Oktober 05, 2024

Mengasah Pola Pikir Entrepreneur: Kunci Sukses di Dunia Bisnis

Oleh : 
(AB01) Riskih Joelast Saputra (41223010017)
Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana



Abstrak:

    Sebagai manusia, tentu kita semua memiliki impian untuk menjadi seorang enterpreuneur sukses, menjadi seseorang yang memiliki daya value tinggi dengan cara berwirausaha dengan memaksimalkan apa yang kita punya. di indonesia, tingkat kewirausahaan masih sangat rendah, hanya berkisar 3,47% dari 270juta. mereka yang menjadi seorang enterpreneur pasti memiliki pola pikir yang berbeda dari orang biasa, ciri ciri yang berbeda membuat seorang wirausaha menjadi sesuati yang spesial dan dapat dijadikan sebagai pemimpin suatu kelompok karena mindset atau pola pikir enterpreneur yang mereka miliki sehingga dapat dipercaya orang lain.

Kata Kunci : Wirausaha, Ciri-ciri enterpreneur, tingkat wirausaha di indonesia, mindset enterpreneur



Pendahuluan 

    Manusia adalah makhluk sosial, seluruh manusia yang hidup di bumi tentu saja memiliki perbedaan dari pola pikir dan kehidupan, tanpa disadari kita sebagai manusia memiliki kelebihan dalam diri yang harus didalami dan diperjuangkan, memulai kehidupan dengan mimpi dan cita cita dari apa yang kita inginkan. sebagian besar manusia pasti memiliki rasa keinginan untuk menjadi seorang enterpreneur atau sebagai pengusaha. mulai dari yang muda, hingga yang tua pasti banyak yang ingin hidup mandiri dengan cara berwirausaha untuk melanjutkan kehidupan demi kelayakan hidup, dan beberapa tipe manusia ingin menjadi wirausaha dengan maksud atau tujuan yaitu untuk membantu perekonomian wilayah sekitar agar wilayah tersebut menjadi maju dan ekonominya tercukupi. Tentu saja mereka yang ingin memulai kehidupan sebagai wirausahawan haruslah memiliki mindset enterpreneur.

    Namun sangat disayangkan, rasio kewirausahaan di Indonesia saat ini masih sangat rendah, yaitu 3,47% dari total penduduk Indonesia. Jumlah ini masih kalah dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Di Singapura rasio wirausahanya sudah mencapai 8,76%, di Thailand 4,26%, dan Malaysia mencapai 4,74%. Rasio 3.4% di atas berarti dari total jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa, Indonesia hanya memiliki 9.3 juta jiwa yang menjadi pengusaha. Untuk mencapai angka 14%, Indonesia membutuhkan sekitar 37.8 juta jiwa yang menjadi entrepreneur. Setiap orang harus memiliki jiwa dan pola pikir enterpreneur sehingga dengan jiwa dan pola pikir tersebut maka perekonomian suatu negara bisa menjadi maju. pada artikel ini, penulis akan menjelaskan dan membahas mengenai pola pikir yang harus ada pada seseorang interpreneur sebagai kunci sukses di dunia bisnis.


Permasalahan

    Menurut Sadono Sukirno (1994), pengangguran adalah suatukeadaan di mana seseorang yang tergolong dalam angkatan kerja ingin mendapatkan pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya. Di indonesia, tidak sedikit anak muda yang baru lulus dalam dunia pendidikan sulit untuk mencari lowongan pekerjaan. Jumlah angkatan kerja berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Februari 2024 sebanyak 149,38 juta orang, naik 2,76 juta orang dibanding Februari 2023. Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) naik sebesar 0,50 persen poin dibanding Februari 2023. Ada beberapa sebab yang menjadikan seseorang tidak mendapat pekerjaan dan tidak bisa menciptakan pekerjaan, diantaranya yaitu :
  1. banyak orang yang tidak bisa menghadapi rasa malas, 
  2. tidak berani mengambil resiko untuk suatu hal dihadapannya,
  3. dan yang paling utama adalah ketidakpunyaan mindset enterpreneur, karena mindset enterpreneur seharusnya membuat seseorang secara pribadi memiliki semangat dalam menjalani hidup, termasuk bekerja. 
    Semakin banyak pengangguran di suatu negara menyebabkan kemunduran dalam segi ekonomi, dan sumber daya manusia. tentu saja sebagai anak muda dan mahasiswa, sudah menjadi tugas kita untuk membantu negara dengan cara menjadi enterpreneur dan membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat sekitar agar perekonomian negara kembali membaik, dan demi memajukan sumber daya manusia yang unggul.


Pembahasan

    Pengusaha adalah seseorang yang berani dalam pengambilan keputusan dan siap menanggung resiko
atas keputusannya tersebut, karena mereka yang memiliki jiwa pengusaha/enterpreneur tidaklah berbeda dengan mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan. ada beberapa ciri-ciri seseorang yang memiliki jiwa dan mindset enterpreneur, yaitu :

1. Berorientasi pada solusi

Pola pikir kewirausahaan adalah ulet, banyak ide, dan berorientasi pada solusi. Seorang dengan pola pikir ini adalah seorang pembelajar seumur hidup yang selalu penasaran dengan berbagai hal, kreatif, dan berpikir kritis.

2. Percaya Diri dan Mudah beradaptasi

Pola pikir kewirausahaan dapat menerima berbagai perubahan yang seringkali tidak diajarkan dalam manajemen. Ketika perubahan terjadi, maka seorang entrepreneur akan dapat tetap berfokus pada misi yang ia bawa. Dengan kemampuannya beradaptasi dan percaya diri, entrepreneur dapat selalu sigap dalam mencari solusi di tengah badai perubahan yang seringkali terjadi. Ia tak takut perubahan, melainkan melihatnya sebagai peluang untuk menciptakan nilai baru yang jauh lebih bernilai dan solutif.

3. Pantang Menyerah dan Pro-Aktif

Kehidupan seorang pengusaha tentu tidak akan selalu manis dan berhasil, ada beberapa sebab yang membuat usaha mereka terkadang kurang maksimal, namun hal tersebut merupakan hanya hal kecil yang tidak perlu ditakutkan, karena enterpreneur memiliki prinsip pantang menyerah dalam menjalankan bisnis yang mereka jalani. Rasa semangat dan kerja keras dalam menjalani setiap bisnis yang mereka ciptakan membuat jalan kesuksesan semakin dekat.

4. Kreatif dan Inovatif

ide kreatif dan inovatif harus ada dalam jiwa seorang enterpreneur, karena setiap bisnis yang mereka jalani harus sesuai dengan perkembangan zaman, harus beradaptasi dengan zaman yang sedang dijalani dan zaman yang akan datang.

    Pengasalahan pola pikir seorang enterpreneur harus dilakukan dengan diawali oleh kedisiplinan dan melakukan semua yang disebutkan dalam ciri ciri agar pola pikir sebagai wirausaha terbentuk dan dapat selalu diasah agar hal tersebut menjadi suatu kunci sukses dalam dunia bisnis.

Kesimpulan

    Kewirausahaan memegang peranan penting dalam memperbaiki perekonomian dan mengurangi pengangguran di Indonesia. Meskipun banyak orang memiliki keinginan untuk menjadi wirausaha, rasio kewirausahaan di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu 3,47%, jauh di bawah negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Salah satu penyebab rendahnya rasio ini adalah kurangnya mindset kewirausahaan di kalangan masyarakat, terutama anak muda. Penting bagi individu memiliki pola pikir enterpreneur yang berorientasi pada solusi, mudah beradaptasi, pantang menyerah, serta kreatif dan inovatif. Dengan meningkatkan jumlah wirausaha, Indonesia bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja, mengurangi pengangguran, dan memajukan perekonomian. Pola pikir yang baik adalah langkah utama dalam menjalankan sebuah bisnis bagi seorang enterpreneur dan menjadi kunci kesuksesan untuk menjadi seorang enterpreneur.

Saran

    Sebagai seorang mahasiswa, kita harus menjadi bagian dalam memajukan perekonomian negara dengan cara menjadi seorang enterpreneur. langkah utama dalam proses menjadi seorang pengusaha adalah dengan mengasah pola pikir sebagai enterpreneur, jika telah menumbuhkan jiwa dan pola pikir enterpreneur, seperti pro-aktif, kreatif, inovatif, tidak mudah menyerah, tidak takut mengambil resiko, percaya diri, mudah beradaptasi, maka akan jauh lebih mudah bagi kita sebagai mahasiswa dan anak muda merintis suatu bisnis.

Daftar Pustaka

Agil, Azizi (2022). 
Apa itu Entrepreneur: Definisi, Mindset, Karakteristik, dan Ciri-ciri Entrepreneur. diakses pada 05 Oktober 2024, dari 
https://alumni.hoshizora.org/apa-itu-entrepreneur/

Ummah, Fadhilah (2023). Entrepreneurial Mindset: Pola Pikir dari Para Pengusaha Sukses. diakses pada 05 Oktober 2024, dari https://www.marketeers.com/entrepreneurial-mindset-pola-pikir-dari-para-pengusaha-sukses/

Badan Pusat Statistik (2024). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,82 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 3,04 juta rupiah per bulan. diakses pada 05 Oktober 2024, dari https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/06/2372/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-4-82-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-04-juta-rupiah-per-bulan.html

Binus, University. (2024). Pola Pikir Kewirausahaan: Kunci Meuju Sukses Usaha. diakses pada 05 Oktober 2024. dari https://binus.ac.id/entrepreneur/2024/08/07/pola-pikir-kewirausahaan-kunci-menuju-sukses-usaha/#:~:text=Pola%20Pikir%20Kewirausahaan:%20Kunci%20Menuju%20Sukses%20Usaha.%20Pola%20pikir%20kewirausahaan

Administrator. (2022). Wirausahawan Mapan, Ekonomi Nasional Kuat. diakses pada 05 Oktober 2024. dari https://indonesia.go.id/kategori/perdagangan/4994/wirausahawan-mapan-ekonomi-nasional-kuat?lang=1

Sukirno, Sadono. (1994). "Analisa Pengangguran di Indonesia." Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Volume 1 halaman 86.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar