BISNIS KEDAI KOPI (KOTADANG) “KOPI TAHAN BEGADANG”
LATAR
BELAKANG MENGAPA KAMI MEMILIH BISNIS
KOPI.
·
KOPI
ADALAH MINUMAN PENIKMAT
·
DISAJIKAN
SANGAT SEDERHANA
·
CITA
RASA YANG KHAS DARI KOPI ITU SENDIRI
·
HARGA
YANG CUKUP EKONOMIS
MANFAAT KOPI :
·
KOPI
MENCEGAH PENYAKIT BATU EMPEDU
·
KOPI
DAPAT MENCEGAH DEPRESI
·
KOPI
DAPAT MENINGKATKAN MEMORI
·
KOPI
DAPAT MENURUNKAN RESIKO KANKER
·
KOPI
DAPAT MENINGKATKAN METABOLISME TUBUH
IDE BISNIS :
1.
Target
Konsumen
Anda harus
memikirkan masak-masak siapa target konsumen anda. Siapakah yang akan menjadi
konsumen utama bisnis kopi ini.
Berapa
penghasilannya. Seperti apa mereka menganggap cita rasa suatu kopi. Kalangan
apakah mereka? Mahasiswa, pekerja pasar, kaum borjuis yang suka rapat di warung
kopi, eksekutif kantoran, ataukah para pecinta kopi?
Memahami
konsumen akan membantu memetakan teknik berikutnya. Misalnya lokasi yang tepat,
desain kode yang cocok, dan harga yang pas untuk kopi anda.
Jika modal
anda kecil dan menarget konsumen kelas menengah ke atas. Carilah teman atau
investor yang mau mendanai bisnis anda.
Cara
termudah menemukan investor adalah membawa sertifikat tanah atau BPKB kita ke
Bank. Namun ada cara lain yang lebih aman dan hemat. Cobalah untuk mengikuti
acara-acara business plan competition (Lomba bisnis plan / wirausaha)
yang diadakan berbagai badan. Contohnya Wirausaha muda mandiri. Jika menang,
anda akan mendapat pembiayaan secara cuma-cuma.
2.
Lokasi
Bisnis Kopi
Anda harus
menentukan tempat paling strategis untuk mengawali bisnis kopi ini. Lokasi
menjadi penentu dalam perjalanan bisnis. Misalnya saja anda ingin menggunakan
konsep kedai kopi sederhana, maka anda dapat menggunakan lokasi yang sering
berdekatan dengan orang-orang ramai yang mudah dijumpai.
Begitu
pula jika anda ingin mengonsep bisnis kopi dengan kafe. Ini akan sangat
membantu bila lokasi yang anda pilih adalah lokasi yang berdekatan dengan
kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan bila anda lebih
berminat untuk memanjakan lidah pecinta kopi pada suatu tempat yang relax, anda
dapat memilih lokasi di tempat rekreasi.
Jangan
membuka kedai kopi mewah di sekitar pasar tradisional yang cukup kumuh.
Konsumen anda tidak akan tertarik dengan kopi tersebut karena harganya mahal.
4.
Rancangan
Bisnis
Konsep
untuk awali bisnis kopi sangat diperlukan sebagai landasan perjalanan bisnis
kopi yang nantinya akan anda jalani. Dengan memiliki konsep yang kuat, maka
anda akan lebih mudah dalam mengelola bisnis kopi ini. Rasa kopi yang nikmat
memang sangat melekat pada diri masyarakat luas, anda pun juga harus merancang
tatanan bisnis kopi ini dalam segala hal.
STRATEGI
PEMASARAN KEDAI KOPI :
1.MENCIPTAKAN
BERAGAM MENU TAMBAHAN AGAR KONSUMEN TIDAK BOSAN.
Yang kita ketahui banyak sekali pembisnis berbondong-bondong
mendirikan bisnis kedai kopi. Selain
menawarkan aneka menu kopi sebagai produk andalan, tentunya juga harus kreatif untuk menciptakan menu-menu
tambahan agar konsumen tidak cepat bosan. Contohnya saja menawarkan minuman non
kopi, seperti aneka minuman coklat, milk shake, jus buah, lemon tea, serta
menambahkan cake
and bakery sebagai teman minum kopi. Inovasi seperti ini bisa kita
contoh dari Lavazza, sebuah perusahaan kopi di Italia yang menawarkan cookie cup (cangkir
kopi unik yang bisa dimakan) untuk menunjukan kepedulian mereka dalam menghemat
penggunaan air, sekaligus sebagai salah satu strategi pemasaran untuk menarik
minat pelanggan.
2.MENGENALKAN BRAND PRODUK KE MEDIAL SOSIAL
(FACEBOOK,INSTAGRAM,TWITTER DLL)
Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di
berbagai belahan dunia, tentunya Anda juga bisa memanfaatkan facebook, twitter,
dan YouTube untuk memperkenalkan brand produk atau merek kedai kopi Anda di
dunia maya. Dalam hal ini Anda bisa mengikuti jejak Starbucks yang mengadakan sebuah
kompetisi melalui situs jejaring sosial. Dimana pihak Starbucks memberikan
tantangan bagi semua konsumen untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam
memposting foto poster Starbucks di Twitter. Strategi promosi ini terbilang
cukup efektif, karena banyak orang yang tertarik mempromosikan logo dan merek
Starbuck di media online, sehingga bisa dipastikan bila brand produk tersebut
semakin dikenal masyarakat luas
DAFTAR PUSTAKA
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar