadi tempat dimana semua orang bisa menjual barangnya dan membuka lapak
disini dengan mudah. Karena Bukalapak percaya, dengan mekanisme pasar online,
penjual dan pembeli mendapatkan keuntungan maksimal. Jadi penjual bisa
memperbesar pasar dan menaikkan bargaining terhadap calon pembeli lain,
sementara pembeli bisa mendapatkan banyak pilihan barang. Lewat mekanisme
inilah tercipta pasar yang akan menentukan harga. Bahkan bukalapak sering
mengadakan promo harga di situsnya, harganya jadi turun tapi wajar engga lebay
seperti di iklannya, hehehe. Oh iya, selain menjual barang-barang yang sudah
dijabarkan diatas, kita juga bisa membeli pulsa dan paket data di situs bukalapak,
loh. Engga cuma itu aja, kita juga bisa bayar tagihan listrik, beli tiket
kereta, beli voucher games, tiket pesawat, sampai zakat profesi. Woaaah, banyak
banget kan yang bisa kita beli di situs bukalapak. Untuk mempermudah pembelian
maupun penjualan, kalian bisa banget download applikasinya di gadget kalian
masing-masing. Pokoknya seru banget deh belanja dan jualan di bukalapak.com.
FYI
(For Your Information) aja ya guys, Bukalapak pertama kali didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun
2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang
berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak
baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan
dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief
Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology
Officer).
Setelah berdiri kurang lebih
setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan
gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese
Incubator dan Corfina Group). Di tahun
2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin
oleh Kuan Hsu.
Pada bulan Maret 2014, Bukalapak
mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak
berselang lama dari pemberitaan
tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi selular
untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus
untuk para penjual untuk mempermudah
penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui
smartphone.[8] Sejak pertama kali
diluncurkan sampai dengan 3 Juli 2014, applikasi tersebut telah didownload oleh
lebih dari 87 ribu user Bukalapak.
Walaupun baru berdiri kurang lebih 3
tahun, Bukalapak memiliki reputasi yang
baik dalam hal customer service dan websitenya yang mudah untuk diakses.
Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin berkembang dengan
inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak untuk transaksinya.
Bukalapak memiliki program untuk
memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia
untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi
melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka
miliki tanpa harus memiliki toko offline. Untuk yang telah memiliki toko
offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya
situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.
Mengapa
Belanja di Bukalapak.com Bebas Penipuan dan Aman?Memang
belanja online beresiko besar terhadap penipuan, apalagi kalau situsnya engga
jelas dan engga ada jaminannya, iya kan? Tapi tenang aja, di bukalapak semuanya
aman. Bukalapak sendiri mengklaim bahwa situsnya merupakan “situs jual beli
online mudah & terpercaya”. Pembeli tidak perlu merasa khawatir jika
berbelanja onlinedi bukalapak sebab adanya Jaminan Aman Berkat Payment System.
Payment
System
adalah metode transaksi mirip rekening bersama tradisional; penjual menerima
dana pembayaran setelah pembeli terima barang sehingga jika penjual tidak
mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan dapat dikembalikan 100%.
Keunggulan
Payment System Bukalapak.com dibanding
rekening bersama tradisional:
Lebih
cepat
– karena pembeli dapat langsung membayar tanpa harus hubungi penjual untuk
sepakat menggunakan rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual beli.
Notifikasi
SMS –
tiap pembeli melunasi pembayaran maka secara real-time penjual mendapat SMS
dari sistem Bukalapak.com untuk segera kirim barang.
E-banking – tak seperti rekening
bersama tradisional, lewat Payment
System
Bukalapak.com pembeli dapat membayar lewat transfer, BCA KlikPay atau Mandiri
Clickpay.
Tercatat
sistem
– proses transaksi diatur otomatis oleh komputer sehingga kecil kemungkinan ada
kesalahan yang dapat dilakukan manusia.
Otomatis
refund
– sistem otomatis deteksi dan mengembalikan(refund) dana ke pembeli jika dalam 3 hari
penjual tidak mengirim barang.
Feedback
positif
– penjual tetap mendapat feedback positif jika tidak ada
konfirmasi dari pembeli, jadi tidak perlu meminta-minta pembeli untuk beri feedback/rekomendasi.
Tim
Customer Service
– walau transaksi telah diatur oleh sistem, BL tetap miliki tim Customer
Service yang sigap melayani pembeli dan penjual yang belum paham cara
bertransaksi dengan Payment System Bukalapak.com.
Apa aja ya kelebihan dan kekurangan dari situs
bukalapak? Hmm, pada tahu engga? Mari kita ulas sama-sama yaa.
Kelebihan:
1.Mendapatkan Notifikasi
Pesan
Kalian pasti sering kan
mengalami sebagai orang yang gagal memesan karena memang enggak serius? Sudah
enggak jamannya lagi sekarang. Sekarang kalian cuma perlu fokus kepada orang
yang memesan barang kalian. Nah, perusahaan E-Commerce yang berdiri sejak tahun
2011 ini menghadirkan konsep transaksi sederhana yaitu dengan memberitahu
kepada Penjual jika terjadi transaksi ataupun penjualan di lapak Anda. Dengan
begitu, kalian bisa lebih fokus kepada pembeli yang serius.
2. Pasti
Menerima Uang dan Testimoni Positif Bagi Penjual
Engga cuma pembeli aja yang
bisa merasa aman, penjual juga bisa bernapas dengan lega. Kamu sebagai penjual
engga usah khawatir jika pembeli kalian tipu-tipu, sebab sistem pembayaran yang
digunakan Bukalapak sangat
aman. Karena pembeli akan menransfer uang terlebih dahulu sebelum kamu mengirim
barangnya. Kalau pembeli sudah mengirim barangnya, kamu bisa menerima uang dari
Bukalapak.com sejumlah harga yang kamu pasang.
Engga perlu khawatir jika
pembeli kamu tidak memberikan testimoni buat kamu. Karena jika pembeli tidak
mau memberikan testimoni, maka sistem akan otomatis memberikan feedback
positif kepada lapak Anda.
3. Ongkos Kirim
Otomatis
Buat klean-klean sebagai pembeli, engga perlu khawatir salah memberikan
ongkos kirim kepada pembeli. Karena sistem akan berjalan secara otomatis
memberikan atau menghitung ongkos kirim kepada pembeli. Meski begitu, perlu
diperhatikan lokasi Anda, karena penghitungan harga ongkos kirim tergantung
dari jarak lokasi daerahnya dengan gudang penyimpanan barang.
4. Prioritas di
Mesin Pencari
Lapak yang udah kamu buka akan
dioptimasi dengan SEO secara otomatis, tujuannya adalah agar dapat lebih unggul
dari yang lainnya meski memiliki produk jualan yang sama namun posisi pencarian
di mesin pencari google lebih unggul kamu yang telah membuka toko di perusahaan
ini.
Kekurangan :
- Jika dibandingkan Pesaing
sejenis, Bukalapak kurang gencar memberikan promo kepada pelanggan.
- Barang yang dijual tidak
terjamin keaslian merknya.
- Promo gratis ongkos kirim bisa
dimanfaatkan penjual nakal untuk mencari keuntungan dengan membeli
barangnya sendiri dengan akun lain dan mengambil untung dari selisih
ongkos kirim.
Sekian
dulu yaa review dari aku kali ini. SEE YOU ON OUR NEXT PROJECT! ❤❤
MINDMAP:
Sumber:
https://blog.bukalapak.com/2013/05/mengapa-belanja-di-bukalapak-com-aman/
ariyantidwiastuti.blogspot.co.id/2015/10/analisis-web-e-commerce.html?m=1
5. SHOPEE
www.shopee.co.id
Chris Feng,
Chief Executive Officer Shopee menjelaskan, hadirnya fitur ini sangat
memudahkan pengguna Shopee, mengingat di aplikasi atau situs e-commerce lainnya para pembeli harus menyimpan
nomor telepon penjual terlebih dahulu untuk berhubungan langsung.
Kelebihan Shopee
1.
Kemudahan dalam menginput gambar produk yang
akan dipasarkan disana. Maksimum hingga 9 gambar dapat diupload secara
bersamaan di Shopee.
2.
Pada bagian penjualan, terdapat fitur yang
akan mempermudah penjual ketika menanti pembayaran, produk yang harus dikirim,
hingga status transaksi yang sudah selesai.
3.
Adanya fitur khusus “barang diblokir” yang
dapat memudahkan pengguna ketika ada masalah pada produk yang dijual.
4.
Fitur varian produk yang akan mempermudah dan
sangat cocok untuk penjualan produk yang memiliki ragam warna, motif, aatu
ukuran.
5.
Terdapat fitur untuk mengambil foto dari
Instagram dan menambahkan hastag hingga 18 maksimum hastag.
6.
Aplikasi tersedia untuk Playstore (Android)
dan iTunes (Apple).
7.
Saat ini masih banyak program promosi seperti
penangguhan ongkos kirim (JNE), promosi di halaman depan masih gratis.
8.
Tidak memiliki batasan pada produk yang akan
dijual disini.
9.
Memiliki peluang yang masih sangat besar dan
menjanjikan. Karena belum terlalu populer, sehingga masih belum banyak
onlineshop yang menggunakan Shopee.
Prosedur Menjual
- Download aplikasi Shopee di
ponsel Anda melalui playstore (untuk pengguna android dan app store untuk
pengguna apple),
- Lakukan pendaftaran dengan
mengisi data personal , data kontak seperti Nomor HP, e-mail, Pin BBM
dan yang lainnya.
- Selanjutnya Anda akan
masuk kehalaman profile Anda. Nah, disinilah Anda bisa memulai apakah akan
berjualan atau berbelanja, terdapat fitur dan tab yang bisa memudahkan
aktivitas jual-beli yang akan Anda lakukan.
- Bila Anda ingin menjual maka
terdapat tab untuk menjual produk dan fitur share yang bisa Anda gunakan
untuk menyebarkan produk yang akan Anda jual ke media sosial lainnya.
- Lalau Anda hanya perlu
mengambil foto produk yang akan Anda jual melalui ponsel Anda, setelah itu
tambahkan penjelasan produk serta harganya.
- Bila ada pembeli yang tertarik
dengan produk Anda maka proses komunikasi dapat dilakukan melalui fitur
“Chat”.
Prosedur Membeli
1.
Login Shopee terlebih dahulu
2.
Setelah sebelumnya memilih
barang, kemudian akan masuk ke menu Keranjangku, tambahkan
3.
TIKI, Kantor Pos dll, dan
klik Lanjut opsi pembayaran
4.
Karena ini merupakan
tutorial belanja di Shopee tidak memiliki rekening Bank, maka silahkan pilih
Indomaret dan klik Lanjut konfirmasi informasi.
5.
Silahkan periksa kembali apakah alamat
pengiriman, metode pembayaran, total pesanan dan opsi pengiriman sudah benar
atau belum. Jika sudah silahkan klik Buat pesanan.
6.
Setelah itu akan muncul kode
pembayaran yang nanti akan diperlihatkan kepada kasir Indomaret, kemudian klik
OK.
7.
Setelah dari melakukan pembayaran simpan
baik baik struk dari Indomaret sampai order barang di Shopee tersebut sampai
ditangan. Dan jika ada masalah dapat menghubungi CS Shopee.
Kekurangan Shopee
1.
Adanya bagian pembeli dan penjual, sehingga
terkesan tidak efisien dan rumit.
2.
Untuk promo ongkos kirim gratis, syarat yang
harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan.
3.
Tampilan deksripsi produk yang dinilai kurang
menarik perhatian para calon pembeli.
4.
Pencairan dana ke rekening yang terhitung
sangat lama setelah proses transaksi sukses.
5.
Terkadang situs sulit di akses atau bahkan
lambat pada jam-jam tertentu.
6.
Walupun dapat menginput gambar dalam jumlah
yang relatif banyak, namun pada beberapa kasus terkadang upload gambar tersebut
sering gagal.
7.
Selain gambar, ketika menginput no resi via
aplikasi pun sering gagal.
8.
Marketplace online terbaru ini juga tidak
menyarankan dropship.
MIND MAP :
Sumber :
Saya merasa bingung pas mau check out di Android, ketika isi kode verivikasi no problem karena hanya angka angka tapi pas isi capcha diboard sama capcha beda ..Al hasil gagal beli...shopee marketplace
BalasHapus