Bisnis Plan
PENDAHULUAN
Zaman dahulu orang membeli makanan
hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan
masyarakat menengah kebawah,
dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita
dalam membeli
makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru memikirkan harga. Oleh karena itu keripik kentang banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, olahan keripik kentang menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan. Dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia. Dari segi harga, harga keripik kentang mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru memikirkan harga. Oleh karena itu keripik kentang banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, olahan keripik kentang menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan. Dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia. Dari segi harga, harga keripik kentang mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Adapun latar belakang didirikannya usaha ini adalah :
1) Masyarakat membutuhkan
makanan yang sehat bergizi.
2) Dengan produk yang
bervariasi diharapkan masayrakat tidak jenuh.
3) Bahan baku mudah diperoleh
dan murah.
4) Jenis makanan
ringan.
1.
PERUMUSAN
VISI USAHA
Menjadikan usaha memproduksi keripik
kentang sebagai usaha kecil menengah yang diminati masyarakat serta agar
mendapatkan keuntungan yang maksimal.
2.
PERUMUSAN
MISI USAHA
a.
Proses
produksi yang higienis baik dari tempat, alat dan bahan-bahan yang digunakan.
b.
Menerapkan
pelayanan prima (sikap yang sopan dan ramah, pelayanan yang cepat dan baik).
c.
Menjaga
cita rasa makanan.
d.
Dengan
rasa yang khas dan harga yang terjangkau diharapkan memuaskan konsumen.
e.
Memperkenalkan
keripik kentang kepada masyarakat.
3.
TUJUAN
USAHA
Adapun beberapa tujuan dalam usaha keripik kentang ini
adalah :
1. Meningkatkan taraf hidup menjadi
lebih baik untuk memperoleh keuntungan.
2. Untuk menerapkan jiwa berwirausaha
3. Melatih kemandirian.
4.
MANFAAT
USAHA
- Mampu
memenuhi kebutuhan dan selera konsumen
- Menciptakan
lapangan pekerjaan
- Meningkatkan
pendapatan dan memperoleh keuntungan.
5.
DESKRIPSI
USAHA
Usaha yang akan kami mulai adalah
usaha yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan (industry kecil) yang
memanfaatkan kentang yang segar menjadi hidangan menu masakan yang nikmat,
bergizi, berselera tinggi dan sehat untuk metabolisme tubuh. Karena pada
dasarnya kentang adalah jenis sayuran yang memiliki nilai gizi yang sangat
tinggi, apalagi dengan kentang yang segar bebas dari bahan kimia. Bahan kimia
sangat berbahaya untuk kesehatan manusia jika dikonsumsi dalam makanan setiap
hari dan nantinya
akan merusak tubuh manusia secara perlahan. Usaha ini mungkin masih jarang
diminati orang banyak, karena kebanyakan mereka hanya membuat sebagai makanan
untuk disajikan dirumah saja, namun oleh karena itu kami berusaha untuk
mengembankan usaha ini agar dapat lebih maju lagi dan menunjukan citra yang
baik akan segala macam olahan jagung manis yang segar sehat dan bergizi tinggi.
Produk yang dihasilkan dari bahan baku kentang yang di olah menjadi keripik kentang dalam kemasan
yang higenis dan dijamin halal.
6. TARGET
PASAR
Dalam melakukan usaha pemasaran merupakan faktor yang penting dari
pendirian suatu usaha yaitu pemasaran ditujukan kepada semua kalangan yaitu
dari anak-anak sampai orangtua. Pemasaran ini dilakukan di masyarakat sekitar
Jakarta Barat.
Dalam memulai
bisnis banyak yang harus dilewati yaitu :
1. Skill dan pengetahuan
Ketika
menjalankan usaha ini saya dan keluarga saya harus membutuhkan skill dan
pengetahuan dalam memulai bisnis ini.
Karena jika tidak ada skill usaha ini tidak akan berjalan.
2. Tenaga Kerja
Usaha
ini menggunakan tenaga kerja secara manual, kami memulainya dengan semua
keluarga. Tidak ada bantuan dari pihak luar. Karena ini dinamakan usaha
keluarga.
3. Kualitas
Kualitas
dalam kemasan keripik kentang ini sangat dijamin, karena keripik ini diproses
dengan cepat. Karena setelah dikupas langsung di parut dan di goreng. Lalu
setelah selesai langsung di kemas.
STRATEGI PEMASARAN
Strategi
pemasaran dalam keripik kentang ini yaitu bermula memasarkan dari tetangga ke
tetangga yang lain. Setelah itu kami titipkan di warung sekitar rumah. Dan
sekarang pemasaran kami melalui via online. Jadi, semua langganan kami dating
langsung kerumah/by phone.
KENDALA BISNIS
Dalam
menjalankan bisnis ini banyak kendala yang harus dilewati. Seperti stock kentang
yang kadang kendala nya di transportasi, dari pelapaknya yang kualitas
kentangnya jelek, hingga terkadang kentang yang setelah digoreng menjadi hitam
(terlalu banyak mengandung gula).
KUNCI SUKSES
Kunci
sukses dalam usaha ini terus berusaha mencari jalan untuk terus berproduksi
dalam penjualan keripik kentang ini.
Karena dalam melakukan usaha ini banyak orang yang mungkin gampang bosan. Lalu,
kita selalu mencari jalan agar tetap trus berjalan dalam mencari ide-ide baru.
PERENCANAAN BIAYA
Biaya Peralatan
No
|
Peralatan
|
Jumlah
|
Harga
|
Umur Ekonomis
|
1
|
Wajan
|
2
|
250.000
|
3 tahun
|
2
|
Baskom
|
4
|
135.000
|
2 tahun
|
3
|
Kompor Gas
|
1
|
650.000
|
1 tahun
|
4
|
Tabung Elpigi
|
2
|
350.000
|
1 tahun
|
5
|
Selang Gas Elpigi
|
1
|
65.000
|
3 tahun
|
6
|
Regulator
|
1
|
75.000
|
2 tahun
|
7
|
Timbangan
|
1
|
150.000
|
1 tahun
|
8
|
Keranjang
|
2
|
35.000
|
1 tahun
|
1.710.000
Biaya Bahan
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Kentang
|
10kg
|
10.000(x10)
|
2
|
Minyak Goreng
|
6Liter
|
63.000
|
3
|
Bumbu Keju
|
1kg
|
40.000
|
4
|
Bumbu BBQ
|
1 kg
|
40.000
|
5
|
Bumbu Jagung Bakar
|
1 kg
|
40.000
|
6
|
Bumbu Pedas
|
1kg
|
40.000
|
7
|
Bumbu Asin
|
½ kg
|
20.000
|
8
|
Plastic
|
1kg
|
27.000
|
9
|
Plastic kresek
|
120 buah
|
15.000
|
10
|
Label
|
100
|
10.000
|
Rp. 395.000
Biaya Habis
Pakai
No
|
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Kentang
|
10kg
|
10.000(x10)
|
2
|
Minyak Goreng
|
6Liter
|
63.000
|
3
|
Bumbu Keju
|
1kg
|
40.000
|
4
|
Bumbu BBQ
|
1 kg
|
40.000
|
5
|
Bumbu Jagung Bakar
|
1 kg
|
40.000
|
6
|
Bumbu Pedas
|
1kg
|
40.000
|
7
|
Bumbu Asin
|
½ kg
|
20.000
|
8
|
Plastic
|
1kg
|
27.000
|
9
|
Plastic kresek
|
120 buah
|
15.000
|
10
|
Label
|
100
|
10.000
|
Rp. 395.000
Biaya
Perjalanan
No
|
Jenis Barang
|
Harga
|
Kebutuhan
|
Harga Total
|
1
|
Pemasaran dan Promosi
|
100.000
|
4 bulan
|
400.000
|
2
|
Transportasi
|
100.000
|
4 bulan
|
400.000
|
3
|
Uang Listrik dan Gas Elpigi
|
200.000
|
4 bulan
|
800.000
|
4
|
Konsumsi
|
100.000
|
4 bulan
|
400.000
|
Total
|
2.000.000
|
No
|
Jenis Biaya
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Biaya peralatan
|
1.710.000
|
2
|
Biaya bahan
|
395.000
|
3
|
Biaya Perjalanan
|
2.000.000
|
BIAYA
|
Rp. 4.105.000
|
Total Biaya
Keseluruhan adalah Rp.4.105.000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar