Pendahuluan
Laju
pertumbuhan usaha kecil
dan menengah (UKM)
di Indonesia belakangan
ini memang cukup pesat.
Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Meskipun sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM
yang mengalami beberapa kendala usaha,
seperti permasalahan modal,
promosi, jaringan bisnis,
dan lain sebagainya.
Namun pada dasarnya UKM
merupakan salah satu
kegiatan industri yang
tahan banting dan
tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu lalu sempat
menumbangkan beberapa perusahaan
besar di sekitar
kita. Bukti inilah
yang menjadi motivator
bagi sebagian masyarakat sehingga
akhirnya mereka memilih
peluang usaha kecil
dan menengah sebagai alternatif tepat untuk mendatangkan
untung besar setiap bulannya.
Konsumen
Target konsumen yang dibidik adalah remaja yang butuh desain untuk acara,
untuk hadiah, untuk pajangan dan organisasi/instansi yang memerlukan desain
untuk keperluan acara-acaranya. Garasi desain seneng menerima konsumen yang
langsung sekaligus meminta untuk di cetak, karena dengan seperti itu keuntungan
yang didapat akan menjadi 2x lipat.
Memulai Bisnis
Untuk memulai bisnis ini ada beberapa hal penting yang
harus diperhatikan, beberapa diantaranya adalah :
1.
Modal utama adalah Skill mendesain yang harus di
miliki, dan kita harus tau apakah desain kita dapat di terima oleh semua orang,
karena setiap desain itu memiliki ciri khasnya masing-masing.
2.
Menjalin kerjasama kepada percetakan yang
memberikan harga termurah dengan bahan baku yang sama dengan percetakan
lainnya.
3.
Mencari partner kerja untuk membagi proyek
desain jika mendapat pesanan disain yang banyak, dan partner itu harus memiliki
cirikhas desain yang hampir-hampir serupa
4.
Berikan garansi revisi desain kepada para
pembeli, agar desain yang dipesan sesuai dengan keinginan sang pembeli.
Keuntungan
Desain tidak dapat dipungkiri bahwa sampai kapan pun
akan tetap diperlukan dan digunakan untuk keperluan-keperluan seperti acara
seminar, promosi sebuah brand, promosi sebuah acara, pemberitahuan kepada
khalayak umum, hadiah kepada seseorang, atau pajangan di dalam rumah sendiri.
Kendala Bisnis
Kendala yang mungkin akan di hadapi oleh garasi desain
adalah ketika banyak pesanan, dan kekurangan orang untuk membuat desain, karena
membuat desain itu memerlukan imajinasi dan bayangan, jadi tidak bisa secepat
bayangan orang yang meminta desain.
Begitu juga dengan permintaan konsumen yang terkadang suka meminta yang
di diluar kemampuan dan memintanya terkadang tidak manusiawi, karena desainer
juga manusia.
Strategi Pemasaran
Agar para konsumen dari berbagai daerah tau, dan
memperluas jaringan pemasaran usaha kita melakukan dengan cara mengikuti
pameran-pameran kewirausahaan yang saat ini sedangmarak dilakukan oleh
kelompok-kelompok UKM. Memanfaatkan
media sosial untuk memasaarkan serta memamerkan hasil jadi desain-desain yang
pernah dibuat.
Kunci Sukses
Sebagai
pelaku UKM ada
dua kunci sukses
yang perlu di
terapkan. Pertama, pupuklah
mental juara dan jadilah pemenang
dalam setiap tantangan yang ada. Tidak pernah takut dengan persaingan yang ada di depan, karena dalam setiap
tantangan ada peluang baru yang
bisa dimanfaatkan. Kedua, teruslah
kreatif dan inovatif untuk menghadapi gempuran
persaingan yang semakin pesat.
Analisa Ekonomi
Asumsi
-
Produksi banner seminar 30 buah
-
Produksi
30.000 lembar poster
-
Produksi
15.000 lembar sertifikat
-
Produksi
50.000 lembar brosur
Modal Awal
-
Komputer / laptop : Rp. 7.000.000
-
Software original : Rp. 3.000.000
-
Mouse : Rp. 50.000
-
Total : Rp. 10.050.000
Biaya Produksi
-
Desain banner (Rp. 200.000 x 30) : Rp. 6.000.000
-
Desain poster (Rp. 3.000 x 30.000) : Rp. 90.000.000
-
Desain sertifikat (Rp. 2.000 x 15.000) : Rp. 30.000.000
-
Desain brosur (Rp. 3.000 x 50.000) : Rp. 150.000.000
-
Biaya Promosi : Rp. 500.000
-
Total : Rp. 276.500.000
Omset perbulan
-
Penjualan banner
@Rp. 300.000 x 30buah : Rp. 90.000.000
-
Penjualan poster @Rp. 5.000 x 30.000 lembar : Rp. 150.000.000
-
Penjualan sertifikat @Rp. 3.000 x 15.000 lembar : Rp. 45.000.000
-
Penjualan brosur @Rp. 5.000 x 50.000 lembar : Rp. 250.000.000
-
Total : Rp. 454.000.000
Laba Bersih per Bulan
-
Rp. 454.000.000 – Rp. 276.500.000 = Rp. 177.500.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar