KEDAI
KOPI “KOTADANG”
PENDAHULUAN
Kenapa kami
memilih bisnis kopi karna bisnis ini cukup menjanjikan selain itu bisnis kopi
juga mudah untuk di perjual belikan dengan modal sedikit kita dapat
menghasilkan keuntungan yang banyak karena salah satu faktornya adalah
masyarakat yang mempunyai minat tinggi untuk menikmati kopi itu sendiri
Sejarah kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9.
Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia,
di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran
tinggi. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai
meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan
biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi
mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai
menyebar.
·
KOPI
ADALAH MINUMAN PENIKMAT
·
DISAJIKAN
SANGAT SEDERHANA
·
KALANGAN
MUDA LEBIH BANYAK MENYUKAI KOPI
·
CITA
RASA YANG KHAS DARI KOPI ITU SENDIRI
·
HARGA
YANG CUKUP EKONOMIS
KONSUMEN
Yang
kita ketahui kopi dapat mencegah banyak penyakit antara lain : mencegah kanker,kanker
hati,penyakit Parkinson,jerawat dan mengurangi resiko diabetes . masyrakat juga
memilih kopi sebagai minuman penikmat karena terdapat kandungan dari kopi Air
atau H2O adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kopi, kandungan kimiawi
kopi yang satu ini adalah bagian yang penting bagi tubuh, karena 70% tubuh
adalah air dan meskipun kandungan air didalam kopi terkadang tidak digunakan
(dilakukan pengeringan pada biji kopi) namun kandungan air didalam kopi adalah
bagian dari senyawa kimiawi kopi.
MEMULAI BISNIS KEDAI
KOPI
Modal
·
Modal
memulai usaha ini tertgantung kedai kopi seperti apa yang diinginkan dan
persiapan apa saja yang sudah dimiliki. Jika tidak ingin mengelurkan modal yang
terlalu banyak, coba ikut gabung dengan bisnis kopi yang sudah
berjalan biasanya disebut dengan Waralaba / Franchise.
Keuntungan
dan kelemahan untuk ikut bisnis Franchise kopi.
Modal
membuka usaha kedai kopi yang tidak terlalu besar
Sudah
disiapkan perlengkapan semua alat dan jenis kopi yang akan dijul
Tidak
perlu gencar gencar dalam promosi, biasanya bisnis Franchise sudah cukup
terkenal jadi pembeli akan datang dengan sendirinya karena sudah percaya.
Kelemahan
Untuk
sejenis bisnis Franchise biasanya pelaku usaha tidak bisa terlalu bebas
Harus
mematuhi aturan yang dibuat dari provider Franchise, contoh harga
·
2.
Tips sukses bisnis warung kopi harus Pilih lokasi yang bagus
Untuk
memulai bisnis kopi, hal yang harus dilakukan adalah memilih tempat tempat
penjualan yang paling ideal atau memiliki prospek yang bagus. Karena apa?
bisnis kedai kopi adalah bisnis yang bisa dikatakan 90% adalah usaha offline.
Jadi untuk awal membuka usaha ini diperlukan tempat yang cocok.
Tempat
yang bagus untuk mendirikan usaha kedai kopi biasanya adalah disekitar kampus,
alun alun, tempat perbelanjaan, dekat dengan jalan raya.
Jika
bisnis anda sudah memiliki nama dihati konsumen, mau buka kedai kopi dimana
saja asalkan jalan menuju lokasi kedai yang anda buat itu mudah dilalui,
tidak akan menjadi masalah besar untuk bisnis anda.
·
3.
Usaha warung kopi perlu Surat izin
Bisnis
kopi adalah salah satu bisnis yang harus memiliki izin dari pemerintah. Karena
bisnis ini merupakan bisnis kuliner yang apabila ingin cepat dipercayai oleh
konsumen sebaiknya memiliki surat izin dari pemerintah.
Fungsinya
yaitu untuk meyakinkan konusmen bahwa kedai kopi yang sedang dijalankan ini
adalah kedai kopi yang aman dan sudah disetujui oleh negara.
·
4.
Bisnis kopi yang bagus harus memperhatikan Kebersihan Kedai
Penikmat
kopi adalah mereka yang suka dengan kebersihan, mereka yang suka dengan ruangan
yang berbau netral / bersih.
Sebelum
memulai membuat bisnis kedai kopi sebaiknya pelaku usahamempelajari karateristik
peminum kopi. Karena bisnis ini memang benar benar bisnis yang memiliki pasar
tertarget
Untuk
menciptakan kedai kopi yang berkualitas pelaku usaha harus memperhatikan hal
ini. Kebersihan bisa dilihat dari meja, karyawan, dan lingkungan sekitar.
KEUNTUNGAN BISNIS KEDAI KOPI
1.
Murah Meriah
Untuk menikmati segelas
kopi kita cukup merogoh kocek Rp 3.000 saja, sembari menikmati fasilitas yang
ada seperti televisi, koran, majalah, papan catur. Agar pelanggan semakin
betah, beberapa warung kopi kini juga menyediakan fasilitas free wifi. Kita juga
bisa menikmati menu lain seperti mie rebus, aneka gorengan, nasi bungkus dan
aneka minuman lainnya dengan harga yang bersahabat dengan kantong
2.
Margin Profit TInggi
Karena
harganya yang serba murah, rata-rata omset penjualan harian pun tinggi. Minimal
bisa mencapai 500 ribu – 1 juta rupiah per hari, dengan rata-rata keuntungan
bersih sekitar 40%. Ini yang membuat usaha warung kopi begitu menggiurkan.
3.
Kultur
Masyarakat
Ya tentu nya masyrakat pasti akan senang jika mengobrol santai
sambal meminum kopi ,seperti nya akan asik jika ditambahkan menu2 agar konsumen
tidak bosan
4.
Media
Promosi
Karena menjadi tempat berkumpul banyak orang, warung kopi sering
dijadikan sebagai media promosi untuk pemasangan spanduk/banner/pamflet
produk-produk dari perusahaan rokok, makanan, minuman kemasan, provider dan
lainnya yang bisa menambah pemasukan bagi pemilik warung.
5.
24
Jam Non Stop
Jangan heran bila kita mendapati warung kopi yang buka 24 jam
non stop terutama yang buka di tempat-tempat keramaian sepeti terminal,
stasiun, pabrik, dan lainnya. Bisa kita bayangkan berapa omset yang dihasilkan
dalam sehari. Cukup dengan merekrut 1-2 orang karyawan, pemilik warung bisa
membuka warung kopinya full day.
KENDALA
BISNIS KEDAI KOPI
1.BANYAKNYA PESAING
Kendala
pertama yang mungkin dihadapi oleh pebisnis minuman kopi dan coklat adalah
banyaknya pesaing baik yang berjualan minuman serupa maupun pesaing yang
menjual minuman lain yang mungkin lebih menarik dari segi tampilan, warna dan
rasa. Perlu diketahui jika kopi dan coklat merupakan minuman wajib yang sering
diminum ketika sedang menjalankan aktivitas. Karena modal untuk menjadi mitra
franchise cukup rendah, maka tak heran jika banyak dari pemilik modal kecil
yang juga turut menjadi mitra atau membuat usaha yang sama melihat keuntungan
perhari yang dapat diperoleh dari setiap gelas yang dijual. Selain itu, minuman
bukan hanya kopi dan coklat saja walaupun bisa dibuat panas maupun dingin.
Masyarakat yang cenderung mudah bosan membutuhkan sesuatu yang lain sehingga
kini banyak ditemukan minuman dengan berbagai warna dan juga rasa yang sangat
menggoda.
2.KUALITAS RASA KOPI
Saat
ini kopi tengah menjadi minuman yang paling disukai dan menjadi nomor satu di
Indonesia. Tentunya kopi dan juga coklat telah menjadi budaya bagi Indonesia
sehingga lidah konsumen pun secara tidak langsung akan semakin peka guna
mengetahui rasa yang tepat dari kopi serta coklat. Bahkan bisa ditemukan juga
pakar-pakar kopi dan coklat yang mampu membedakan minuman enak dan juga tidak.
Oleh sebab itu, kualitas rasa bisa menjadi sebuah kendala apabila tidak mampu
untuk menjaga proses pembuatan meskipun menggunakan sistem franchise. Seorang
pebisnis harus mampu menjaga konsistensi bahan dan juga takaran dalam membuat
minuman kopi dan coklat sehingga bisa tetap diterima oleh konsumen karena jika
tak mampu menjaga, maka hal yang terjadi adalah konsumen akan
mencari minuman lain yang dianggap lebih enak.
3.VARIASI YANG KURANG
Bisa
dikatakan jika minuman kopi dan juga coklat adalah minuman tradisional yang
tidak memiliki banyak variasi sehingga cenderung membosankan. Berbeda dengan
minuman lain yang bisa dipadupadankan serta dicampur dengan berbagai macam
bahan sehingga menimbulkan rasa yang unik. Meskipun minuman coklat dan kopi
memiliki variasi, namun variasinya masih belum cukupa banyak sehingga masih
harus diperlukan berbagai macam inovasi untuk membuat kedua minuman paling
tradisional itu menajdi lebih disukai lagi oleh konsumen.
SISTEM PEMASARAN.
1. Menciptakan beragam menu tambahan agar konsumen tidak
cepat bosan.
Selain menawarkan aneka menu
kopi sebagai produk andalan, tentunya Anda juga harus kreatif untuk menciptakan
menu-menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan. Contohnya saja menawarkan
minuman non kopi, seperti aneka minuman coklat, milk shake, jus buah, lemon
tea, serta menambahkan cake
and bakery sebagai
teman minum kopi. Inovasi seperti ini bisa kita contoh dari Lavazza,
sebuah perusahaan kopi di Italia yang menawarkan cookie cup (cangkir kopi unik yang bisa dimakan)
untuk menunjukan kepedulian mereka dalam menghemat penggunaan air, sekaligus
sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menarik minat pelanggan.
2. Memperkenalkan brand
produk melalui sosial media
Seiring dengan meningkatnya
jumlah pengguna internet di berbagai belahan dunia, tentunya Anda juga bisa
memanfaatkan facebook, twitter, dan YouTube untuk memperkenalkan brand produk
atau merek kedai kopi Anda di dunia maya. Dalam hal ini Anda bisa mengikuti
jejak Starbucks yang mengadakan sebuah kompetisi melalui situs jejaring
sosial. Dimana pihak Starbucks memberikan tantangan bagi semua konsumen
untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam memposting foto poster
Starbucks di Twitter. Strategi promosi ini terbilang cukup efektif, karena
banyak orang yang tertarik mempromosikan logo dan merek Starbuck di media
online, sehingga bisa dipastikan bila brand produk tersebut semakin dikenal
masyarakat luas.
3.LOKASI
lokasi adalah hal yang
terpenting untuk membuka kedai kopi ,karna setiap usaha pasti membutuhkan
konsumen ,salah satu cara adalah mencari lokasi strategis yang ramai .
KUNCI SUKSES
HAL PERTAMA DALAM JANGAN PERNAH
TAKUT UNTUK MENCOBA DALAM MEMULAI BISNIS KEDAI KOPI ,karena yang nama nya usaha
itu pasti ada pasang surut nya (kegagalan) ciptakan berbagai invoasi untuk
langkah kedepan nya supaya dapat melakukan berbagai kombinasi macam cita rasa
makanan untuk memikat para konsumen/pelanggan.
PEPATAH MENGATAKAN “Bersabarlah
dalam segala hal, tapi yang terpenting adalah bersabar dengan emosi yang ada di
dalam dirimu sendiri”
ANALISA
EKONOMI
PERALATAN :
NO
|
PERALATAN
|
JUSTIFIKASI PEMAKAIAN
|
SATUAN
|
HARGA
|
1
|
Vietnam dript
|
1
|
-
|
35.000
|
2
|
Frensch fresh
|
1
|
-
|
85.000
|
3
|
Aero Fresh
|
1
|
-
|
200.000
|
4
|
V60
|
5
|
-
|
700.000
|
5
|
Sypon
|
2
|
-
|
1.060.000
|
6
|
Grender
|
2
|
-
|
1.700.000
|
Sub TOTAL (RP)
|
3,780.000
|
Bahan-bahan
pembuatan kopi :
NO
|
BAHAN
|
JUSTIFIKASI
PEMAKAIAN
|
SATUAN
|
HARGA
|
1
|
BUAH
KOPI
|
50
|
Kg
|
5.000,000
|
2
|
GULA
|
30
|
Kg
|
420.0000
|
3
|
CRIMMER
|
25
|
Kg
|
750.000
|
4
|
SUSU
|
50
|
Kotak
|
250.0000
|
5
|
AIR
|
10
|
Galon
|
180.000
|
Sub
TOTAL (Rp)
|
6.600,000
|
Bahan-bahan
Penunjang :
NO
|
PERALATAN
|
JUSTIFIKASI
PEMAKAIAN
|
SATUAN
|
HARGA
|
1
|
KULKAS
|
1
|
-
|
5.000,000
|
2
|
KOMPOR
|
1
|
-
|
250.000
|
3
|
GAS
|
3
|
Kg
|
129.000
|
Sub
TOTAL (Rp)
|
5.379,000
|
Homset dalam 1
Bulan
Penjualan
KOTADANG (KOPI TAHAN BEGADANG) = 15.000,000
Labar bersih
perminggu :
Return of Investment
(Modal
awal-biaya produksi) : Laba bersih perminggu + perbulan)
Penutup :
Sebuah bisnis
kedai kopi dengan memanfaatkan brand nama “KOTADANG” (KOPI TAHAN BEGADANG)
masyarakat akan tergiur dengan nama yang unik.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar