Kerupuk "LADALAH"
A. Bisnis Plan Usaha Kerupuk “LADALAH”
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang
sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karna pada masa
kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya.
Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya
yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam
membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam
makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang
memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi
karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan
gizi yang cukup.
Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami
mengembangkan usaha kerupuk ladalah ini, karena sebagian dari masyarakat sangat
menyukai kerupuk ladalah ini karena rasa pedasnya yang membuat ketagihan. Selain
itu, kerupuk ladlah ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk
mengkonsumsi kerupuk ladalah ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Kerupuk
ladalah dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari.
Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk
merintis usaha kerupuk ladalah dan usaha kami tersebut kami beri nama atas
kesepakatan bersama, yaitu: “LADALAH”. Dengan harapan pelanggan akan tertarik
untuk datang dan membeli kerupuk kami dengan rasa penasaran akan kenikmatan
rasa “LADALAH”
B. Konsumen
Target pasar yang ingin kami bidik adalah seluruh
kalangan masyarakat untuk berbagai usia. Selain itu , kami juga menyediakan
produksi untuk berbagai pesanan acara tertentu maupun pesanan berskala kecil. Kerupuk
Ladalah merupakan pilihan yang baik untuk konsumen yang sedang mencari cemilan
sehat sebagai salah satu konsumsi yang menarik dan dapat dihidangkan untuk
berbagai kebutuhan konsumen.
C. Memulai
Bisnis Kerupuk “LADALAH”
Hal penting yang perlu disiapkan dalam memulai bisnis
ini adalah:
- Modal utama dalam bisnis ini adalah skill dan pengatahuan mengenai produk makanan, minuman, dan snack apa yang sedang trend atau laris dikalangan masyarakat. Hal ini dapat dicari melalui media cetak maupun media elektronik.
- Menjalin kerjasama dengan supplier bahan baku yang memberikan penawaran harga lebih murah tanpa harus mengesampingkan kualitas bahan yang digunakan.
- Melalukan pengontrolan pada setiap produk yang akan dipasarkan.
Makanan ringan seperti Kerupuk Seblak
Ladalah adalah beberapa jenis makanan ringan yang paling diminati oleh berbagai
kalangan tanpa melihat umur (dibawah 2 tahun), jenis kelamin, dan jenis
pekerjaan, lingkungan tempat tinggal (pegunungan dan pantai).
Bahan baku yang digunakan dalam membuat
Kerupuk Seblak LADALAH (Kerupuk Aci) dapat didapat dengan cukup mudah, karena
banyak dijual dibanyak pasar dan supermarket.
E. Kendala
Bisnis Kerupuk “LADALAH”
Kendala pada usaha ini adalah mengenai harga
bahan makanan yang tidak pasti dan banyaknya pesaing yang memiliki usaha
sejenis.
F. Strategi
Pemasaran
Adapun
strategi pemasaran yang dapat kami lakukan dengan cara Dari mulut ke mulut
promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana,
serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan
bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita,
sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui
usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka
konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk berbelanja di
tempat kami.
Selain
promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan
menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, instagram,
atau bisa juga disebut dengan online shop. Karna sebagian besar masyarakat
telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui
usaha kita.
Selain itu, proses marketing juga dapat dilakukan
melalui media pesan singkat berbasis teknologi seperi melalui aplikasi aplikasi
yang disediakan oleh ponsel pintar. Diantaranya melalui : wahts up , line bbm
maupun aplikasi sejenis yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan
akurat. Dengan konten yang menarik dan pengembangan produk yang terus
dilakukan. Selain itu proses pemsaran melalui komunikasi langsung kepada
masyarakat.
G. Kunci
Sukses
Sebagai pelaku UKM ada dua kunci sukses yang perlu
diterapkan.
- Fokus pada bisnis
- Terus belajar
- Belajar dari pengalaman
- Pemasaran yang tepat dan sempurna
- Berdoa dan bersedekah
F. Analisa
Ekonomi
Modal Awal
|
|||||
No
|
Uraian
|
Satuan
|
Quantity
|
Harga
|
Total
|
1
|
Logo ladalah
|
pcs
|
1000
|
100
|
100.000
|
2
|
Baskom Besar
|
unit
|
5
|
25.000
|
250.000
|
3
|
Peralatan Masak
|
Unit
|
1
|
550.000
|
550.000
|
4
|
Mesin Pres Plastik
|
Unit
|
2
|
200.000
|
400.000
|
Total Modal Awal
|
1.300.000
|
Biaya Penyusutan
Peralatan
mengalami penyusutan, setelah masa pemakaian sebagai berikut:
Peralatan
produksi :
1. Mesin
Pres Plastik 1/12 bulan x Rp 200.000 x 2 unit Rp.35.000
2. Peralatan
Masak 1/12 x Rp 500.000 Rp 45.000
Total
penyusutan Rp.80.000
Biaya Produksi :
Kerupuk jadi
2 bal x 50.000 100.0000
Bahan
pelengkap 50.000
Perlengkapan 50.000
Plastic
Pembungkus 100 pack x 2000 200.000
Biaya transport 50.000
Biaya promosi 120.000
TOTAL 650.00
Total keseluruhan Rp 2.030.000
Produk terjual :
Ladalah kerupuk putih 500 pcs x Rp 5000 = Rp 2.500.000
Ladalah
kerupuk pedas 250
pcs x Rp 5000 = Rp 1.250.000
Total penjualan Rp
3.850.000
Laba bersih ;
Rp 3.750.000 –
Rp 2.030.000 = Rp 1. 720.000
Return of Investment (ROI)
(modal awal +
biaya produksi) : laba bersih per bulan +
2 bulan
Kontak Bisnis
Tlp : 0896 3008 4545
Email : andinitrinaziah00@gmail.com
Instagram : http://cemilanladalah.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar