Maret 11, 2015

Pengalaman Berbisnis Anime

 Rahmadhani

                Dunia bisnis merupakan suatu kompetensi yang tidak hanya mengandalkan hard skill, karna dalam bisnis akan lebih banyak mengandalkan soft skill dimana soft skill menjadi factor utama suksesnya sebuah bisnis. Hard skill yaitu kemampuan atau keahlian yang kita miliki, sedangkan soft skill adalah managemen diri atau sikap.
                SMP merupakan awal jenjang saya menggeluti bisnis, dimana bisnis tersebut masih terbilang sangat sederhana dan serabutan. Tidak adanya target pendapatan dan tidak pastinya harga jasa yang ditawarkan. Dalam hal ini harga sesuai kehendak konsumen. Bisnis yang saya geluti yaitu dibidang jasa yaitu jasa menggambar wajah nyata seseorang ataupun wajah anime jepang.
                Pensil warna, pulpen, pensil, penghapus menjadi modal sederhana saya dalam menjalani bisnis tersebut. Kebanyakan dari konsumen saya adalah teman teman sekelas saya sendiri dan kebanyakan dari mereka lebih tertarik dengan melukis wajah anime mereka. Karna menurut sebagian dari mereka itu sangatlah unik. Dengan tidak pastinya harga jasa yang di terima, bisnis saya pun paling rendah mendapat upah 10 ribu per gambar.
                Menyiasati hal tersebut saya meningkatkan kualitas jasa saya dengan memberikan bingkai sederhana yang dibuat sendiri  pada setiap gambar yang saya buat. Oleh karena itu pendapatan saya pun bertambah dengan upah 25ribu pergambar. Namun karena permintaan, zaman, dan penawaran tidak seimbang maka saya terpaksa berhenti menggeluti bisnis tersebut pada penghujung akhir semester 1 saya duduk di kelas 1 SMP. Jadi bisnis saya cuma berjalan kurang lebih 6 bulan dengan hasil yang lumayan untuk seukuran anak SMP pada zaman itu.



Dokumentasi Bisnis :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar