@Startup H02, @Proyek H02, @H03-Ikhsan, @H05-Ade, @H10-Agung
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Berkembangnya
industri kreatif saat ini membuat anak muda berfikir luas, dari usaha yang
hanya bermodalkan dana kecil sampai dengan bermodalkan besar. Disinilah kami
berfikir, untuk mendukung industri kreatif, yaitu menjadi pengusaha pengusaha
muda, yang bermodalkan dana kecil namun bisa memberikan ouyput yang relatif
besar.
Membuat boneka kaos kaki memang terdengar sangat unik sekali bukan?,
dengan memanfaatkan kaos kaki ini anda dapat berkreasi dengan membuat berbagai
kerajinan kerajinan tangan yang bagus dan unik tentunya. Dan
saat ini sudah tidak banyak lagi pengusaha yang ingin menjual boneka dengan
menggunakan bahan bahan yang simpel,
, disini kami akan mencoba untuk membuktikannya dengan cara menjual boneka kaos
kaki dengan menggunakan kaos kaki dan memasarkannya kepada teman teman semua
yang menginginkannya, kami disini memiliki banyak model.
Kaos kaki biasanya kita gunakan di kaki
tapi apa bias kaos kaki yang biasa nya di gunakan di kaki kita buat hiasan atau
pajangan atau souvenir ? jawaban nya adalah iya, dari tangan tangan kreatif
yang kita ubah cara pandang masyarakat yang memandang kaos kaki tidak bisa di
buat sebagai bahan dasar boneka menjadi bisa.
Pada
dasarnya anak kecil bahkan orang dewasa menyukai boneka, disinilah kami
berfikir boneka apa yang bisa diproduksi dengan mudah namun tetap menggemaskan
(unyu-unyu). Akhirnya setelah berfikir panjang kami memutuskan membuat boneka
dari kaos kaki berisi dakron. Selain mudah dibuatnya, boneka kaos kaki ini,
modal yang dikeluarkan cukup kecil. Dan selain itu boneka koas kaki ini bisa
digunakan juga sebagai mediator belajar bagi anak anak kecil. Boneka ini kami
sebut BAOKAKI
B. VISI DAN MISI USAHA
a. VISI
- Meningkatkan dan mempertahankan
kreatifitas kaum muda
- Menciptakan lapangan usaha baru
- Menciptakan pola pikir baru
akan kewirausahaan
- Mengubah cara pandang negative
dari kaos kaki
b. MISI
1. Mengkreasikan
penggunaan kaos kaki
2. Mengembangkan
kreatifas
BAB II
PROFIL DAN BADAN USAHA
A.
MANAJEMEN
Nama usaha : BOKAKI “ BONEKA KAOS KAKI”
Nama pemilik : 1. Agung Budi Sutanto
2.
Ade Rahmadani
3. ikhsan Dika
Bidang usaha :
Industri kreatif
B.
ANALISA
PEMASARAN
1. produk
yang di tawarkan.
Boneka yang terbuat dari
bahan dasar kaos kaki, dan bermacam macam bentuk dari panda, kucing, tikus dan
lain sebagainya
2. sasaran
konsumen.
Pembuat menargetkan
sebagai hadiah atau kado untuk acara wisuda, ulang tahun dan sebagai hiasan /
pajangan dirumah.
3. strategi
pemasaran.
Kami
akan mempromosikan produk kami menngunakan 2 cara :
1.
Pemasaran online
Dizaman
sekarang media internet menjadi promosi yang cukup efektif dengan biaya promosi
yang cukup terjangkau.Maka kami akan memasarkannya melalui akun media sosial
2.
pemasaran offline
Kami
akan memasarkan produk kami melalui face to face dan menitipkan produksi kami
ke berbagai toko terdekat,dan mengikuti event wirausaha yang ada
C. LAPORAN KEUANGAN
Asumsi
Produksi
BOKAKI kami lakukan disela-sela rutinitas dan dilakukan rumah,dan dipasarkan
melalui online
Modal awal
Peralatan
produksi ( jarum, gunting,pensil,dll ) Rp
50.000,00
Bahan
baku
Kaos
kaki (@Rp 5000 x 100 pasang ) Rp
500.000,00
Dakron
( @ Rp 30.000/kg x 10 kg ) Rp
300.000,00
Aksesoris ( mata boneka,flanel,benang ) Rp 100.000,00 +
Total Rp.950.000,00
Biaya
penyusutan
Peralatan produksi ( 1/6 bulan x Rp 50.000,00 ) Rp 8.300,00 +
Total Rp
8.300,00
Biaya
produksi per bulan
Bahan
baku ( kaos kaki, dakron, aksesoris ) Rp
900,000,00
Biaya
penyusutan Rp
8.300,00
Kemasan
produk dan label Rp
300.000,00
Biaya transportasi dan promosi Rp 500.000,00 +
Total Rp
1.708.300,00
Omset
per bulan
Penjualan
kaos kaki per bulan
@ Rp
35.000 x 100 buah = Rp 3.500.000,00
Laba
bersih per bulan
Rp
3.500.00,00 –Rp 1.708.300,00 = Rp 1.791.700,00
Return of Investment ( ROI )
(
modal awal + biaya produksi ) : laba bersih per bulan = ± 1.5
D.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan bisnis BOKAKI
Harga bahan baku yang terjangkau dan mudahnya pembuatan
membuat BOKAKI memiliki keuntungan bagi pembisnis untuk usaha sampingan.Dengan
berbagai macam warna kaos kaki yang ada membuat BOKAKI semakin variatif.BOKAKI
sebagai salah satu produk unik dan kreatif
Kekurangan bisnis
BOKAKI
Kesulitan yang dalam produksi BOKAKI adalah ide kreatif
dan menciptakan desain-desain yang unik dan baru serta karena mudahnya
pembuatan BOKAKI membuat orang memilih membuat sendiri.
E.
KUNCI SUKSES
Untuk mencapai kunci sukses bisnis ini adalah harus ada
ide kreatif dan unik yang membuat BOKAKI selalu ada inovasi.Dan pebisnis pun
harus mengatur waktu dengan baik agar rutinitas bisnis dan kehidupan
sehari-hari bejalan dengan baik
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar