Apa sih Entrepreneur itu ?
Entrepreneur atau wirausahawan adalah seseorang yang
menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan risiko dan
ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara
mengenali kesempartan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan.
Ciri Umum yang terdapat pada seorang entrepreneur yaitu
kemampuan mengubah sesuatu menjadi lebih baik atau menciptakan sesuatu yang
benar-benar baru,atau berjiwa kreatif dan inovatif.
Kreatif & Inovatif adalah sifat yang ada pada diri
seorang Entrepreneur.
Apa saja sih keuntungan menjadi seorang Entrepreneur ??
1.
Memiliki kebebasan dalam mencapai sebuah
tujuannya sendiri
2.
Menunjukan kemampuan dan potensi diri secara
penuh
3.
Kebebasan melakukan sebuah perubahan
4.
Menciptakan lapangan pekerjaan
5.
Memperoleh keuntungan dan maafat secara maksimal
6.
Membuka peluang menjadi bos
7.
Tidak terikat oleh waktu
Ciri –ciri seorang wirausaha / entrepreneur
1.
Percaya
diri
2.
Berorientasi
pada tugas dan hasil
3.
Berani
mengambil risiko
4.
Kepemimpinan
5.
Keorisinalan
6.
Berorientasi
pada masa depan
Sikap seorang wirausaha/entrepreneur
1.
Disiplin
2.
Komitmen
tinggi
3.
Jujur
4.
Mandiri
5.
realistis
Menjadi seorang entrepreneur banyak terjadi salah
pandangan karena kebanyakan orang berpendapat menjadi seorang pengusaha hanya
dilakukan oleh orang yang berusia tua, ternyata
pandangan tersebut keliru karena sudah banyak sekali pengusaha muda yang sudah merintis kariernya dalam
bidang kewirausahaan dan tentu saja sukses dalam merintis usahanya , belum lagi
mereka telah menciptakan lapangan pekerjaan yang bermanfaat bagi para pengangguran
yang ada di Indonesia.
Selain pandangan usia yang keliru , ternyata masalah
modal untuk menjadi seorang pengusaha pun selalu dikaitkan dengan modal yang
besar / banyak uang. Mulai sekarang ,pandangan tersebut harus diubah, Karena banyak
kisah pengusaha yang sukses merintis kariernya dengan hanya modal yang
pas-pasan.
Untuk menjadi seorang entrepreneur hal yang paling utama
adalah sebuah keberanian , tekad, dan optimism yang tinggi.
Kisah pengusaha muda yang berawal dari sebuah keripik
Reza Nurhilman adalah pemuda di balik
populernya “keripik setan” Maicih. Berpikir out of the box, Reza memulai bisnis
keripik singkong super pedas ini sendirian pada usia 23 tahun. Dia mendirikan
UKM ini dengan menggandeng produsen keripik lokal di Bandung.
Bermodal awal Rp 15 juta, Reza
memasarkan produknya dari mulut ke mulut dan memanfaatkan situs jejaring sosial
Twitter. Dia lalu menerapkan pola keagenan yang disebutnya “jenderal” untuk
lebih dapat menjangkau konsumen.
Kesuksesan Maicih bahkan menginspirasi
orang lain untuk membuat produk serupa. Ada yang mengambil singkong sebagai
bahan baku. Ada pula yang mengambil bahan lain untuk dijadikan keripik, seperti
ubi.
Yang menakjubkan, pengusaha
keripik-keripik pedas itu rata-rata berusia muda, dan sukses. Mungkin mereka
terinspirasi kreatifitas Reza dalam memasarkan Maicih hingga ke luar kota.
Itulah kisah pebisnis sukses yang memulai usaha dari nol. Ya, ketiadaaan
modal adalah masalah bagi mereka, tapi mereka mampu mengatasi masalah itu
dengan jalan masing-masing. Siapkah kamu bergabung dengan kelompok wirausaha
UKM sukses ini?. Atau masih terkendala dengan masalah modal?
Sumber :
1. Suharyadi,
dkk. 2007. Membangun Usaha Sukses Sejak
Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat
2. www.duitpintar.com
3.
Pengusaha muda (facebook)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar