Sejarah Perusahaan
Sejarah
Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu
bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Pada awalnya Bank Rakyat
Indonesia (BRI) didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria
Wirjaatmadja dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche
Hoofden atau "Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto",
suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia
(pribumi). Lembaga tersebut berdiri tanggal 16 Desember 1895, yang kemudian
dijadikan sebagai hari kelahiran BRI.
Pada periode setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan
Pemerintah No. 1 tahun 1946 Pasal 1 disebutkan bahwa BRI adalah sebagai Bank
Pemerintah pertama di Republik Indonesia. Dalam masa perang mempertahankan
kemerdekaan pada tahun 1948, kegiatan BRI sempat terhenti untuk sementara waktu
dan baru mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville pada tahun 1949 dengan
berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Pada waktu itu melalui
PERPU No. 41 tahun 1960 dibentuklah Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) yang
merupakan peleburan dari BRI, Bank Tani Nelayan dan Nederlandsche Maatschappij
(NHM). Kemudian berdasarkan Penetapan Presiden (Penpres) No. 9 tahun 1965, BKTN
diintegrasikan ke dalam Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan
Koperasi Tani dan Nelayan.
Setelah berjalan selama satu bulan, keluar Penpres No. 17
tahun 1965 tentang pembentukan bank tunggal dengan nama Bank Negara Indonesia.
Dalam ketentuan baru itu, Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani dan Nelayan (eks
BKTN) diintegrasikan dengan nama Bank Negara Indonesia unit II bidang Rural,
sedangkan NHM menjadi Bank Negara Indonesia unit II bidang Ekspor Impor (Exim).
Berdasarkan Undang-Undang No. 14 tahun 1967 tentang
Undang-undang Pokok Perbankan dan Undang-undang No. 13 tahun 1968 tentang
Undang-undang Bank Sentral, yang intinya mengembalikan fungsi Bank Indonesia
sebagai Bank Sentral dan Bank Negara Indonesia Unit II Bidang Rular dan Ekspor
Impor dipisahkan masing-masing menjadi dua Bank yaitu Bank Rakyat Indonesia dan
Bank Ekspor Impor Indonesia. Selanjutnya berdasarkan Undang-undang No. 21 tahun
1968 menetapkan kembali tugas-tugas pokok BRI sebagai bank umum.
Sejak 1 Agustus 1992 berdasarkan Undang-Undang Perbankan No.
7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992 status BRI berubah
menjadi perseroan terbatas. Kepemilikan BRI saat itu masih 100% di tangan
Pemerintah Republik Indonesia. Pada tahun 2003, Pemerintah Indonesia memutuskan
untuk menjual 30% saham bank ini, sehingga menjadi perusahaan publik dengan
nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., yang masih digunakan
sampai dengan saat ini.
Visi BRI
Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
.
Misi BRI
Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dan teknologi informasi yang handal dengan melaksanakan manajemen risiko serta praktek Good Corporate Governance (GCG) yang sangat baik.
Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders).
Produk, Layanan, & Privileges
Layanan
BRI Prioritas mempersembahkan sebuah layanan perbankan
istimewa dan menyeluruh untuk anda sebagai Pribadi Terpilih. Sebagai Pribadi
Terpilih, kami mengundang Anda untuk menikmati fasilitas dan layanan eksklusif
BRI Prioritas, mulai dari layanan dan solusi perbankan dengan konsep one
stop service, hingga pengelolaan kekayaan (wealth management) secara
menyeluruh dan eksklusif dari Priority Banking Officer profesional
dan bersertifikasi.
Anda pun dapat melaksanakan berbagai transaksi dengan lebih
mudah, dimana nasabah BRI Prioritas berhak atas jenis transaksi yang dapat
dilayani dengan menggunakan telepon (layanan transaction by
phone*) dan layanan antar jemput uang tunai ke alamat nasabah BRI Prioritas
(pick up service*).
Layanan yang bisa didapatkan oleh nasabah BRI Prioritas
antara lain:
- Konsep One
Stop Banking Services.
- Tenaga
Profesional dari Priority Banking Manager, Priority
Banking Officer &Priority Banking Assistant yang
Bersertifikasi.
- Sentra
Layanan BRI Prioritas yang Exclusive.
- Exclusive
Business Meeting Room Facilities.
- Koneksi WiFi Internet
di Sentra Layanan BRI Prioritas.
- Special
Parking Area.
- Special
Tariff untuk Safe Deposit Box*).
- Call
Center khusus BRI Prioritas (021) 5758899.
- Sentra
Layanan BRI Prioritas dilengkapi dengan 5 konsep area, sebagai berikut:
- Meeter
Greeter Area
- Dealing
Area
- Service
Area
- Parking
Area
- Working
Area.
*) syarat dan ketentuan berlaku.
Produk
Beragam alternatif produk perbankan bisa anda dapatkan, baik
berupa Giro, Deposito, dan Tabungan serta produk Investasi seperti Reksa Dana,
Investasi Rencana Pensiun BRI (DPLK), ORI, SUKUK dan Bancassurance, sehingga
Anda dapat merencanakan pengelolaan finansial secara optimal dan efektif.
Reksa Dana yang dipasarkan melalui BRI yaitu sebagai
berikut:
JENIS REKSA DANA
|
NAMA PRODUK
|
PASAR UANG
|
|
PENDAPATAN TETAP
|
|
CAMPURAN
|
|
SAHAM
|
|
TERPROTEKSI
|
|
Bancassurance yang dipasarkan melalui BRI yaitu sebagai
berikut:
Bancassurance Asuransi Rekanan
a. Provest Saving Plan PT Asuransi Jiwasraya
Definisi : Produk asuransi jenis endowment yang
memberikan manfaat asuransi jiwa
dengan pengembalian pokok dan hasil investasi yang optimum
dan dijamin oleh Jiwasraya.
Provest Saving Plan memiliki masa asuransi selama 5 (lima)
tahun denganGuaranteed Return
sebesar 8.25% gross.
Manfaat Akhir pada Jangka Waktu Investasi :
- Pembayaran
Nilai Tunai kepada Pemegang Polis / Tertanggung sesuai dengan yang
tercantum pada Polis
- Proteksi
Asuransi masih berjalan sampai dengan akhir masa asuransi, besaran Uang
Asuransi yang diterima sebagai berikut :
- Tahun
ke-1, 100% dari Premi
- Tahun
ke-2, 40% dari Premi
- Tahun
ke-3, 30% dari Premi
- Tahun
ke-4, 20% dari Premi
- Tahun
ke-5, 10% dari Premi
Manfaat Meninggal Dunia karena Kecelakaan atau Cacat Tetap
Total karena Kecelakaan :
- Pembayaran
100% (seratus persen) Uang Asuransi kepada Pemegang Polis / Tertanggung
- Pada
akhir jangka waktu investasi dibayarkan nilai tunai sesuai yang tercantum
dalam polis kepada Pemegang Polis / Tertanggung atau Ahli Waris
- Kontrak
Asuransi berakhir
b. Provestara Assurance Link PT Prudential Life
Assurance
Definisi : Produk asuransi jiwa seumur hidup dengan
pembayaran premi secara regular dan dikaitkan dengan investasi jangka panjang.
Manfaat Pertanggungan :
- Meninggal
Normal:
Uang Pertanggungan dan seluruh Nilai Tunai secara sekaligus
- Cacat
Tetap & Total (sebelum usia 60 tahun) :
Maksimal Uang Pertanggungan Rp 2 milyar, dibayarkan dalam 2
tahap :
- Tahap
I : 20% UP + Nilai Tunai
- Tahap
II : 80% UP
- Manfaat
Investasi :
Sesuai dengan perkembangan nilai investasi
c. Provest Investor Link PT Prudential Life Assurance
Definisi : Produk Investasi yang dilengkapi asuransi
seumur hidup dengan pembayaran premi sekaligus.
Manfaat Pertanggungan :
- Meninggal
Normal:
125% dari premi ditambah nilai investasi
- Cacat
Tetap & Total (sebelum usia 60 tahun) :
Maksimal Uang Pertanggungan Rp 2 milyar atau 125% dari premi
tunggal ditambah nilai investasi.
- Manfaat
Investasi :
Sesuai dengan perkembangan nilai investasi
Privileges
Dengan menunjukkan Kartu BRI Prioritas, Anda akan dikenali
sebagai pribadi terpilih dan mendapatkan layanan khusus di Kantor Cabang
(Kanca) dan Kantor Cabang Pembantu (KCP) BRI di seluruh Indonesia.
Berikut beberapa privilege yang diperoleh
nasabah BRI Prioritas:
- BRI Transfer
Lounge dengan one stop service berupa pengurusan
imigrasi,check in dan bagasi di dalam BRI Transfer
Lounge Bandara Soekarno Hatta Terminal 2EF yang berlaku untuk 3
orang.
- Fasilitas Executive
Lounge untuk 2 orang di 29 executive lounge bandara
di Indonesia.
- Lifestyle
Privilege yang akan menunjang gaya hidup anda : private
aircraft dan luxurious car reservation.
- Personal
Travel Assistant yang akan membantu Anda mempersiapkan rencana
perjalanan wisata maupun perjalanan bisnis bersama keluarga/kolega.
- Medical
Concierge Service: kemudahan yang diterima oleh nasabah prioritas
untuk memperoleh informasi perencanaan kesehatan yang terperinci. Adapun
kemudahan yang diperoleh yaitu informasi mengenai spesialis dan rumah
sakit yang tepat, estimasi keuangan, perencanaan perjalanan sampai
pengurusan pendaftaran di rumah sakit domestik dan internasional.
- Exclusive
Medical Evacuation: kemudahan yang diterima oleh nasabah prioritas
dalam layanan pemindahan pasien dari satu tempat ke tempat lain atau
perawatan medis dengan menggunakan ambulance darat atau
alat transportasi udara. Termasuk layanan pendamping medis, peralatan
medis serta obat-obatan.
- Events
Invitation, Nasabah BRI Prioritas akan selalu menjadi undangan VVIPdalam
setiap acara yang diselenggarakan oleh Bank BRI dengan tema :Charity
Event, Intelectual Seminar, Gala Dinner,
Pertunjukan Orkestra, Seminar Ekonomi & Bisnis, Perayaan Hari Raya
Besar.
- Special
Birthday Gift, nasabah BRI Prioritas mendapatkan persembahan hadiah
istimewa di hari ulang tahun .
- Free
annual fee for life BRI Platinum Credit Card.
- TERRASSE Premium
Magazine and 1 year complimentary lifestyle or business
magazine.
- Concierge
Service: cake, gift, flower order & delivery.
- Overseas
Study Planning untuk perencanaan pendidikan ke luar negeri bagi
putra-putri nasabah BRI Prioritas.
- Movie promo
di Blitz, XXI, dan Cinemaxx*
- Penawaran
menarik pada merchants premium
Sumber :
http://prioritybanking.info/bri-prioritas/produk-layanan-privileges/
http://produk-jasa-bank.blogspot.co.id/2012/06/produk-dan-layanan-jasa-bank-bri.html
http://cibay18.blogspot.co.id/2015/02/produk-dan-layanan-bri.html
@B49-Rifa
BalasHapusSemoga artikel yang ditulis dapat diaplikasikan ke dalam bisnis yang sedang dijalankan. Sukses!
@B40-ARIEF
BalasHapusPenjelasan di atas sudah cukup baik dan semoga dapat anda terapkan dalam bisnis anda yg baru atau sedang anda rintis sekarang