Maret 11, 2015

Pengalaman Berbisnis Pembuatan Video


Fifi Fadilastuti

Seperti yang kita ketahui, bisnis adalah bagaimana salah satu cara kita sebagai manusia dalam berinteraksi dengan orang lain. Bisnis merupakan usaha manusia dalam menciptakan suatu kesepakatan usaha antara orang satu dengan orang lainnya.


Begitupun dengan pengalaman bisnis yang pernah saya jalani. Saya memulai usaha ini dimulai ketika saya berada pada bangku kelas X SMA. Berawal dari hobi iseng-iseng yang suka saya lakukan dengan teman-teman saya yaitu fotografi sampai dengan membuat video dengan menyatukan foto-foto yang diambil secara berkelanjutan (stop motion). Bidang usaha yang saya geluti ini memang bukan hanya bisnis saya secara pribadi, namun merupakan bisnis yang saya dan beberapa teman jalani dikarenakan hobi yang sama.
            Awal mula saya menjalani bisnis ini, saya tidak pernah berpikir bahwa hobi yang saya dan teman-teman saya sukai ini akan berujung pada kesempatan bisnis untuk kami, karena pada dasarnya video-video yang kami buat semata-mata hanya untuk kesenangan dan koleksi pribadi. Sampai pada akhirnya ada salah seorang teman yang melihat video hasil karya saya dan teman-teman saya buat, lalu dia pun berminat untuk memakai jasa kami dalam salah satu projectnya membuat video ulang tahun salah seorang temannya dengan menggunakan konsep stop motion.
            Dari situlah perlahan-lahan kesempatan bisnis saya terbuka. Dari mulut ke mulut, dari teman ke teman. Makin kesini ada beberapa teman juga yang akhirnya memakai jasa kami untuk membuat video project dalam kesempatan yang berbeda-beda. Tidak bisa dibilang banyak namun tidak bisa dibilang sedikit juga. Pada saat itu keuntungannya pun tidak seberapa karena tujuan kami pada saat itu adalah mencari pengalaman dalam berbisnis dan hanya sekadar melakukan hobi yang kami sukai. Disamping itu status kami saat itu yang masih sebagai seorang pelajar, dan membuat video-video ini yang agak menyita banyak waktu yang membuat kami harus bisa membagi-bagi waktu. Maka dari itu saat itu kami hanya menerima order yang masih jauh-jauh hari. Agar tidak dikejar deadline.
Pengalaman bisnis saya sebagai jasa pembuatan video ini berakhir ketika saat-saat akan Ujian Nasional kelas XII SMA yang saat itu mengharuskan saya focus untuk belajar terlebih dahulu. Dan memutuskan untuk tidak lagi menerima order pembuatan video.
            Dan hasil karya video saya sebagian pun ada yang saya upload ke youtube ataupun Instagram milik saya pribadi. Sampai saat inipun saya masih suka membuat video-video tersebut meskipun sudah tidak lagi bersama teman-teman saya karena kesibukan masing-masing. Namun saat ini saya tidak lagi membuka jasa pembuatan jasa video ini karena kesibukan yang saya jalani sekarang tidak memungkinkan saya dalam menerima orderan kecuali disaat libur panjang tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar