Maret 12, 2015

Pengalaman Berbisnis Jam Tangan



Shara Wardani
 
       Saat shara wardani ini saya berjualan atau berbisnis jam tangan dari semua merek jam yang ada dipasaran. Dari mulai jam tangan yang asli, kw, hingga yang palsu saya jual. Bisnis ini dimulai tahun 2012, tepat awal saya masuk kulaih semester 1.



        Awal mulannya berbisnis sangat bingung sekali apa yang akan dibisniskan atau dijual. Sempet berjualan bermacam barang dari baju, celana, kerudung sampe sepatu saya coba bisniskan, sampai akhirnya bisnis semua itu ga balik modal. Tapi saya tidak berhenti disitu saja. Meskipun uang sudah habis karena gagal bisnis diawal akhirnya saya mendapatkan ide untuk berjualan tanpa modal. Yup.. berhubung saya ga punya modal sama sekali, dan bingung untuk berbisnis apa, jadi saya sempat berhenti memikirkan sejenak tentang bisnis tersebut.

       Pada saat itu saya sedang mencari jam tangan untuk kado ulang tahun pacar saya, berhubung saya malas untuk keluar rumah jadi saya berinisiatif mencari jam tangan secara online saja. Dan kebetulan sekali tetangga saya sendiri yang berjualan jam tangan, setelah melihat-lihat gambar semua jam tangan, saya suka dengan salah satu jam tangan yang dijual oleh tetangga saya tetapi sebelum membeli, saya bertanya Tanya terlebih dahulu. apakah jam itu asli atau tidak? terus keunggulannya apa?, dan sebagainya. tetangga saya sangat ramah untuk menjawab semua pertanyaan saya. Saya pun akhirnya membeli salah satu jam tangan yang dijualnya. Berhubung yang berjualan adalah tetangga saya, jadi saya langsung bisa melihat jam tangannya tanpa perlu memakai ongkir (ongkos kirim).


       Nah, pada saat saya mengambil jam tangan dirumah tetangga saya disanalah saya mendapatkan ilmu dari tetangga saya. Disitu saya melihat sendiri cara kerjanya dia berjualan jam tangan secara online. Dari mulai dia menjawab semua pertanyaan dari pembeli dengan cara yang sangat ramah sampai yang sudah ditanya Tanya dan akhirnya barangnya tidak jadi dibeli oleh orang.



Ini adalah contoh salah satu jam tangan yang saya jual


  
      Dan setelah banyak tau tentang berbisnis online, akhirnya saya tertarik menjadi reseller jam tangan tetangga saya. Saya juga bilang kepada tetangga saya bahwa saya benar benar tidak mempunyai modal tetapi ingin membantu menjualkan jam tangan dia. Waktu saat pertama tetangga saya masih belom mempercayai saya untuk menjualkan jam tangannya sehingga saya hanya dikasih gambar-gambar atau foto dan penjelasan harga,kualitas jam tangannya untuk dipasarkan kebeberapa media social saya seperti facebook,twitter,dll. Sampai pada saat saya memasarkan jam tangan tersebut, dibulan pertama hanya ada 3 orang yang bertanya-tanya tentang jam yang saya jual tetapi dari ketiganya tidak ada yang membeli mereka hanya bertanya Tanya akan jam yang saya pasarkan.


      Saya memang orang yang tidak pantang menyerah, meskipun dibulan pertama sama sekali tidak ada yang membeli jam tangan saya, akhirnya saya berinisiatif untuk mengeprint beberapa gambar jam tangan yang saya jual untuk dipasarkan disekitar kampus atau kepada teman-teman sejurusan saya. Hasilnya ga nyangka banget, dari delapan orang yang saya promosikan, ada 3 orang yang membeli jam tangan saya. Seneng banget rasannya meskipun saya baru menjual 3 jam tangan yang saya promosikan. Dan entah kenapa, sampai sekarang ada saja yang membeli jam tangan saya, entah itu dari yang saya promosikan di facebook, twitter ataupun dari ketemu langsung.


      Setahun berjalan, bisnis jam tangan ini mulai agak menurun lagi tingkat penjualannya. Sehingga saya harus memutar otak bagaimana cara agar bisnis saya tidak berhenti disitu saja. Saya juga dapet pelajaran dari situs-situs online lainnya dimana mereka menjual harga special untuk hari hari tertentu seperti hari valentine, dimana saya menjual jam tangan couple dengan harga buy 1 get 1. Meskipun untung yang saya dapatkan jika saya memberi diskon sudah jelas hanya sedikit laba yang saya dapatkan tetapi hal-hal itu ternyata sangat penting untuk berbisnis. Dimana ketika kita harus melakuakan laba yang sedikit untuk menarik banyaknya pembeli langganan kepada kita. Sehingga sekarang sayapun punya pembeli langganan yang dikarenakan saya mengambil untung yang tidak terlalu banyak yang penting orang lebih memilih membeli jam tangan ditempat kita dari pada membeli diorang lain.


Dan ini bukti salah satu pembeli jam dari hasil penjualan online shop:


 

Saya juga mempunyai trik yang cukup efektif agar penjualan kita tetap terus berjalan. :

  • Harus tetap ramah kepada konsumen, mekipun terkadang konsumen ada yang menyebalkan.

  • Berilah diskon-diskon dihari tertentu agar menarik pembeli

  • Berilah uang-v untuk orang yang membawakan konsumen kepada kita. Terkadang cara yang ketiga ini membuat banyak konsumen yang baru dating untuk membeli produk kita. Dan cara ini sangat menguntungkan kita karna barang kita dibantu untuk dipasarkan.

  • Berilah garansi maximal 3 hari jika ada kerusakan atau hal-hal buruk yang lainnya, agar konsumen tidak kecewa dengan apa yang sudah dibeli. Karna hal itu sering terjadi disaat pengiriman barang.

  • Jangan malu untuk mempromosikan produk kita ke keluarga ataupun teman-teman dekat kita. Dan juga berbicara dengan orang baru untuk mengenali produk kita.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar