@C19-Annisa
Laju
pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia belakangan ini memang
cukup pesat.
Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Hal ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia pada umumnya. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan UKM mampu mendongkrak dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di negara kita serta menyerap jumlah tenaga kerja sehingga mengurangi kasus pengangguran di Indonesia.
Meskipun
sampai hari ini masih banyak para pelaku UKM yang mengalami beberapa kendala
usaha, seperti permasalahan modal, promosi, jaringan bisnis, dan lain
sebagainya. Namun pada dasarnya UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang
tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global yang beberapa waktu lalu
sempat menumbangkan beberapa perusahaan besar di sekitar kita. Bukti inilah
yang menjadi motivator bagi sebagian masyarakat sehingga akhirnya mereka
memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk
mendatangkan untung besar setiap bulannya.
Tentu
Anda tidak ingin melewatkan peluang tersebut bukan? Bagi Anda yang tertarik
menekuni usaha kecil dan menengah, berikut kami informasikan salah satu ide
bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha, yaitu memproduksi aneka
macam jenis minuman
antara lain soft drink, melt ice
cream, dan masih banyak lagi.
Konsumen
Target pasar yang menjadi sasaran adalah kalangan anak-anak,
remaja, serta orang tua, karena kehidupan anak muda yang royal
mereka juga enggan makan dirumah dan juga rata-rata anak muda senang makan
bersama teman-temannya. Serta khusus anak anak adalah ini ada hal yang menarik
dimata anak-anak, yaitu tempatnya dengan pembungkus yang menarik seperti ada
gambar kartun dan pernuh warna.
Cuaca yang panas
serta suhu hawa sedikit lembab pasti bikin orang dengan semua umur suka pada es
cream untuk menolong melepas dahaga. Bahkan juga, orang yang semula tak suka
susu pada akhirnya dapat nikmat minum susu karena es cream. Ya, es cream
memanglah di buat dari susu.
Terlebih sekarang ini, iklan-iklan es cream di tv sangatlah marak serta menggoda customer untuk membelinya. Bahkan juga, nyaris di seluruhnya resepsi pernikahan ataupun acara syukuran, stand es cream tak ketinggalan serta senantiasa diserang pengunjungnya.
Terlebih sekarang ini, iklan-iklan es cream di tv sangatlah marak serta menggoda customer untuk membelinya. Bahkan juga, nyaris di seluruhnya resepsi pernikahan ataupun acara syukuran, stand es cream tak ketinggalan serta senantiasa diserang pengunjungnya.
Memulai
Bisnis U-Drink
Untuk menjalankan peluang bisnis ini, diperlukan beberapa
hal penting yang anda siapkan terleboh dahulu, antara lain sebagai berikut :
1.
Buat
persiapan Modal Awal Mencari info sebanyaknya-banyaknya dari beberapa orang
yang melakukan bisnis jualan es cream serta banding cerita mereka. Lantaran
umumnya tiap-tiap orang mempunyai jumlah modal awal yang berlainan. Hal semacam
ini sangatlah utama lantaran jika kita usaha dengan system franchise, umumnya
masing-masing produsen es cream memiliki ketentuan berlainan perihal modal awal
ini.
2.
Mesin
Es Krim sudah dijelaskan diatas bahwasanya mesin es cream terhitung modal utama
untuk usaha ini. Walau memiliki kekuatan dana yang besar untuk pembelian mesin
es cream, tidak ada kelirunya juga mencari informasi perihal hal semacam ini ke
beragam sumber. Saat ini, informasi beragam mesin es cream gampang di cari
lewat internet maupun media bikin. Banyak yang tawarkan semua jenis mesin
pembuat es cream beserta fasilitasnya seperti tips memakai mesin es cream,
latihan langkah bikin es cream, serta layanan servis mesin. Bahkan juga, ada
juga sebagian supplier mesin es cream tawarkan adonan instans es cream. Baiknya,
kenali dulu seluk beluk kwalitas dari mesin es cream seperti daya listrik yang
diperlukan mesin serta kemampuan untuk es cream. Apabila pemula sekali dalam
hal semacam ini serta tidak ingin ribet, kita bisa ikuti system franchise atau
mungkin beli paket usaha pada produsen es cream terkenal
3.
Penentuan
tempat yang pas adalah aspek utama untuk kesuksesan usaha jualan es cream.
Pastikan tempat yang strategis seperti pusat perbelanjaan, lingkungan sekolah,
universitas, perkantoran, serta beberapa tempat wisata. Umumnya, beberapa
lokasi itu ramai pengunjung atau mungkin tempat yang umum dilewati pihak umum.
4.
Tehnik
Pemasaran Tempat yang strategis belum cukup untuk keberhasilan usaha berjualan
es cream. Apabila mau usaha ini berkembang cepat dengan merambah ke bidang lain
seperti layanan stand es cream untuk resepsi atau mungkin syukuran, kita mesti
tahu tehnik pemasaran yang pas.
Keuntungan
Bisnis U-Drink
Usaha minuman u-drink tidak bisa dipungkiri bahwa sampai kapanpun akan menjadi
kebutuhan utama pada masyarakat luas dan digandrumi pada semua kalangan
masyarakat. Ice cream juga masih banyak di gemari dari kalangan
anak-anak remaja sampai dengan dewasa. Jadi, keuntungan yang di dapat
Kendala
Bisnis U-Drink
Ada beberapa masalah yang terjadi
pada mesin Ice Cream yang terkadang membuat anda bingung mencari penyebabnya.
Pada saat ini, seperti yang kita ketahui suhu di Indonesia menjadi lebih panas
dan semakin panas sebelumnya. Oleh karena itu bisnis minuman dingin dan makanan
dingin seperti ice cream sangat berjamur dan tetap diminati oleh konsumen dari
semua kalangan. Khususnya mesin ice cream yang dipilih sebagai bisnis yang
paling menguntungkan pembisnis dalam menghadapi suhu yang panas di Indonesia.
Banyak merk mesin ice cream yang dapat dibeli oleh pebisnis ini, tetapi yang
harus diperhatikan dalam memlilih mesin ice cream ini adalah kekuatan dari komponen
utamanya yaitu kompresor. Kompresor menjadi item atau komponen paling penting
dalam suatu sistem pendingin. Karena tanpa kompresor, zat refrigerant tidak
dapat ditekan sehingga menghasilkan kedinginan yang diinginkan
Selain
hal itu, perhatikan juga tuas- tuas atau distributor dari mesin ice cream
tersebut pas dengan dudukan yang ada di mesin ice cream. Sehubungan dengan
maraknya bisnis ice cream yang ada di masyarakat otomatis banyak juga mesin ice
cream yang dimiliki oleh orang - orang yang melakukan bisnis ice cream tersebut
dan pasti banyak juga kendala - kendala yang dihadapi dalam membuat atau
menjalankan mesin ice cream tersebut.
Strategi
Pemasaran
Dari
awal produk ini ditargetkan untuk konsumen yang memiliki keinginan hadirnya
minuman yang dapat menghilangkan dahaga di tengah kelelahan dan kondisi panas
selama perjalanan. Atribut kepuasan ini dicoba untuk dipenuhi dengan
menghadirkan minuman dengan topping ice cream dalam kemasan yang praktis. Untuk
menambah nilai kepuasan minuman ini disajikan dingin dengan menyediakan variant
rasa es pada titik-titik penjualannya.
Kunci
Sukses
Sebagai pelaku usaha haruslah memiliki keuletan dalam
menjalankan bisnis anda. Jangan pernah takut untuk gagal, apabila anda gagal
dalam membangun usaha anda janganlah mudah menyerah tapi bangkit dan teruslah
bangkit untuk memperbaiki usaha anda karena setiap tantangan yang ada di
hadapan kita merupakan puncak kesuksesan kita meraih apa yang kita inginkan.
Teruslah untuk tetap kreatif dan inovatif untuk menghadapi persaingan pasar kuliner
semakin pesat. Bila kualitas yang anda hasilkan tetap terjaga, maka para
competitor pun akan kesulitan dalam menduplikasi produk anda.
Analisi
Ekonomi
Asumsi
- Produksi minuman sebanyak 1.000
buah
- Proses produksi dilakukan
di rumah, tanpa menyewa tempat usaha
Modal awal
Mesin pembuat ice cream (@ Rp 14.000.000,00 x 2 buah)
Rp 28.000.000,00
Freezer untuk
pembekuan Rp. 2.000.000,00
Peralatan produksi
(gelas takar,cup,panic, loyang ice cream,susu) Rp 2.000.000,00 +
Total
Rp 32.000.000,00
Biaya produksi
per bulan
Bahan baku ((gelas
takar,cup,panic, loyang ice cream,susu) Rp 2.000.000,00
Gaji tenaga
borongan (Rp 500.000,00 x 5 orang) Rp 2.500.000,00
Biaya listrik dan
telepon Rp 1.000.000,00
Biaya transportasi
dan jasa pengiriman barang Rp 1.500.000,00
Biaya promosi Rp 500.000,00 +
Total Rp 7.500.000,00
Omset per bulan
Penjualan ice
cream: @ Rp 10.000,00 x 1.000 buah = Rp
10.000.000,00
Laba bersih per
bulan
Rp 32.000.000,00 - Rp 7.500.000,00= Rp 24.500.00,00
Return of
Investment (ROI)
(modal
awal + biaya produksi) : laba bersih per bulan ±
2 bulan
Demikian informasi mengenai
usaha kecil menengah dengan memproduksi
kuliner ice cream ini bisa bermanfaat. Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar