308-Saputra Ardi Prabowo
Pada saat ini aksesoris untuk pria maupun wanita sangat
beragam jenis dan varian nya ada yang hanya sekedar untuk pelengkap atau untuk
mempermanis diri saja dan ada juga aksesoris yang di pakai karena memang
bermanfaat bagi si pengguna nya. Melihat dari peluang itu intuk itulah saya
membuka usaha atau bisnis penjualan jam tangan.
Jam tangan (Arloji) adalah penunjuk waktu yang
dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan elektrik pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1957di Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat oleh The Hamilton Watch Co
of Lancaster. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik (digital)
tersebut telah dimulai sejak tahun 1946. Namun pada tahun 1969, Hamilton
Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah
menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. Setelah
itu, munculah beberapa merek jam tangan yang masih ada hingga kini.
Pada saat ini jam tangan selain untuk aksesoris atau sekedar fashion di tangan saja, kini jam tangan juga sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kebanyakan orang karena semakin sibuk nya seseorang dan waktu yang sangat singkat memerlukan seseorang untuk harus tahu waktu setiap saat agar dapat menjalani aktivitas nya sesuai jadwal yang diinginkan, melihat dari peluang ini maka saya memutuskan untuk membuka usaha dalam bidang penjualan jam tangan yang menurut saya cukup menjanjikan dan dalam usaha yang baru saya rintis ini saya memasarkan nya baru melalui mulut ke mulut saja dari teman2 dan dari media blackberry messenger.
Pada saat ini jam tangan selain untuk aksesoris atau sekedar fashion di tangan saja, kini jam tangan juga sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kebanyakan orang karena semakin sibuk nya seseorang dan waktu yang sangat singkat memerlukan seseorang untuk harus tahu waktu setiap saat agar dapat menjalani aktivitas nya sesuai jadwal yang diinginkan, melihat dari peluang ini maka saya memutuskan untuk membuka usaha dalam bidang penjualan jam tangan yang menurut saya cukup menjanjikan dan dalam usaha yang baru saya rintis ini saya memasarkan nya baru melalui mulut ke mulut saja dari teman2 dan dari media blackberry messenger.
Konsumen
Target pasar yang bisa saya bidik untuk penjualan jam tangan
ini adalah dari semua kalangan masyarakat terutama anak muda, karena jam tangan
pada saat ini sudah menjadi mode atau trend tersendiri di kalangan anak muda
dan jam tangan yang saya pasarkan ini harganya relatif murah dan bisa dijangkau
oleh setiap lapisan masyarakat.
Memulai
Bisnis Jam Tangan
Dalam memulai bisnis jam tangan ini ada beerapa hal penting
yang perlu disiapkan antara lain :
1.
Yang terpenting saat ini adalah mengetahui model
atau jenis jam tangan seperti apa yang sedang trend dipasaran dengan cara
mengetahui nya dari majalah atau internet, sehingga produk yang kita tawarkan
selalu update mengikuti trend yang ada dan tidak ketinggalan zaman.
2.
Mengetahui harga pasaran jam tangan yang ada di
pasaran, sehingga produk yang kita tawarkan pun harga nya bisa bersaing dengan
para kompetitor penjual jam tangan yang lain.
3.
Menjalin kerja sama denga supplier barang
tersebut dengan memberikan penawaran harga yang murah tetapi tetap tidak
mengesampingkan kualitas barang tersebut sehingga kita bisa menghasilkan
keuntungan yang maksimal dengan modal yang sedikit.
4.
Harus bisa jelih melihat pasar atau target
konsumen yang akan dicapai dan cara mempromosikan produk yang akan kita
tawarkan pun menjadi salah satu kunci berhasil atau sukses nya usaha yang akan
kita jalankan ini.
Kendala
Bisnis jam tangan
Kendala dalam menjalankan bisnis ini adalah tempat supplier
yang sangat jauh dari rumah saya sehingga memerlukan ongkos dan waktu yang
tidak sedikit untuk menempuh nya dan juga penjualan jam tangan dengan merk yang
sudah ternama semakin meningkat, sehingga usaha yang saya jalankan sulit
bersaing dengan jam tangan yang telah mempunyai merk ternama tersebut yang
harga nya pun lumayan mahal dan tentu dengan kualitas yang bagus dan dalam
masalah pemasaran pun saya hanya menjual nya melalui kontak blackberry
messenger dan dari mulut ke mulut belum mempunyai kios atau toko sendiri.
Strategi
Pemasaran
Dalam strategi pemasaran saya berencana bila mempunyai modal
lebih akan membuka toko atau kios penjualan dan servis jam tangan sendiri dan
ingin membuka cabang di kota-kota besar lain nya untuk bisa mempermudah
konsumen dalam memilih dan membeli jam tangan yang mereka sukai dan juga
memperluas nya dengan penjualan sitem online karena pada era yang sudah sangat
maju seperti sekarang ini perkembangan teknologi pun semakin berkembang yang
memungkinkan setiap orang bisa mengakses internet kapan pun dan dimanapun
sehingga dengan sistem online saya rasa salah satu cara yang cukup ampuh untuk
bisa menawarkan produk yang saya tawarkan.
Kunci Sukses
Kunci sukses dalam menjalankan usaha ini adalah harus jeli
dalam melihat pasar atau trend yang ada pada saat ini agar produk yang kita
tawarkan tidak ketinggalan zaman dan selalu update karena para konsumen
rata-rata menginginkan suat barang atau produk yang baru dan juga kita harus
bisa menawarkan harga yang bersaing dengan produsen lain agar produk yang kita
tawarkan bisa menarik pelanggan dan kita juga harus bisa memberikan jasa
garansi kepada produk yang kita jual tersebut agar membuat konsumen menjadi
percaya dan loyal kepada kita.
Analisa
Ekonomi
Asumsi per hari terjual 3 produk
Rata-rata produk atau jam tangan yang saya jual ini berkisar
diantara harga Rp.40.000-Rp.100.000 tergantung dari jenis, model dan merek dari
jam tangan tersebut dan keuntungan yang saya ambil dari setiap 1 jam tangan
adalah sebesar @Rp.15.000, jadi bila diasumsikan dalam 1 hari terjual 3 buah
jam tangan maka keuntungan yang saya ambil per hari dari penjualan tersebut
adalah Rp.15.000 x 3 = Rp.45.000 dalam 1 hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar