Oktober 04, 2024

Strategi Efektif Mengidentifikasi Permasalahan untuk Menemukan Peluang

 

Oleh:

Talitha Sabrina Riaguza (44223010005)

Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Public Relations

Universitas Mercu Buana


ABSTRAK

Dalam dunia berdagang kita dituntut untuk bisa mengetahui target pasar yang ingin kita capai, agar usaha yang akan kita kembangkan menjadi suatu hal yang dapat menjadikan permasalahan menjadi sebuah solusi atas permintaan konsumen, tentu saja dengan melakuan survei terhadap permintaan konsumen sehingga para pelaku usaha bisa membuat analisa SWOT untuk menemukan peluang dalam usaha. sehingga dapat membuat keberlanjutan dalam membuat usaha yang baru dengan memanfaatkan celah-celah yang tidak di perhatikan oleh para pesaing sehingga dapat mencari keuntugan dari celah tersebut, kita juga bisa melakukan kolaborasi dalam melakukan usaha sehingga kerugian yang kita dapat tidak sepenuhnya di tanggung oleh kita, dengan menemukan cara untuk berinovasi tandanya kita sudah bisa mengungguli pesaing kita di dunia usaha.

Kata Kunci: Analisa SWOT, Target Audiens, Permintaan Konsumen, Target usaha.


PENDAHULUAN

Di era globalisasi yang semakin berkembang para pelaku usaha mengembangkan produknya dengan media sosial seperti Tiktok untuk mempromosikan barang atau jasa yang memungkinkan berbisnis lebih mudah menjangkau audiens, strategi pemasaran digital sangat efektif untuk mempertahankan dan memperluas pangsa pasar.

Selain itu, penting untuk memahami bahwa risiko tidak selalu berarti ancaman, risiko juga dapat mencakup peluang yang dapat memberikan keuntungan. Oleh karena itu, pendekatan yang proaktif dalam mengidentifikasi masalah dan mengevaluasi risiko dapat membuka jalan bagi inovasi dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Artikel ini akan membahas strategi efektif untuk menemukan peluang berbisnis, mulai dari pemanfaatan media sosial, target usaha, dan analisa SWOT. Dengan demikian, mengembangkan strategi yang tepat untuk mengidentifikasi permasalahan adalah langkah awal dalam menemukan dan memanfaatkan peluang yang ada di pasar.

 

PERMASALAHAN

1.     Banyaknya persaingan: Membuat persaingan antar pedagang semakin ketat yang efeknya target audiens akan terbagi kedalam beberapa kelompok sehingga pendapatan akan menurun secara bertahap

2.     Kurangnya Inovasi: Para pelaku usaha tidak berinovasi dalam membuat usaha sehingga para   tidak tertarik dengan usaha yang sama seperti konten yang tidak relevan atau kurng menarik target audiens, contohnya seperti Coffe Shop yang terlalu dominan sehingga membuat konsumen bosan

3.     Kurangnya Interaksi Dua Arah: Beberapa tempat Coffe Shop hanya menggunakan media sosial untuk komunikasi satu arah, mengurangi peluang membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan.

4.    Kurangnya Riset Pasar: Dengan riset pasar dapat membantu bisnis mengembangkan dan menyempurnakan ide serta strategi bisnisnya. Riset pasar membantu bisnis memahami target pasarnya dengan mengumpulkan dan menganalisis data. Mulai proses mengevaluasi kelayakan layanan atau produk baru melalui riset yang dilakukan secara langsung dengan calon pelanggan. Riset pasar memungkinkan perusahaan menentukan target pasarnya dan memperoleh opini serta umpan balik lain dari konsumen tentang minat mereka terhadap suatu produk atau layanan.

 

PEMBAHASAN

Para pelaku usaha perlu memiliki strategi yang efektif untuk mengidentifikasi permasalahan dan menemukan peluang baru dalam mengembangkan usahanya dengan menggunakan analisis SWOT:

1.     Kekuatan (Strengths)

Pelayanan yang ramah dan terlatih dapat menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan,bukan hanya pelayanan tetapi suasana yang nyaman dapat membuat pelanggan betah berlama-lama, dan dapat mendorong mereka untuk kembali.

Contohnya, pengalaman dalam bekerja bisa membuat pelayanan kepada konsumen menjadi kesan yang positif.

2.     Kelemahan (Weaknesses):

Jika menu terlalu monoton, pelanggan mungkin merasa bosan dan mencari di tempat lain. Maka dari itu perlu variasi menu yang sedang trend dapat meningkatkan daya tarik pelanggan

Contohnya,  memanfaatkan resep unik untuk memenuhi tren dapat menarik pelanggan baru.

3.     Peluang (Opportunities):

Semakin banyaknya pengguna media sosial, ada peluang besar untuk menjangkau audiens baru dan memperluas pangsa pasar. Dengan menggandeng influencer dapat membantu memperkenalkan produk kepada audiens yang lebih luas, atau memanfaatkan platform seperti Instagram dan Tiktok untuk mempromosikan produk dan menarik para pelanggan

Contohnya, membuat iklan yang menarik di media sosial seperti instagram dapat menarik para pengikut untuk berinteraksi.

4.     Ancaman (Threats):

Banyaknya pelaku usaha di pasar yang sama dapat menyebabkan persaingan yang sangat ketat, sehingga sulit untuk mempertahankan pangsa pasar. Tetapi dengan melakukan survei untuk memahami tren dan preferensi pelanggan, coffee shop dapat menyesuaikan penawaran mereka dengan cepat.

Contohnya, pemantauan tren pasar dapat mencptakan ide baru untuk di gunakan.

Mahasiswa yang sedang ingin memulai untuk membuka usaha di haruskan untuk bisa mempelajari analisis SWOT sehingga dapat menentukan target-target yang ingin di capai tentunya dengan mempertimbangkan  permasalahan yang akan datang dengan membuat analisis SWOT mahasiswa dapat memulai usaha dengan mempelajari strategi-strategi yang efisien dalam menargetkan konsumen.

Analisis SWOT mampu mengidentifikasi target pasar sehingga mampu meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam menentukan usaha dagang, kita juga harus menemukan celah pasar untuk  mengetahui kebutuhan tiap konsumen dan menemukan segmen-segmen pasar yang terabaikan.


KESIMPULAN

dapat menyusun strategi yang tepat dengan memanfaatkan kelebihannya, seperti pelayanan yang ramah dan suasana yang nyaman, serta mengenali kelemahannya, seperti kurangnya variasi menu. Selain itu, menyadari peluang yang diberikan oleh media sosial dan ancaman yang ditimbulkan oleh persaingan yang ketat merupakan langkah penting untuk tetap relevan di pasar.

Riset pasar juga merupakan cara penting untuk menemukan peluang bisnis. Melalui riset, para pebisnis dapat memahami potensi yang ada dan mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan. Selain itu, berpikir kritis dan melihat masalah dari berbagai sudut pandang dapat membantu Anda menemukan solusi inovatif dan peluang baru. Secara keseluruhan, kombinasi  analisis SWOT, riset pasar, dan pendekatan berpikir kritis  memaksimalkan kemampuan Anda untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan peluang yang menguntungkan.


SARAN

1.     Membuat bisnis harus secara rutin memperbarui dan variasi menu untuk menarik minat pelanggan dengan menambahkan pilihan minuman baru atau makanan ringan yang sedang trend.

2.    Memanfaatkan media sosial lebih aktif berinteraksi dengan pelanggan melalui konten yang menarik dan promosi yang kreatif.

3.  Bekerja sama dengan Influencer dapat membantu memperluas jangkauan pasar dan menarik perhatian pelanggan baru.

4.     Membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan, baik di media sosial maupun dalam interaksi langsung di coffee shop, akan membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan

5.     Melakukan survei untuk memahami tren dan preferensi pelanggan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Yusuf, M. 2023. Analisis peluang usaha cafe menggunakan analisis SWOT dalam peningkatan ekonomi masyarakat di kecamatan peunaron Aceh Timur

Darwin. 2022. Beragam Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha Baru Dengan Mudah dan Tepat

Raeburn, A. 2024. Analisis SWOT: Arti dan cara menggunakannya (beserta contoh)

Kembar, A. 2024. Cara Melakukan Riset Pasar, Jenis, dan Contohnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar