Kata Pengantar
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
kepada kita semua kenikmatan - kenikmatan yang tak
terhitung nilainya mulai dari nikmat kesehatan, kesempatan serta keimanan khususnya nikmat yang telah diberikan kepada kami sehingga kemi dapat menyursun proposal usaha pakaian ini.
terhitung nilainya mulai dari nikmat kesehatan, kesempatan serta keimanan khususnya nikmat yang telah diberikan kepada kami sehingga kemi dapat menyursun proposal usaha pakaian ini.
Dalam perkembangannya, kami telah menjalankan usaha kami dengan tingkat
penjualan yang cukup lumayan disetiap harinya. Hal ini tentu membuat kami
optimis bahwa usaha pakaian yang kami jalankan dapat terus berkembang dan mampu
merambah ke pasar yang lebih luas.
Namun demikian, dalam prosesnya, kami menghadapi beberapa kendala
diantaranya adalah keterbatasan modal sementara permintaan semakin tinggi. Oleh
karena itulah kami menyusun proposal usaha pakaian ini.
Kami berterimakasih kepada semua pihak yang
telah membantu proses pembuatan proposal ini dan semoga proposal ini dapat kami
jadikan sebagai pedoman serta pengajuan permohonan dana bantuan modal kepada
pihak terkait guna mendapatkan keuntungan bersama.
BAB I
PENDAHULUAN
Sejak tahun 1998, ketika krisis moneter terjadi di Indonesia, banyak usaha
kecil menengah yang akhirnya gulung tikar. Adanya inflasi yang tinggi membuat
tingkat ekonomi Indonesia semakin memburuk dan tak ayal banyak pengusaha yang
harus gigit jari menutup bisnisnya karena harga bahan baku yang semakin tinggi
sementara daya beli masyarakat semakin rendah.
Hal tersebut terjadi pula pada usaha pakaian. Namun, pada beberapa tahun
terakhir ini, mulai terlihat peningkatan penjualan yang signifikan karena
beberapa hal diantara adalah semakin banyaknya perkembangan model di Indonesia
yang mulai beredar. Perkembangan ini dapat dibuktikan dengan maraknya para
artisdengan model-model pakaian barunya.
Artis sebagai publik figur terbukti ampu mendongkrak minat masyarakat untuk
mengikuti tredi masa kini. Terlebih lagi kini muncul banyak inovasi pakaian
yang menjadikan busana busana yang tidak kalah trendy dengan pakaian jenis
umum seperti korean style.
Usaha Pakaian kami memang baru mulai merintis sejak tahun 2015, kami telah
melayani banyak pelanggan dan mampu tetap bertahan dari gempuran krisis ekonomi
maupun kenaikan harga BBM. Usaha yang kami namai "RM Raja mode" telah
terbukti kuat dan tetap bisa diandalkan sebagai sebuah usaha kecil
menengah.
Pada beberapa bulan terakhir ini, peningkatan penjualan pakaian telah
meningkat secara signifikan bahkan permintaan yang ada tidak bisa kami penuhi karena
keterbatasan produk. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada kami berencana mengembangkan
usaha kecil kami menjadi usaha kelas menengah dengan cara mebuka cabang di
tempat event.
BAB II
KONSUMEN/ TARGET PASAR
RM Raja Mode adalah jenis usaha yang bergerak
dalam bidang Fashion, karena di jaman yang serba modern ini Fashion merupakan
salah satu yang sangat cepat perubahannya dan yang sangat pasti semua orang
pasti memakai baju. Visi kami adalah “Bukan mencari pembeli, namun mencari
Pelanggan”. Target dari pemasaran produk kami adalah semua
kalangan, tidak terbatas pada usia dan jenis pekerjaan, didasarkan pada bahwa
manusia memerlukan pakaian.
Segmentasi
:
Geografis: Kota-Kota Besar di Indonesia
Demografis:
-
Gender: Perempuan dan Laki-laki
-
Usia: Tidak terbatas
-
SSE: Semua Kelas Sosial
Targeting:
Sasaran RM adalah anak-anak,
mahasiswa, semua pekerja, ibu-ibu dan bapak-bapak lansia, kelas menengah
keatas, sedang dan kebawa yang memang membutuhkan pakaian. RM
berlokasi di Jakarta Barat JL. Basmol raya, kembangan utara.
Postioning:
“Tampil keren, trendy masa kini”
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam
hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami
yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan
akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan
jakarta barat pada saat ini sangat besar.
3.2. Analisis
Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usaha ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian
yang lengkap dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan dan tempat yang unik.
3.3. Segmentasi
Pasar yang akan dimasuki
RM
membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau.
Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan
pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan
kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen
pasar usaha ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini
dapat memicu persaingan dengan usaha fashion lainnya.
Pada awalnya pemenuhan
permintaan pakaian dapat dipenuhi dari penjual pakaian, akan tetapi dengan
semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan penjual pakaian untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami
untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk
yang dihasilkan
Semakin
tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga
menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang
semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk
atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o Berkualitas
tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
Kegunaan produk :
Sebagai kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang
kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o Harga
terjangkau oleh kemampuan konsumen,
o kualitas
produk terjamin
o sesuai
dengan selera masyarakat
4.2. Ruang
Lingkup Usaha
Ruang
lingkup lingkup usah pakaian ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena
semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari
itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen. RM berlokasi
di daerah Jakarta Barat jl. Basmol Raya kembangan Utara.
BAB V
RISIKO
5.1. Evaluasi
tentang kelemahan Usaha
Strength
(Kekuatan)
1. Bertanggung
jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2. Dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan
3. Memberikan
pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4. Menjual
produk yang berkualitas
|
Weaknes
(Kelemahan)
1. Persaingan
pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2. Berubahnya
kondisi perekonomian
|
Oportunity
(Peluang)
1. Dengan
tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing
walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul
di kemudian hari.
2. Saat
ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Komp. Garut
Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
|
Threaty
(Ancaman) : Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang
berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.
|
5.2. Gambaran
tentang Masa Kini
Resiko
yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin
banyaknya Butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual
pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala
internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang
mengunjungi butik lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini,
maka kami selalumemberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya
sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan
akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB VI
KEUNTUNGAN BISNIS
Dampak positif yang
ditimbulkan oleh usaha RM adalah:
Pendayagunaan tenaga
kerja lokal (menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar)
Memberikan contoh nyata
cara melakukan wirausaha terhadap warga sekitar
Memperkenalkan
pakaian-pakaian yang bermodel, trendy masa kini dengan harga yang terjangkau.
BAB VII
STRATEGI
PEMASARAN
Strategi pemasaran yang akan
dilakukan mencakup sebagai berikut:
·
Bagi konsumen dengan pembelian
diatas 500 ribu akan mendapatkan diskon-diskon atau free ongkos pengiriman.
·
Memasukkan merk ke dalam
daftar sponsor di berbagai tempat.
·
Setiap beberapa periode, melakukan kerja sama dengan para
distributor untuk melakukan sales blitz, yaitu penawaran di pusat-pusat
keramaian.
·
Melakukan pendekatan dan negosiasi dengan manajemen pusat
perbelanjaan agar diijinkan menempatkan beberapa iklan. Untuk hal ini bisa dilakukan langsung
atau bekerja sama dengan distributor dan pemasok yang sudah ada saat ini.
Strategi penetapan harga produk RM adalah:
·
Memberikan nilai tambah terhadap produk apabila tidak dapat
bersaing secara harga dengan kompetitor yang sepadan
BAB VIII
KUNCI SUKSES
Kunci sukses yang utama dari RM ini adalah memberikan
pelayanan yang memuaskan dan respon yang cepat karena RM ini lebih mengutamakan
konsumen sebagai raja. Lalu juga kami selalu menanggapi pertanyaan-pertanyaan
konsumen tentang apa saja yang bersangkutan dengan model model masa kini.
BAB IX
ANALISA EKONOMI
9.1 Modal Awal
Modal Awal produksi
Renovasi
Awal & Desain Interior
|
Rp. 7.000.000,-
|
|
Kulakan
baju grosir
|
Rp.
15.000.000,-
|
|
Biaya
Soft Opening dan Promosi awal
|
Rp. 1.000.000,-
|
|
Biaya
gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 13.200.000
,-
|
|
Jumlah
Modal Produksi
|
Rp.
26.200.000,-
|
2. Biaya lain-lain
Jumlah biaya lain-lain Rp. 5.000.000,-
Total seluruh biaya
produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp.
26.200.000,-
Jumlah biaya
lain-lain Rp. 5.000.000,-
Total Rp.
31.200.000,-
9.2 Biaya Produksi Perbulan
Perhari pemasukan =
Rp. 800.000,- x 30 = Rp.
24.000.000
Modal pakaian perhari =
Rp. 500.000,- x 30 = Rp. 15.000.000
Biaya
karyawan perbulan = Rp. 1.100.000,-
Biaya
sewa ruko dan listrik/ air = Rp. 3.500.000,-
Lain-lain
= Rp.500.000,-
9.3 Omset Perbulan
Rp.
24.000.000,-
9.4 Laba Bersih Perbulan
Rp.
3.900.000,-
BAB X
PENUTUP
a. kesimpulan
proposal usaha ini sangat berguna bagi para pembaca. Semua data yang kita
butuh kan untuk membuka suatu usaha terkhusus usaha telah tercantum di dalam
buku proposal saya ini. Semoga apa yang telah saya tulis dan rencanakan dapat
menjadi inspirasi buat para pembaca.
b. Penutup
Demikian proposal usaha ini saya buat, dengan harapan dapat melaksanakan
semua rencana-rencana serta tujuan yang telah saya buat. Mohon maaf bila ada
kesalahan kata-kata atau pun tulisan. Semua kekurangan datangnya dari saya dan
kelebihan datang nya hanya dari Tuhan Yang Maha Esa . saya ucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar