BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Banyaknya
jumlah mahasiswa dalam suatu Perguruan Tinggi dimana kebutuhan mahasiswa yang
beraneka ragam,
Salah satu kebutuhannya adalah kebutuhan akan sandang, disini salah satunya adalah tentang sepatu. Sepatu memang menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi kaum adam maupun hawa. Sudah banyak berbagai merek ternama yang berlomba-lomba mengeluarkan karya-karya terbarunya untuk memancing minat para pembelinya, terutama di kalangan mahasiswa dan mahasiswi yang masih kuliah untuk style untuk berpergian. Banyaknya peminat pemakai sepatu bermerek dikalangan remaja maupun dewasa menyebabkan tingginya permintaan di perusahan ternama merek sepatu. Dilihat dari kesibukan pemakai sepatu yang memang membuat mereka ingin memiliki sepatu lebih dari satu model dan berbagai macam merek ternama yang kwalitasnya yang terbaik. Disektor jasa kami menyediakan pelayanan penjualan sepatu ternama dan belum keluar modelnya di indonesia yang harganya terjangkau oleh kalangan perguruan tinggi.
Salah satu kebutuhannya adalah kebutuhan akan sandang, disini salah satunya adalah tentang sepatu. Sepatu memang menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi kaum adam maupun hawa. Sudah banyak berbagai merek ternama yang berlomba-lomba mengeluarkan karya-karya terbarunya untuk memancing minat para pembelinya, terutama di kalangan mahasiswa dan mahasiswi yang masih kuliah untuk style untuk berpergian. Banyaknya peminat pemakai sepatu bermerek dikalangan remaja maupun dewasa menyebabkan tingginya permintaan di perusahan ternama merek sepatu. Dilihat dari kesibukan pemakai sepatu yang memang membuat mereka ingin memiliki sepatu lebih dari satu model dan berbagai macam merek ternama yang kwalitasnya yang terbaik. Disektor jasa kami menyediakan pelayanan penjualan sepatu ternama dan belum keluar modelnya di indonesia yang harganya terjangkau oleh kalangan perguruan tinggi.
Peningkatan
kepercayaan
dan mempermudah konsumen dalam berbelanja, kami menerapkan strategi pemasaran dengan mempromosikan dagangan kami
dengan membandingkan barang yang sudah di jual dengan harga sebenarnya di toko.
Strategi pemasaran ini dilakukan untuk memperluas pasar dan meningkatkan jumlah
konsumen. Ketika jumlah konsumen yang berlangganan banyak maka target penjualan
perbulan akan lebih mudah dicapai.
B. Rumusan Masalah
Mengacu pada uraian latar belakang di atas, maka rumusan pokok permasalahan
program kreatifitas mahasiswa dijabarkan sebagai berikut :
1. Bagaimana cara meningkatkan jumlah konsumen agar berlangganan di Cool
man Sepatu sehingga target penjualan perbulan dapat tercapai?
2. Bagaimana rincian laba/rugi yang diharapkan melalui usaha di Cool Man
Sepatu?
3. Bagaimana
strategi pemasaran yang diterapkan oleh menejemen Cool Man Sepatu?
C. Tujuan
1.
Memanfaatkan peluang usaha secara di lingkungan Universitas Mercu Buana Jakarta
dengan menerapkan strategi membandingkan barang di toko sepatu terkenal.
2.
Memperoleh keuntungan dari kegiatan usaha
yang dilakukan melalui Cool Man Sepatu.
3.
Memperoleh
laba bersih yang maksimal dari penjualan produk dan mampu memutar modal awal
dalam waktu kurang dari 1 tahun.
D. Kegunaan
a. Bagi mahasiswa
(dalam hal ini sebagai pelaksana):
1) Dari segi ekonomi
a) Melatih
mahasiswa dalam berwirausaha.
b) Membangun
kemandirian mahasiswa dalam memenuhi seluruh kebutuhan sebagai konsekuensi dari
keberhasilan membangun usaha.
c) Mendapatkan
laba dari jerih payah usaha yang dirintis dari nol.
d) Mendapatkan
pengalaman usaha yang dapat memacu semangat untuk mengembangkan bisnis.
b. Bagi mahasiswa (dalam hal ini
sebagai konsumen):
·
Mempermudah mahasiswa (konsumen) dalam
memenuhi kebutuhan sepatu yang bermerek yang tidak mengeluarkan uang yang
banyak.
·
Merubah pola pikir mahasiswa misalkan
sepatu original itu identik dengan harga yang mahal.
E. Luaran
Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini, yaitu melalui
Cool Man Sepatu memperoleh keuntungan dari hasil penjualan yang dilakukan. Memperoleh
laba bersih yang maksimal dari penjualan produk dan mampu memutar modal awal dalam
jangka waktu kurang dari 1 tahun.
BAB 2
GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA
1.
Analisis
Produk
Produk yang akan dijual adalah produk sepatu yang beragam
jenis sepatu, tidak hanya dari
sepatu olahraga saja namun bisa berupa sepatu casual, sepatu sneaker dan sepatu
lainnya. Jasa ini mengedepankan kualitas kebersihan sepatu
yang
sebanding dengan yang akan di keluarkan oleh toko ternama di indonesia.
2.
Pemasaran
Untuk
meningkatkan kepercayaan dan mempermudah konsumen, kami menerapkan strategi membandingkan
barang di toko sepatu terkenal. Strategi pemasaran ini dilakukan untuk
memperluas pasar dan meningkatkan jumlah konsumen. Ketika jumlah konsumen yang berlangganan
banyak maka target penjualan perbulan akan lebih mudah dicapai.
BAB 3
METODE
PELAKSANAAN PROGRAM
1. Riset
Market
Sebelum melakukan
usaha ini, pengusul terlebih dahulu melakukan pengamatan pasar dan melakukan
uji coba kelayakan usaha ini melalui F-Page dimana sebagai langkah awal jualan
ini menyediakan jasa menawarkan sepatu yang akan di
jual ke teman-teman terdekat di
lingkungan Universitas Mercu Buana, Jurusan Teknik Sipil dan meyakinkan konsumen misalkan barang yang kami jual original,
bermutu dan belum keluar di pasaran.
2. Konsultasi
dengan pembimbing mengenai proposal PKM-K.
Setelah melakukan
riset pemasaran dan telah menyusun proposal, dilakukan konsultasi kepada
pembimbing untuk meminimalkan kekurangan atas penyusunan proposal.
3.
Menyiapkan desain website, F-Page, dan
blog agar mampu menjadi rating
search engine.
search engine.
4. Mengatur
jadwal kegiatan, tempat pelaksanan, dan merencanakan event untuk menarik konsumen.
5. Evaluasi,
membuat laporan, dan menyusun rencana ke depan.
Setelah berjalannya usaha ini selama 4 bulan, dilakukan evaluasi untuk
menindaklanjuti usaha yang dijalankan. Kemudian menyusun laporan yang berisi
untung atau rugi dari usaha, dari evaluasi dan laporan ini dibuat rencana ke
depan untuk keberlanjutan usaha.
BAB 4
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
A.
Rancangan
Biaya
Modal dari anggota sebesar Rp. 2.500.000,-
No
|
Nama
Barang
|
Rincian
|
Jumlah
|
Peralatan
& perlengkapan penunjang kegiatan
|
|||
1
|
Modem
|
Rp. 300.000,-
|
Rp. 300.000,-
|
2
|
Pulsa internet
|
Rp.100.000
|
Rp. 100.000
|
3.
|
Sepatu
|
Rp. 600.000,-
|
Rp. 600.000,-
|
Jumlah
dana anggota
|
Rp.
1.000.000,-
|
Tabel 1. Alokasi dana anggota sebelum proposal
disetujui.
Berikut tabel pemohonan dana kepada KAMPUS dengan
rincian alokasi dana yang diusulkan :
No
|
Nama Barang
|
Rincian
|
Jumlah
|
Peralatan dan perlengkapan penunjang kegiatan
usaha
|
|||
1
|
Buku Besar
|
5 @Rp. 20.000,-
|
Rp. 100.000,-
|
2.
|
Nota
|
20 @Rp 4.000,-
|
Rp. 80.000,-
|
3.
|
Printer ip2770
|
Rp 550.000,-
|
Rp. 550.000,-
|
Peralatan Yang Harus di Beli
|
|||
4.
|
Pembelian Barang Dagangan
|
5 @Rp.600.000,-
|
Rp. 3.000.000,-
|
Lain-lain
|
|||
5.
|
Listrik
|
6 bulan @Rp.
40.000,-
|
Rp. 240.000,-
|
6.
|
Transportasi untuk
mengambil sepatu
|
Rp. 130.000,-
|
Rp. 130.000,-
|
7.
|
Website Cool Man
Sepatu
|
Rp. 850.000,-
|
Rp. 850.000,-
|
JUMLAH TOTAL
|
Rp. 4.950.000,-
|
A.
Jadwal Kegiatan
Grafik 1. Jadwal kegiatan.
B.
Penutup
Dengan memanjatkan
puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, maka terselesaikanlah proposal ini.
Kami berharap semoga usaha yang kami jalankan dapat berkembang dengan lancar dan
tidak ada halangan yang menghadang.
Kami yakin dengan
rencana ini usaha yang akan kami lakukan mampu memperoleh keuntungan besar.
Dan hal-hal yang
belum tercantum pada proposal ini akan dibahas secepatnya, dan yang tercantum
akan ditinjau kembali sebagai pengajuan dan sebagai bahan pertimbangan bagi
investor.
Atas perhatiannya kami ucapkan
terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar