Negara Indonesia termasuk Negara yang mengalami penderita diabetes terbanyak ke-5 di dunia, karena pola hidup dan pola makan yang kurang sehat , oleh karenanya butuh pencegahan dini agar bias meminimalisir penyakit tersebut . Pada 2014 saja ada 9,1 juta jiwa. Jumlah tersebut bertambah 500 ribu jiwa dari tahun sebelumnya.
Perlu adanya kesadaran dari masyarakat mengatur pola hidup yang sehat,
seperti mengkonsumsi makanan yang rendah gula dan pemanis buatan. Untuk mengurangi konsumsi makanan yang
menyebabkan banyak masalah kesehatan dan penyebab kegemukan, maka peralihan penggunaan bahan makanan yang lebih sehat dan aman perlu dilakukan.
Melihat fakta miris yang masih sering diabaikan oleh masyarakat, kami
membuat inovasi makanan yang banyak disenangi masyarakat meski kandungannya banyak mengandung kandungan yang berisiko terkena diabetes. Mengganti tepung terigu dengan tepung gandum, dan tanpa menggunakan gula pasir. Kandungan tepung gandum yang lebih banyak mengandung serat juga terdapat karbohidrat kompleks sehingga pencernaan lebih lama dan tubuh akan kenyang lebih lama. Dalam 100
gram gandum terkandung
3,1 mg zat besi dan 3 mg kalsium dengan jumlah glukosa yang rendah.
Maka, kami menggunakan tepung gandum sebagai pengganti tepung terigu dalam membuat bahan olahan, kue bolu.
Tips Menciptakan ide usaha kreatif:
- Menciptakan
Hal Baru dan Berbeda
Kami
ingin membuat suatu produk yang berbeda dengan makanan dipasaran. Disini kami membuat “BOLBIDUM” Bola Bola Ubi
Gandum. BOLBIDUM merupakan makanan yang bergizi mengandungkan karbohidrat yang
bisa membuat seseorang merasa kenyang
tanpa perlu khawatir kandungan gizi dan gula dari makanan tersebut.
- Menciptakan
Kebutuhan Konsumen
Generasi muda merupakan
cerminan masa depan bangsa, oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita tetap
menjaga kualitas generasi muda melalui asupan gizinya. Target pasar dari produk
ini adalah generasi muda secara khusus, dan masyarakat secara umum. Oleh karena
itu, dibutuhkan kreatifitas agar dapat menciptakan produk berupa makanan yang
dapat menarik minat generasi mudadan harus tetap mencukupi kebutuhan gizi
generasi muda serta harganya harus terjangkau sebisa mungkin.
- Strategi
Pemasaran
strategi marketing yang harus
dilakukan menjadi sebuah kunci dari keberhasilan dalam menciptakan produk yang
sesuai tujuan. Dimulai dari bagaimana mengolah bahan mentahnya, apa saja bahan
tambahanya serta bahan pelengkap agar menyempurnakan
produk, bagaimana memberikan harga yang sesuai dengan kemampuan generasi muda
secara umum, bagaimana memilih lokasi dengan kecenderungan minat generasi muda
untuk datang, serta bagaimana bentuk promosi yang dapat ditawarkan agar sesuai
dengan target pasar. Keunggulan produk menjadi kekuatan saing dari produk ini,
dimulai dari pengemasan produk serta bagaimana cara memberikan mindset kepada
konsumen bahwa produk ini bermanfaat dan perlu untuk dibeli. Karena target
pasarnya adalah generasi muda, terutama mahasiswa, maka kesesuaian produk harus
diangkat dari persoalan dan kebutuhan yang ada di generasi muda.
Usaha yang kami kembangkan ini berupa bolu yang terbuat
dari ubi ungu dan tepung gandum. Kami mengolah kedua bahan tersebut menjadi
bolu agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas, yang kami tujukan terutama
untuk para penderita diabetes maupun yang tidak. Kami pun ingin agar masyarakat
dapat lebih mawas lagi terhadap potensi diabetes yang sangat berbahaya namun
begitu merajalela.
DAFTAR PUSTAKA
Faruqi,
I., Dalam: https://centrausaha.com/strategi-menciptakan-ide-bisnis-kreatif/,
Diakses tgl: 13 September 2017.
Pentadini,
F., Andini, S., and Hartini, S., 2015. Nilai
Indeks Glikemik dan Kadar Gizi Gandum, Jurnal Gizi, Vol. 1.
Zahtama.,
Chandra, F., Suryanto., and Restuastuti, T., 2007. Faktor-Faktor Risiko Pasien Diabetes Militus, Jurnal Berita
Kedokteran Masyarakat, Vol. 23, No. 3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar