Bisnis Plan
BAB
1
Pendahuluan
1.1 Latar belakang
Cheesecake ialah salah satu jenis kue yang berbahan
dasar cream cheese dan whiping cream, cheese cake sendiri jika diartikan dalam
bahasa Indonesia ialah kue keju.
Cheesecake sendiri pertama kali dikenalkan itu dari Negara Yunani kuno. Dengan semakin berkembangnya zaman masuklah di Negara Indonesia. Cheesecake sangat mudah ditemui dimanapun, di toko kue, di dalam mall dan karena zaman sudah semakin canggih melalui online pun banyak yang menjualnya. Dengan usaha yang akan saya buat ini saya akan memasarkan Cheesecake melalui online agar lebih memudahkan para peminatnya, tapi juga bisa secara langsung dengan memasarkan di kampus.
Cheesecake sendiri pertama kali dikenalkan itu dari Negara Yunani kuno. Dengan semakin berkembangnya zaman masuklah di Negara Indonesia. Cheesecake sangat mudah ditemui dimanapun, di toko kue, di dalam mall dan karena zaman sudah semakin canggih melalui online pun banyak yang menjualnya. Dengan usaha yang akan saya buat ini saya akan memasarkan Cheesecake melalui online agar lebih memudahkan para peminatnya, tapi juga bisa secara langsung dengan memasarkan di kampus.
Dig Me Out Cheseecake merupakan salah bentuk dessert
yang dapat dikonsumsi oleh siapa pun, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua bahkan
lansia. Cheesecake sendiri memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga lansia
pun dapat mengkonsumsinya. Oleh karena itu saya ingin mengembangkan bisnis
berbahan baku chesee tersebut. Bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah
ditemukan di toko-toko kue. Rasa-rasa yang terdapat di Dig Me Out Cheseecake
yaitu ada : strawberry, coklat, blueberry, oreo
Dig Me Out Cheseecake ini dapat didibeli oleh
kalangan menengah kebawah karena harganya yang tidak begitu mahal. Alasan saya
mau mengembangkan bisnis ini dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang
menyukai makanan dengan rasa yang enak, unik dan juga murah.
1.2 Tujuan
1. ingin membuat jajanan atau camilan anak-anak yang
bermutu dan sehat
2. memasarkan makanan yang murah tapi menyehatkan
1.3 Manfaat
Agar masyarakat Indonesia tidak memakan camilan atau
jajanan yang kurang bersih, seperti menggunakan borax bahan pengawet, dan
dengan mengkonsumsi Cheseecake ini terhindar dari bahan pengawet dan sehat.
BAB
II
Target
Pasar
2.1 Konsumen
Target pasar atau konsumen yang ingin diincar yaitu
seluruh masyarakat umum, seperti anak-anak, anak sekolahan, mahasiswa, maupun
orang tua. Karena Dig Me Out Cheseecake ini memang dapat dikonsumsi oleh
seluruh masyarakat.
BAB
III
Memulai
Bisnis
3.1 Skill dan pengetahuan
Alasan saya untuk mengembangkan bisnis ini
dikarenakan saya memang menyukai memasak, kemampuan yang saya punya pun cukup
untuk bisa membuat Cheseecake dengan rasa yang enak. Skill yang saya punya
selalu terus diasah dengan membuat makanan-makanan, khususnya mencoba untuk
terus membuat Cheseecake yang lebih lezat lagi. Dan skill yang saya punya juga
terus diasah dengan saudara saya karena saudara saya jauh lebih mengerti soal
Cheseecake ini
Pengetahuan saya seputar Cheesecake didapt melalui ineternet,
dan saya melihat tutorial yang ada di youtobe dalam membuat Cheseecake,
sehingga ilmu yang saya punya terus bertambah dalam membuat Cheesecake ini.
3.2 Kerjasama atau jaringan
Sampai saat
ini saya belum mencoba untuk mencari atau bergabung dengan jaringan manapun
untuk melakukan kerjasama dalam memasarkan Cheseecake ini, maksudnya jaringan
yang dalam konteksnya luas dan besar. Saya hanya memasarkan Cheseecake ini
secara langsung maupun d internet dan ada teman saya yang membantu
memasarkannya atau dapat disebut dia itu reseller, tapi untuk jaringan
khususnya saya belum mencoba untuk saat ini, mungkin nanti saya akan mencoba
agar bisnis ini dapat berkembang dengan cepat.
3.3 Tenaga Kerja
Saya tidak menggunakan tenaga kerja, saya hanya
membuat Cheseecake ini sendiri dan terkadang dengan saudara saya. Mungkin nanti
jika usaha ini terus berkembang dan pesanan terus banyak, saya akan mengambil
tenaga kerja agar tidak kesusahan.
3.4 Kualitas
Kualitas Dig Me Out Cheseecake ini sudah tidak
diragukan lagi, karena orang-orang yang memakannya pun mengatakan bahwa
Cheseecake ini sangat enak dan lezat, apalagi dengan harga yang tidak begitu
mahal. Bahan-bahan yang digunakan pun dengan kualitas yang terbaik, tidak
menggunakan bahan yang murah. Karena saya ingin Cheseecake ini memiliki
kualitas rasa yang sangat enak sehingga bahannya pun tidak menggunakan yang
sembarangan.
3.5 Trending Topic
Dig Me Out Cheseecake sendiri belum pernah heboh di
sosial media, karena bisnis usaha ini masih kecil-kecilan dan belum luas
jaringannya seperti yang saya bilang tadi, oleh karena itu Dig Me Out
Cheseecake belum pernah menjadi Trending Topic sebagai bahasan yang sangat
terpanas atau terkini dikarenakan memang belum heboh di sosial media dan belum
ada yang menggunakan hastag dari para konsumennya.
BAB
IV
Keuntungan
Bisnis
Keuntungan dari bisnis ialah saya bisa membeli
barang-barang dengan hasil uang saya sendiri berkat penjualan Cheseecake ini.
BAB
V
Kendala
Bisnis
Kendala yang didapat dalam usaha ini mungkin lebih
ke pemasarannya, karena saya sendiri belum memiliki jaringan yang luas sehingga
pesanan untuk Cheseecake ini pun masih standar dan belum sangat banyak. Dan
juga kendalanya kalau yang membeli menggunakan via online itu terkadang membuat
khawatir dalam perjalanan menuju konsumen tersebut, karena saya takut chesecake
nya bisa berantakan karena menggunakan jasa pengiriman
BAB
VI
Strategi
Pemasaran
Strategi pemasaran Dig Me Out Cheseecake yaitu yang
pertama menggunakan packaging yang menarik, supaya orang yang baru melihat
bentuknya atau kemasannya sudah ingin membeli karena packagingnya yang bagus.
Kemudian menawarkan harga yang standar tetapi rasanya sangat berkualitas dengan
harga yang tidak semahal lainnya Cheseecake ini bisa dilirik oleh kalangan
manapun. Lalu juga memiliki varian rasa yang banyak tetapi tetap enak adapun
varian rasanya yaitu : coklat, strawbery, oreo, bluebery
BAB
VII
Kunci
Sukses
Kunci sukses yang selalu terapkan itu ialah pantang
menyerah walaupun terkadang bisnis yang dijalankan sedang sepi atau tidak ada
yang memesan, dan selalu melihat atau mencontoh orang-orang yang sukses
usahanya dibidang kuliner untuk menjadi acuan atau motivasi saya agar bisa
seperti mereka. Dan yang terpenting selalu berdoa dan mau berusaha unuk bangkit
jika usaha yang digeluti terpuruk atau jatuh
BAB VIII
Analisa Ekonomi
8.1 Asumsi
No
|
Kegunaan
|
Rincian
|
|
1.
|
Modal
awal
|
Rp300.000
|
|
2.
|
Biaya
penyusutan
|
||
3.
|
Biaya
produksi perbulan
|
Biaya
produksi ini tergantung berapa pesanan yang dibutuhkan, kalau ada sekitar 30
jar biaya yang dibutuhkan sekitar Rp350.000
|
|
4.
|
Omset
perbulan
|
Kalau
perbulan ada 30 jar yang pesan omset yang didapat sekitar RP750.000
|
|
5.
|
Laba
bersih perbulan
|
Keuntungan
bersih yang didapat sebulan kalau ada pesanan 30 jar sekitar RP400.000
|
BAB IX
Penutup
Jadi Dig Me Out Cheseecake ini merupakan salah satu
jenis usaha yang bergerak di bidang makanan, dan memiliki berbagai macam varian
rasa yaitu : coklat, strawbery, bluebery, dan oreo. Kemudian camilan ini sangat
aman untuk dikonsumsi dan memiliki rasa yang sangat enak dengan tekstur yang
lembut, Cheseecake ini dapat dikonsumsi oleh siapapun mulai dari anak-anak,
remaja, orang tua bahkan lansia. Dengan harga satu jarnya Rp 25.000 saja kalian
sudah bisa mencicipi enaknya Dig Me Out Cheseecake. Harga yang sangat murah
dibandingkan lainnya sehingga sangat mudah untuk menarik perhatian konsumen,
apalagi Dig Me Out Cheseecake dikemas dengan sangat apik yang pastinya juga
menarik perhatian konsumen dimanapun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar