Oleh
:
Debi
kurniawan ( @S07-DEBI )
Abstrak:
Dalam
artikel ini, penulis akan mencoba mengembangkan sebuah pemikiran dimana kita
dituntut untuk dapat mengetahui dan mengimplementasikan pemikiran individu
terkait kreativitas dan inovasi dalam menjalani usaha yang dapat dilakukan.
Pemanfaatan perangkat teknologi yang ada saat ini dapat mendorong setiap orang
dalam menciptakan kreatifitas dan inovas
bagi setiap individu. Oleh karena itu pentingnya kreatifitas dan inovasi
menjadi factor penting dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 seperti saat
ini.
Kata
Kunci : Membangun Kreatifitas dan Inovasi,
Pemanfaatan Teknologi, Pandemi.
PENDAHULUAN.
Pandemi
Covid-19 menjadi sebuah situasi dimana para pelaku usaha dituntut untuk lebih
bisa menunjukkan kreativitas yang mereka miliki dalam membangun sebuah inovasi
dalam bidang usaha yang mereka jalani untuk lebih dapat mengembangkan
bisnisnya, atau hanya sekedar bertahan dari lesu nya perekonomian yang terjadi.
Kreatifitas menjadi hal yang sangat penting dimasa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini, dimana pelaku usaha dapat lebih banyak memanfaatkan teknologi-teknologi yang ada dalam pengembangan bisnis mereka.
Pemanfaatan teknologi tentu dapat menjadi salah satu alternatif pengembangan inovasi dalam bisnis, dimana saat pendemi Covid-19 seperti sekarang ini, pemanfaatan tersebut dapat juga menjadi peluang usaha yang menjanjikan.
Dalam membangun dan mengembangkan kreatifitas dan inovasi bisnis, dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak dalam mendukung pembangunan dan pengembangan tersebut. Hal ini juga tentu dapat didorong dengan semangat berwirausaha, didukung dengan pemahaman dan kemampuan dalam menciptakan ide-ide bisnis yang menjadi tujuan inovasi dalam bisnis setiap individu pelaku usaha. Hal ini menjadi sangat penting dalam penerapannya, dimana sinergi antar lini sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam memaksimalkan kemampuan bisnis yang dijalankan.
PEMBAHASAN
1. Pengertian Kreativitas
Adapun
menurut Semiwan (1997) kreatifitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Ø Hal-hal
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas diantaranya :
a. Memiliki semangat dalam menambah pengetahuan atau ilmu yang baru
Penting
bagi seorang pelaku usaha untuk menambah dan mempelajari hal-hal baru, sebagai
bentuk penambahan wawasan dan pengetahuan dalam bisnis yang dijalani. Hal yang
paling mudah dilakukan adalah dengan membaca, bertukar pengalaman dengan orang
lain, atau mengikuti pelatihan dan sejenisnya.
Dengan
meningkatkan kemampuan terhadap bidang
usaha yang sedang dijalankan dalam kondisi sekarang, pelatihan secara online atau virtual, menjadi
salah satu pilihan yang tepat bagi para
pelaku usaha sehingga kreatifitas dalam membangun dapat tercipta dan berjalan
dengan baik.
b. Jangan takut untuk bereksperimen.
Inovasi
dan ide-ide baru yang cemerlang tidak akan dapat menghasilkan jika kita takut
akan sebuah kegagalan, penting bagi pelaku usaha untuk mencoba
eksperimen-eksperiman kecil sebagai bentuk usaha membangun kreatifitas yang
mampu membuka peluang kita belajar dari kesalahan yang terjadi dan memacu
semangat untuk terus berekplorasi Kembali.
c. Jalin relasi dengan orang-orang kreatif.
Bargaul
dan menjalin relasi dengan orang-orang kreatif , memiliki latar belakang yang
sama, tentu dapat menjadi sarana yang tepat dalam meningkatkan kreatifitas,
yang tentu tetap dengan memeperhatikan kondisi yang terjadi seperti saat ini,
dengan memanfaatkan jejaring sosial yang anda miliki tentu anda masih dapat
menjalin komunikasi dalam menggali dan menuangkan ide-ide, bertukar pikiran,
atau mendapatkan kritik dan saran, sehingga gagasan baru dapat tercipta.
d. Peka terhadap Lingkunga sekitar.
Dengan
terbiasa peka dan memperhatikan secara detail lingkungan sekitar, anda dapat
menjadikan hal-hal yang anda lihat, dengan dan rasakan sebagai proses
mengembangkan kreatifitas pada diri anda.
e. Siapkan Catatan kecil.
Mempersiapkan catatan kecil sebagai media untuk menampung ide-ide atau gagasan yang secara spontan anda dapatkan, sehingga ketika anda lupa terkait ide tersebut anda dapat kembali melihat dan mulai mengembangkan gagasan tersebut.
2. Pengertian
Inovasi
Menurut
UU No. 19 Tahun 2002, Inovasi adalah penelitian, pengembangan, dan atau
perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan
praktis dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada kedalam produk atau
proses produksinya.
Menurut
Stephen Robbins, Inovasi adalah sebuah gagasan baru yang diterapkan
untuk memprakarsai atau memperbarui
suatu pproduk atau proses dan jasa.
Menurut Sa’ud (2004), Inovasi adalah pilihan kreati, pengaturan dan seperangkat manusia dan sumber-sumber material baru atau menggunakan cara unik yang akan menghasilkan peningkatan pencapaian tujuan yang diharapkan.
Ø Ciri-ciri
inovasi diantaranya :
a. Merupakan ide Baru, yang artinya gagasan yang diuraikan memang benar-benar baru dan belum pernah digunakan oleh siapapun, atau pernah digunakan orang lain tapi akan diadopsikan terhadap produk yang akan kita buat karena dianggap sebagai solusi yang cocok terhadapa produk yang kita buat.
b. Memiliki ciri Khas, yang berarti produk yang kita buat nantinya akan memiliki ciri khas tersendiri sehingga nilai khas itu dapat menjadi pembeda produk yang kita buat.
c. Dilakukan secara Terencana, artinya inovasi dilakukan melalui proses yang sudah dipersiapkan dengan matang, jelas dan tidak tergesa-gesa.
d. Memiliki tujuan yang jelas, yaitu pasti mengacu pada ilmu pengetahuan yang jelas dalam menitikberatkan pada objek dan subjek dalam pengembangan produk tersebut.
Ø Manfaat yang diperoleh dalam melakukan Inovasi diantaranya :
1. Memecahkan masalah, yaitu ide baru tersebut menjadi sebuah solusi dalam penyelesaian masalah yang terjadi.
2. Menciptakan Kualitas yang unik, artinya setiap produk yang dibuat memiliki kualitas keunikan tersendiri, sehingga perbedaan dapat terlihat secara jelas.
3. Meningkatkan produktivitas, dengan melakukan inovasi terhadap proses produksi yang berjalan, diharapkan dampak yang terjadi, akan menjadi lebih baik sehingga peningkatan produktivitas dapat berjalan dengan baik pula.
4. Tangguh, Penyesuaian diri dengan masalah baru tentu akan membuat seorang innovator dapat menjadi lebih Tangguh dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul.
3. Pentingnya
Membangun Kreativitas Dan Inovasi Bagi
Aktivitas Bisnis.
Pola
pikir seseorang yang memiliki
kepribadian kreatif adalah terbuka dan luas (out of the box), tidaklah muncul
secara instan, akan tetapi muncul melalui suatu proses yang berkesinambungan.
Graham Wallas, dalam bukaunya “ The Art of Thought’, menyatakan bahwa proses kreatif meliputi 4 tahapan, diantaranya:
a. Tahap Persiapan.
Mengumpulkan
data / informasi, mempelajari pola berpikir dari orang lain dan bertanya pada
orang lain, dapat menjadi persiapan pelaku usaha dalam memcahkan masalah.
b. Tahap Inkubasi.
Yaitu
Individu melepaskan diri untuk sementara dari masalah tersebut, ia tidak
memikirkan msalah tersebut secara sadar, tapi “mengeramkannya” pada alam pra
sadar .
c. Tahap Iluminasi.
Merupakan
tahap timbulnya “Insight” atau “ aha erlebnis” yaitu saat munculnya inspirasi
atau gagasan baru.
d. Tahap verifikasi.
Merupakan tahap pengujian trhadap ide atau kreasi baru yang sedang dikembangkan terhadap realitas sesungguhnya. Hal ini memerlukan pemikiran kritis dan konvergen. Proses divergensi (pemikiran kreatif) harus selalu diikuti oleh proses konvergensi (pemikiran kritis).
Kreativitas dan inovasi memiliki peranan penting dalam aktivitas bisnis . Persaingan yang ketat didalamnya, mendorong pelaku usaha untuk memiliki jiwa kreativitas yang tinggi dengan dilandasi dengan cara berfikir yang maju, gagasan atau ide baru dan berbeda dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya. Apalagi disaat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, diperlukan tindakan ekstra dalam mengimplementasikan nilai kreativitas dan inovasi dari bisnis yang sedang dijalani, Sehingga apa yang menjadi tujuan bisnis tersebut dapat tercapai secara maksimal.
KESIMPULAN
Kreatifitas
sangatlah dibutuhkan dalam berwiarusaha, dimana seorang pelaku usaha tanpa
didukung dengan kemampuan tersebut, tentu akan menghasilkan kriteria produk
yang belum dapat memuaskan konsumen. Hal yang paling penting dalam aktivitas
bisnis adalah bagaimana membagun kreativitas dalam bisnis mereka sehingga
memunculkan inovasi-inovasi secara terbuka dan luas (“out of the box”).
Pandemi
Covid-19 dapat dilihat sebagai momentum hadirnya kreativitas dan inovasi dalam
setiap aktivitas bisnis saat ini. Akan tetapi juga harus didasari pada kuatnya
dorongan dan semangat masing-masing indivdu wirausaha dalam melakukan berbagai
terobosan inovasi sebagai bentuk kreativitas pada aktivitas bisnis di saat
pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini.
Inovasi dalam aktivitas bisnis diharapkan mampu menjawab tantangan perubahan yang terjadi saat ini, dimana banyak terjadi perubahan daik didalam perilaku konsumen, atau perilaku industry atau bisnis itu sendiri. Sehingga industry dapat tetap bersaing dan meciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi.
REFERENSI
Modul 5, Kewirausahaan 2, Teori dan Konsep
kebaruan yang relevan,Literasi dan Update, Kreatifitas dan Inovasi, Menggali
Potensi tersembunyi dan Proteksi gagasan, Oleh Amalia Dessy N,.
https://www.akun.biz/tips-bisnis/pentingnya-kreativitas-dan-inovasi-dalam-berbisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar