KONDISI COVID-19 SAAT INI DENGAN
INDUSTRI KREATIF
Disusun Oleh :
Aziz Ramadhan
(@S11-AZIZ)
BAB I
PENDAHULUAN
Berbagai aktivitas pada sektor bisnis, secara global mengalami penurunan akibat pandemi Covid19. Kondisi tersebut juga mempengaruhi manajemen hingga sampai ke konsumen untuk meningkatkan efisiensi operasional, profitabilitas, dan posisi kompetitif perusahaan serta mitra disebut sebagai managemen rantai pasok Kegiatan industri harus tetap berlangsung dan dapat memberikan nilai tambah (value), sehingga menghasilkan kinerja rantai pasok tetap berjalan secara lancar.
Sangat penting bagi industri untuk mencari strategi baru mengenai manajemen rantai pasokan untuk bertahan dalam iklim bisnis yang kompetitif dan berubah-ubah saat ini Sektor perekonomian pada mall dan pusat perbelanjaan mengalami penurunan daya beli masyarakat akibat Pandemi COVID-19.
BAB
II
PEMBAHASAN
Industri kreatif dalam
kehidupan yang dinamis dan penuh perubahan ini, kreativitas sangat diperlukan
untuk terus bisa berinovasi dan belajar. Lewat kreativitas, dihasilkan berbagai
macam produk dan jasa baru yang meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup
manusia. Secara umum, industri kreatif adalah kategori usaha yang disematkan
untuk usaha-usaha yang menjual produk kreativitas. Besarnya kontribusi industri
ini membuat Pemerintah Indonesia mulai
menaruh perhatian khusus kepada industri kreatif.
Menurut
Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), industri
kreatif atau yang dikenal dengan istilah ekonomi kreatif (ekraf) merupakan
salah satu sektor strategis yang memberikan kontribusi signifikan terhadap
perekonomian Indonesia. Industri yang lahir dari kreativitas individu ini
kemudian kembali melahirkan banyak
peluang lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di
sekitarnya. Pendapatan Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif yang diperoleh pada
2016 adalah sebesar 922,59 triliun rupiah.
Manfaat
Industri Kreatif
Tahun 2018
tercatat bahwa industri/ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 7,44%
terhadap total perekonomian nasional Indonesia. Selain bermanfaat bagi
pemasukan ekonomi negara, industri ini
juga menjadi wadah untuk menumbuhkembangkan kreativitas bagi pendiri bisnis dan
juga pekerjanya, Industri kreatif dapat menjadi solusi bagi banyaknya jumlah
tenaga kerja usia produktif di Indonesia, industri ini bila dikembangkan mampu
mengurangi tingkat pengangguran di indonesia.
Industri
kreatif berperan cukup signifikan bagi perekonomian Indonesia. Dibuktikan
dengan berdirinya Bekraf yang menaungi ekonomi kreatif di Indonesia. Pemerintah
menaruh perhatian khusus sehingga banyak kebijakan dibuat untuk mendorong
pertumbuhan industri kreatif. Dampak positifnya bagi Indonesia membuat banyak
negara juga mulai melirik industri ini
Contoh
Industri Kreatif
Secara umum, tujuan dari industri kreatif ialah
menghasilkan sebuah karya kreatif yang bernilai ekonomi tinggi. Jika diambil
dari penjelasan mengenai sektor-sektor industri kreatif sebelumnya, dapat
ditarik beberapa contoh untuk menjelaskan industri kreatif. Misalnya untuk
subsektor fotografi dan videografi, profesi sebagai youtuber dan selebgram
(selebriti Instagram) sedang digandrungi oleh banyak orang mulai dari anak
kecil hingga orang tua. Menjadi seorang selebgram dan youtuber memerlukan kreatifitas yang tinggi dalam hal
pembuatan konten agar dapat menarik minat masyarakat.
Selain
selebgram dan youtuber, subsektor kuliner juga bertumbuh pesat. Banyak ide-ide
makanan baru yang diminati masyarakat. Sebut saja jajanan tradisional odading
atau roti bantal, klepon, peach gum, pisang nugget, dan sebagainya.
Kebijakan
Pemerintah terkait Industri Kreatif
Potensi
besar dari industri kreatif membuat pemerintah perlu untuk mendukung
efektivitas pertumbuhan industri ini. Beberapa kebijakan ekonomi yang
diterapkan pemerintah, antara lain:
1.
Integrasi Aset dan Potensi
Lewat
integrasi ini, pengelolaan aset yang maksimal ditambah dengan potensi kreatif
yang dimiliki setiap individu dapat menjadi sumber permodalan yang menjanjikan
bagi industri kreatif.
2.
Meningkatkan kreativitas dan inovasi
Salah satu
kendala dalam mewujudkan ide kreatif adalah modal. Pemerintah menyediakan
permodalan dan fasilitas untuk menyalurkan ide bernilai ekonomi. Ide kreatif
dan inovasi dari masyarakat dapat diolah dengan baik dengan bantuan pemerintah.
Lewat cara ini, persaingan dapat dikontrol dan perselisihan dapat diatasi.
3.
Berdirinya Bekraf
Sebagai
sebuah institusi yang dibentuk presiden yang tujuan utamanya untuk menjadi
wadah, jembatan, dan fasilitator untuk mengelola ide-ide kreatif. Institusi ini
diharapkan mampu mengarahkan pertumbuhan ekonomi lewat pengembangan ide-ide
baru yang bernilai ekonomi tinggi.
4.
Mendukung Kreativitas Masyarakat lewat Regulasi
Agar
berjalan dengan baik, kreativitas masyarakat harus senantiasa diregulasi.
Regulasi juga mengontrol persaingan antara pelaku industri kreatif. Contoh
pemerintah mengeluarkan kebijakan yang melindungi hak cipta dan hak intelektual
karena kreativitas merupakan aset/komoditi ekonomi yang bisa diperjualbelikan.
Faktor
yang Mempengaruhi
Setiap
tahun, nilai pertumbuhan dan kontribusi industri kreatif/ekraf terus meningkat.
Penasaran apa saja faktor yang melatarbelakangi pertumbuhan industri ini?
1.
Kreativitas
Tentu saja
sesuai dengan namanya, yang paling dibutuhkan dan berperan besar dalam industri
ini adalah kreativitas. Mayoritas pelaku industri kreatif yang merupakan anak
muda memiliki potensi dan kreativitas besar tanpa batas sehingga mendorong
pertumbuhan industri kreatif Indonesia.
2.
Kemajuan Teknologi
Bagi
pelaku industri kreatif menengah, kemajuan teknologi berperan besar dalam
mendukung industri kreatif.
3.
Media Sosial
Dari
kemajuan teknologi, muncul media sosial yang pertumbuhan dan perannya
memberikan potensi dan peluang besar bagi pelaku bisnis khususnya pelaku
industri kreatif. Tidak diperlukannya modal besar, biaya tambahan untuk biaya
sewa tempat menjual, memudahkan pelaku industri kreatif kecil-menengah.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Kreatifitas yang dihasilkan harus dapat membuka lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, industri ini harus dikembangkan, sebagai salah satu penopang perekonomian Indonesia.
DAFTAR
PUSTAKA
3. Akhmad,
Sabarudin; Hidayat, Rachmad. 2015. Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan
Madura. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar