BISNIS PLAN
USAHA RAINBOWLENS.
Bisnis pertumbuhan usaha kecil dan menengah (ukm)
belakangan ini semakin menjamur di indonesia. Dalam hal ini sangat memberikan
dampak yang positif untuk perkembangan perekonomian termasuk diindonesia
sendiri. Karna tidak bisa dipungkiri keberadaan ukm mempercepat naiknya
perekonomian di indonesia.
Walaupun tidak bisa dipungkiri masih banyak usaha kecil
yang mengalami kendala yaitu seperti dalam permasalahan modal, promosi,
jaringan bisnis dan sebagainnya, seperti
yang saya alami saat melakukan bisnis usaha kecil yaitu kendalanya ada pada
tiga hal tersebut. Namun ukm yaitu merupakan suatu usaha yang tidak mudah
terpengaruh dengan krisis global yang biasanya mengganggu perusahaan
besar. Karena bukti inilah yang membuat
saya menjalankan atau memilih peluang usaha kecil dan menengah sebagai jalan
pintas atau alternatif untuk menambah penghasilan setiap bulannya dan bisa
membantu orang tua.
A.
KONSUMEN.
Target pasar saya adalah semua kalangan seperti remaja
sampai ibu-ibu rumah tangga bisa juga pria memakai softlens yang saya jual,
karna bisa untuk hanya dipakai saja untuk bergaya atau benar-benar menjadi
kebutuhan sehari-hari.
B.
MEMULAI
BISNIS RAINBOWLENS.
Untuk
menjalankan peluang bisnis ini yang harus saya siapkan seperti modal utama saya
adalah niat dan skill yang saya miliki , menjalin hubungan baik dengan
warung-warung yang saya titipi pisang coklat yang saya buat , memilih
bahan-bahan yang berkualitas dan harga yang sangat teerjangkau, teliti dalam memilih
bahan yang akan digunakan seperti memilih bahan pisang dan kulit lumpia yang berkualitas baik, memperhatikan dari
segi rasa agar konsumen tidak kecewa.
C.
KEUNTUNGAN
BISNIS RAINBOWLENS.
Walaupun sekarang sudah banyak softlens beraneka ragam dan bermacam-macam harganya dari murah hingga
yang paling mahal. Namun softlens yang saya jual masih banyak peminatnya. Dan biasanya
lebih dari 1 pasang jika membeli softlens. Untungnya juga sangat lumayan untuk
1 pasang softlens.
D.
KENDALA
BISNIS RAINBOWLENS.
Kendala yang saya hadapi yaitu seperti saat dagangan
tidak semua terjual karena banyaknya
stock dan softlens dari normal hingga minus yang masih ada lumayan banyak. dan
kendala lainnya seperti sudah banyak juga yang menjual berbagai macam softlens
dan harus bersaing dengan harga pasaran yang biasanya lebih murah dari pada
yang kita jual.
E.
STRATEGI
PEMASARAN.
Rencana saya dalam memperluas pemasaran softlens saya
mungkin saya akan mengikuti semacam bazar yang biasanya digelar di mall atau
kampus dan memberikan sample softlens normal (no minus) yang saya bawa agar konsumen ingin membeli
yang lain.
F.
KUNCI
SUKSES.
Sebagai pelaku ukm saya menerapkan kunci sukses terhadap
diri saya seperti percaya diri dengan usaha yang akan saya lakukan dan jangan
takut jika mengalami kerugian dan tidak perlu takut dengan pesaing dan
tantangan yang nantinya akan datang. Harus mempertahankan kualitas dari produk
yang saya akan jual nantinya.
G.
ANALISIS
EKONOMI.
Asumsi
-
Membuat stock softlens 100 pasang
-
Proses berjualan dirumah tidak menyewa
tempat.
Modal awal
-
Softlens (@ Rp 60.000 x 100 buah) Rp. 6.000.000,00
-
Plastik
Rp. 6.000,00
-
Total Rp. 6.006.000,00
Biaya produksi perminggu.
-
Softlens (@ Rp 60.000 x 10 buah,) Rp. 600.000,00
-
Plastik Rp. 6.000.00
-
Total Rp. 606.000.00
Omset perharinya
-
Penjualan softlens Rp.130.000 x 60 Rp. 7.800.000.00
Laba bersih perminggun.
-
Rp 7.800.000.00 – Rp 606.000.00 Rp. 7,194.000.00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar