Oleh:
Talitha Sabrina Riaguza (44223010005)
Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Public Relations
Universitas Mercu Buana
ABSTRAK
Dalam dunia berdagang kita dituntut untuk bisa mengetahui
target pasar yang ingin kita capai, agar usaha yang akan kita kembangkan
menjadi suatu hal yang dapat menjadikan permasalahan menjadi sebuah solusi atas
permintaan konsumen, tentu saja dengan melakuan survei terhadap permintaan
konsumen sehingga para pelaku usaha bisa membuat analisa SWOT untuk menemukan
peluang dalam usaha. sehingga dapat membuat keberlanjutan dalam membuat usaha
yang baru dengan memanfaatkan celah-celah yang tidak di perhatikan oleh para
pesaing sehingga dapat mencari keuntugan dari celah tersebut, kita juga bisa
melakukan kolaborasi dalam melakukan usaha sehingga kerugian yang kita dapat
tidak sepenuhnya di tanggung oleh kita, dengan menemukan cara untuk berinovasi
tandanya kita sudah bisa mengungguli pesaing kita di dunia usaha.
Kata Kunci: Analisa SWOT, Target Audiens, Permintaan Konsumen, Target usaha.
PENDAHULUAN
Di era globalisasi yang semakin berkembang para pelaku
usaha mengembangkan produknya dengan media sosial seperti Tiktok untuk
mempromosikan barang atau jasa yang memungkinkan berbisnis lebih mudah menjangkau
audiens, strategi pemasaran digital sangat efektif untuk mempertahankan dan
memperluas pangsa pasar.
Selain itu, penting untuk memahami bahwa risiko tidak
selalu berarti ancaman, risiko juga dapat mencakup peluang yang dapat
memberikan keuntungan. Oleh karena itu, pendekatan yang proaktif dalam
mengidentifikasi masalah dan mengevaluasi risiko dapat membuka jalan bagi inovasi
dan pertumbuhan yang berkelanjutan.
Artikel ini akan membahas strategi efektif untuk
menemukan peluang berbisnis, mulai dari pemanfaatan media sosial, target usaha,
dan analisa SWOT. Dengan demikian, mengembangkan strategi yang tepat untuk
mengidentifikasi permasalahan adalah langkah awal dalam menemukan dan
memanfaatkan peluang yang ada di pasar.
PERMASALAHAN
1.
Banyaknya
persaingan: Membuat persaingan antar pedagang semakin ketat yang efeknya target
audiens akan terbagi kedalam beberapa kelompok sehingga pendapatan akan menurun
secara bertahap
2.
Kurangnya
Inovasi: Para pelaku usaha tidak berinovasi dalam membuat usaha sehingga para tidak
tertarik dengan usaha yang sama seperti konten yang tidak relevan atau kurng
menarik target audiens, contohnya seperti Coffe Shop yang terlalu dominan
sehingga membuat konsumen bosan
3.
Kurangnya
Interaksi Dua Arah: Beberapa tempat Coffe Shop hanya menggunakan media sosial
untuk komunikasi satu arah, mengurangi peluang membangun hubungan yang lebih
dalam dengan pelanggan.
4. Kurangnya
Riset Pasar: Dengan riset pasar dapat membantu bisnis mengembangkan dan
menyempurnakan ide serta strategi bisnisnya. Riset pasar membantu bisnis
memahami target pasarnya dengan mengumpulkan dan menganalisis data. Mulai proses
mengevaluasi kelayakan layanan atau produk baru melalui riset yang dilakukan
secara langsung dengan calon pelanggan. Riset pasar memungkinkan perusahaan
menentukan target pasarnya dan memperoleh opini serta umpan balik lain dari
konsumen tentang minat mereka terhadap suatu produk atau layanan.
PEMBAHASAN
Para pelaku usaha perlu memiliki strategi yang efektif untuk mengidentifikasi permasalahan dan menemukan peluang baru dalam mengembangkan usahanya dengan menggunakan analisis SWOT:
1.
Kekuatan
(Strengths)
Pelayanan yang ramah dan terlatih dapat menciptakan
pengalaman positif bagi pelanggan,bukan hanya pelayanan tetapi suasana yang
nyaman dapat membuat pelanggan betah berlama-lama, dan dapat mendorong mereka
untuk kembali.
Contohnya, pengalaman dalam bekerja bisa membuat
pelayanan kepada konsumen menjadi kesan yang positif.
2.
Kelemahan
(Weaknesses):
Jika menu terlalu monoton, pelanggan mungkin merasa bosan
dan mencari di tempat lain. Maka dari itu perlu variasi menu yang sedang trend dapat
meningkatkan daya tarik pelanggan
Contohnya, memanfaatkan resep unik untuk memenuhi
tren dapat menarik pelanggan baru.
3.
Peluang
(Opportunities):
Semakin banyaknya pengguna media sosial, ada peluang
besar untuk menjangkau audiens baru dan memperluas pangsa pasar. Dengan menggandeng
influencer dapat membantu memperkenalkan produk kepada audiens yang lebih luas, atau memanfaatkan platform seperti Instagram dan Tiktok untuk mempromosikan
produk dan menarik para pelanggan
Contohnya, membuat iklan yang menarik di media sosial seperti instagram dapat menarik para pengikut untuk berinteraksi.
4.
Ancaman
(Threats):
Banyaknya pelaku usaha di pasar yang sama dapat
menyebabkan persaingan yang sangat ketat, sehingga sulit untuk mempertahankan
pangsa pasar. Tetapi dengan melakukan survei untuk memahami tren dan preferensi
pelanggan, coffee shop dapat menyesuaikan penawaran mereka dengan cepat.
Contohnya, pemantauan tren pasar dapat mencptakan ide
baru untuk di gunakan.
Mahasiswa yang sedang ingin memulai untuk membuka usaha
di haruskan untuk bisa mempelajari analisis SWOT sehingga dapat menentukan
target-target yang ingin di capai tentunya dengan mempertimbangkan permasalahan yang akan datang dengan membuat
analisis SWOT mahasiswa dapat memulai usaha dengan mempelajari strategi-strategi
yang efisien dalam menargetkan konsumen.
Analisis SWOT mampu mengidentifikasi target pasar
sehingga mampu meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam menentukan usaha dagang,
kita juga harus menemukan celah pasar untuk
mengetahui kebutuhan tiap konsumen dan menemukan segmen-segmen pasar
yang terabaikan.
KESIMPULAN
dapat menyusun strategi yang tepat dengan memanfaatkan
kelebihannya, seperti pelayanan yang ramah dan suasana yang nyaman, serta
mengenali kelemahannya, seperti kurangnya variasi menu. Selain itu, menyadari
peluang yang diberikan oleh media sosial dan ancaman yang ditimbulkan oleh
persaingan yang ketat merupakan langkah penting untuk tetap relevan di pasar.
Riset pasar juga merupakan cara penting untuk menemukan peluang bisnis. Melalui riset, para pebisnis dapat memahami potensi yang ada dan mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan. Selain itu, berpikir kritis dan melihat masalah dari berbagai sudut pandang dapat membantu Anda menemukan solusi inovatif dan peluang baru. Secara keseluruhan, kombinasi analisis SWOT, riset pasar, dan pendekatan berpikir kritis memaksimalkan kemampuan Anda untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan peluang yang menguntungkan.
SARAN
1.
Membuat
bisnis harus secara rutin memperbarui dan variasi menu untuk menarik minat
pelanggan dengan menambahkan pilihan minuman baru atau makanan ringan yang
sedang trend.
2. Memanfaatkan
media sosial lebih aktif berinteraksi dengan pelanggan melalui konten yang
menarik dan promosi yang kreatif.
3. Bekerja
sama dengan Influencer dapat membantu memperluas jangkauan pasar dan menarik
perhatian pelanggan baru.
4.
Membangun
komunikasi dua arah dengan pelanggan, baik di media sosial maupun dalam
interaksi langsung di coffee shop, akan membantu membangun hubungan yang lebih
kuat dengan pelanggan
5.
Melakukan
survei untuk memahami tren dan preferensi pelanggan.
DAFTAR PUSTAKA
Yusuf, M. 2023. Analisis peluang usaha cafe menggunakan
analisis SWOT dalam peningkatan ekonomi masyarakat di kecamatan peunaron Aceh
Timur
Darwin. 2022. Beragam Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha
Baru Dengan Mudah dan Tepat
Raeburn, A. 2024. Analisis SWOT: Arti dan cara
menggunakannya (beserta contoh)
Kembar, A. 2024. Cara Melakukan Riset Pasar, Jenis, dan
Contohnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar