Oleh: Denna Lerisha
Saya akan share beberapa informasi yang saya dapatkan melalui Kuliah Umum Kewirausahaan tentang Enterpreneurship yang diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana dengan pembicara Narga Shakri Habib.
Nah, Kenapa banyak dari kita ingin menjadi Enterpreneur?
Biasanya Mahasiswa jika ditanya seperti itu maka jawabannya yaitu..
1. Cepat kaya
2. Passion
3. Kemudahan dalam mengatur waktu
4. Ingin Jadi bos untuk diri sendiri
Dalam berbisnis hal yang terpenting yaitu selalu melihat dari Target kita, yaitu:
1. Target Market
Target pasar adalah sekelompok pembeli yang mempunyai sifat-sifat yang sama yang membuat pasar itu berdiri sendiri. Adanya sekelompok orang dengan ciri-ciri yang sama belumlah berarti mereka membentuk pasar sasaran. Target Market merupakan kelompok yang mempunyai kekuatan untuk membeli (dalam segi ekonomi) dan mempunyai ekspektasi dalam.
2. Target Audience
Target Audience merupakan kelompok atau orang yang menjadi sasaran promosi produk kita.
Sikap yang wajib dimiliki oleh seorang enterpreneur yaitu:
1. Sensitif terhadap lingkungan, alam, manusia dan sekitarnya
2. Keingintahuan terhadap habits, Behaviour, Psikografis, dll.
3. Jeli melihat kebutuhan
4. Mampu untuk melihat peluang.
Beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat antara lain :
1. Tentukan tujuan besar yang hendak dicapai
2. Buat daftar ide usaha
3. Nilai kemampuan pribadi
4. Pilih kriteria
5. Membandingkan dan dapatkan saran dari pengusaha, konsultan, atau mentor.
6. Nilai keadaan bisnis saat ini dan masa mendatang melalui riset.
7. Tetapkan pilihan.
Think Big, Dream Big, Act Big
Mudah-mudahan hasilnya juga akan menjadi besar.
Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Referensi
Suharyadi, dkk. 2007. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat
Melati Annisa. 2012. Perbedaan Target Market dengan Target Audience. http://pariwarawiri.blogspot.
Isepburhanudin1. 2014. Target Pasar atau Segmen Pasar yang Dituju. https://isepburhanudin1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.