·
Sejarah
Berawal
dari sebuah usaha milik keluarga bernama PT. Bank Karman yang didirikan pada
tahun 1969 dan berkedudukan di Surabaya, selanjutnya pada tahun 1992 berubah
nama menjadi PT. Mega Bank dan melakukan relokasi Kantor Pusat ke Jakarta.
Seiring
dengan perkembangannya PT. Mega Bank pada tahun 1996 diambil alih oleh PARA GROUP (PT. Para Global Investindo dan PT.
Para Rekan Investama). Untuk lebih meningkatkan citra PT. Mega Bank, pada bulan
Juni 1997 melakukan perubahan logo dengan tujuan bahwa sebagai lembaga keuangan
kepercayaan masyarakat, akan lebih mudah dikenal melalui logo perusahaan yang
baru tersebut. Dan pada tahun 2000 dilakukan perubahan nama dari PT. Mega Bank
menjadi PT. Bank Mega.
Dalam
rangka memperkuat struktur permodalan maka pada tahun yang sama PT. Bank Mega
melaksanakan Initial Public
Offering danlisted di BEJ maupun BES. Dengan demikian
sebagian saham PT. Bank Mega dimiliki oleh publik dan berubah namanya menjadi
PT. Bank Mega Tbk.
Pada saat
krisis ekonomi, Bank Mega mencuat sebagai salah satu bank yang tidak
terpengaruh oleh krisis dan tumbuh terus tanpa bantuan pemerintah bersama-sama
dengan Citibank, Deutche Bank dan HSBC.
PT. Bank
Mega Tbk. dengan semboyan “Mega
Tujuan Anda” tumbuh dengan
pesat dan terkendali serta menjadi lembaga keuangan ternama yang mampu
disejajarkan dengan bank-bank terkemuka di Asia Pasifik dan telah mendapatkan
berbagai penghargaan dan prestasi baik di tingkat nasional, regional maupun
internasional. Dalam upaya mewujudkan kinerja sesuai dengan nama yang
disandangnya, PT. Bank Mega Tbk. berpegang pada azas profesionalisme,
keterbukaan dan kehati-hatian dengan struktur permodalan yang kuat serta produk
dan fasilitas perbankan terkini.
·
Profil
Atas penilaian kinerja yang telah
dicapai, Bank Mega berhasi meraih beberapa prestasi dan penghargaan baik di
tingkat nasional, regional maupun internasional, antara lain :
- Bank
dengan Pertumbuhan aset Tertinggi se Asia Pasifik versi
majalah Asia Week tahun 1999.
- Bank
Terbaik versi
majalah Swasembada pada tahun 2002 dan 2003.
- Bank
dengan Pelayanan Terbaik(Banking Service Excelence)
berdasarkan survey Marketing Research Indonesia kerjasama dengan majalah
Infobank.
- Emiten
Terbaik untuk
sektor perbankan versi majalah Investor tahun 2003.
- Predikat
Bank yang Sangat Bagus selama 5 tahun berturut – turut versi
majalah Info Bank dari tahun 2001 – 2005.
- Penghargaan
untuk Mega Visa dalam kategori Outstanding Performance dan Volume
Growth Award dari visa internasional pada tahun 2006.
- Kriya
Pranala Award dalam
Linkage Program sebagai “The Best New Comer” dari Bank Indonesia pada
tahun 2006.
- Global
Transaction Service USD Straight Through Processing Award dari Citibank.
- Gold
Medal Quality Crown Award dari Business Initiative Direction yang
berkeudukan di Spanyol.
- Yungky
Setiawan – CEO Bank Mega, salah satu CEO Terbaik versi
majalah Warta Ekonomi.
- Chairul
Tanjung – Komisaris Utama Bank Mega, “Marketer of The Year” versi
The Indonesian Marketing Asscociation bekerjasama dengan Markplus.
- Chairul
Tanjung – Komisaris Utama Bank Mega, salah satu ” Bankers of The
Year”versi majalah Globe Asia.
- Chairul
Tanjung memperoleh Enterpreneur of the Year 2009, Asia Pacific
Enterpreneurship Awards dari Enterprise Asia.
- 10
Besar Bank paling Likuid di Asia dari majalah Globe Asia
- The
Best Domestic Bank Foreign Exchange Services 2009, dari majalah Asia
Money.
- Penghargaan
sebagai Perusahaan Publik dengan kinerja Terbaik di Indonesia atau “Wealth
Added Creator Award 2010” versi majalah SWA, Stern & Co
- Predikat
Bank Dengan Kinerja Sangat Bagus tahun 2009, dengan modal 1 s/d 10 Triliun
Rupiah dari majalah InfoBank.
·
Visi
dan Misi
Visi
Menjadi Kebanggaan Bangsa
Misi
Menciptakan
hubungan baik yang berkesinambungan dengan nasabah melalui pelayanan jasa
keungan dan kemampuan kinerja organisasi terbaik untuk meningkatkan nilai bagi
para pemegang saham
·
Nilai Perusahaan
1.
Kewirausahaan
- Etika
- Kerjasama
- Dinamis
- Komitmen
·
Stategi
Pemasaran
1.
Tumbuh
dengan hasil optimal, resiko minimal dan patuh terhadap ketentuan yang
berlaku.
- Menyelaraskan
sumber daya manusia dan organisasi untuk tujuan perusahaan.
- Kepuasan
untuk nasabah dan masyarakat.
·
Daftar
Pustaka
@B17-FAUZI Saya yakin anda masih dapat mengembangan MindMap lebih bagus lagi. Terimakasih
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus@B12-REZKY, Sebagian besar hasil observasi anda sangat menarik untuk dibaca. Tetapi ada baiknya bila dilengkapi dengan MindMap yang menarik juga. Terima Kasih
BalasHapusb01-vinny
BalasHapusmindmap yang kurang jelas karena tidak adanya penjelasan yang terdapat di mindmap tersebut. dan untuk motto bank mega pun tidak terdapat dalam mindmap yang dibuat
@B38-FERDIKA
BalasHapusMindmap terlalu sederhana dan tanpa penjelasan. Dan apakah 3 sumber sudah cukup?