Pada jaman sekarang
ini yang sedang buming mendunia adalah media, kenapa media karena sekarang ini
perkembangan media itu sendiri sangat lah pesat di seluruh dunia, apa lagi
diindonesia. Salah satu media yang sangat populer sekarang dan perkembangannya
yang begitu cepat adalah media online yaitu “Internet”. Internet telah merevolusi cara dunia
melakukan bisnis baik di tingkat lokal dan global. Dari cara mengumpulkan data
untuk merekrut karyawan pada perusahaan, cara bisnis menggunakan Internet
sangat banyak, sebagai manfaat dari Internet untuk komunitas bisnis.
Orang
telah menemukan berbagai manfaat internet untuk bisnisnya. Banyak perusahaan
kecil dan besar telah memanfaatkan Internet demi menunjang bisnis mereka.
Bahkan ada yang dinamakan bisnis Online dimana semata-mata menjadikan Internet
sebagai bisnis utama. Banyak perusahaan, terutama yang menerapkan perdagangan
online, telah mengintegrasikan situs Web mereka dengan sistem back-office
seperti database, paket akuntansi dan kontrol stok dan penelusuran pelanggan
mereka.
Hal ini dapat mengurangi biaya administrasi dan meningkatkan layanan
pelanggan dengan memberikan informasi yang cepat dan mudah tentang kemajuan
order kepada pelanggan. Adanya Internet mendobrak batasan ruang dan waktu.
Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses
pasar Amerika dibandingkan dengan perusahaan di Eropa, atau bahkan dengan
perusahaan di Amerika. Perlu diingat, hal yang sebaliknya (perusahaan luar mengakses
pasar Indonesia) dapat juga dilakukan dengan mudah.
Hilangnya batasan ruang dan waktu dengan adanya Internet membuka peluang baru untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh. Istilah teleworker atau teleworking mulai muncul. Seorang pekerja dapat melakukan pekerjaannya dari rumah tanpa perlu pusing dengan masalah lalulintas. Kesemua hal di atas menunjukkan adanya peluang-peluang baru di dalam bisnis dengan adanya Internet.
Berikut contoh macam-macam bisnis yang dapat dilakukan melalui media Internet :
·
Menjual Produk
: Jika anda mempunyai produk bisa
dipasarkan melalui website yang telah dibuat, kemudian diiklankan melalui media
internet.
·
Menjual Informasi
: Jika anda mempunyai informasi
yang berharga dan tidak banyak orang tahu, maka informasi tersebut bisa anda
jual. Produk bisa dikemas dalam bentuk ebook.
·
Pemasaran Online : Anda bisa menjual produk orang lain melalui
website anda. Sebuah perusahaan bisa memasarkan produk atau jasa tanpa
menggunakan teknik pemasaran tradisional seperti brosur, surat dan iklan di
surat kabar.
·
Menjual
Program/software yang bermanfaat : Jika
Anda adalah seorang programer komputer yang ahli, maka Anda pun bisa menjual
Software buatan Anda tersebut lewat jalur internet. Misalnya, software untuk
mengirimkan iklan baris ke ratusan bahkan ribuan situs iklan baris hanya dengan
satu kali klik, dsb.
·
Kursus Online : Jika anda mempunyai keahlian dalam bidang bahasa, anda
bisa mengajarkan kursus online lewat website
·
Jika Anda adalah
seorang penulis buku, maka Anda bisa menjual hasil karya Anda di Toko
Buku Online.
·
Web hosting dan menjual kembali paket web hosting.
·
Menjual nama domain.
·
Membeli,
mengembangkan dan menjual website.
·
Membangun komunitas
online seperti forum, dating dan
situs jejaring sosial.
KONSUMEN
Sekarang
ini bisnis distro dan jaket ini mengikuti jaman sekarang yang semakin
berkembang dan tekhnologi, karena mayoritas hasil-hasil baju dan kaos dari
distro ini dari kreativitas dan dukungan tekhnologi. Seiring dengan
perkembangan pangsa pasar pada distro-distro diindonesia juga sudah lumayan
berkembang. Rata-rata untuk konsumen penyuka atau peminat dari baju-baju dan
jaket distro ini hampir 75% adalah Pria, dan sisanya adalah Wanita. Tetapi
distro ini tidak hanya terfokus kepada satu gender/kelamin saja. Ciri-ciri dari
konsumen yang ditargetkan biasanya adalah anak muda, orang-orang yang suka
dengan gambar-gambar (Monster, tulisan-tulisan vector, dll), yang menyukai
fashion kaos atau jaket. Tetapi tetap dalam jurusan saya “MARKETING
COMMUNICATION & ADVERTISING” untuk memilih target konsumen ada konsepnya,
yaitu menggunakan STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning). STP dari distro
ini yaitu :
Segmentasi:
· Geografis : Untuk awal distro ini wilayah Geografisnya
adalah wilayah Jabodetabek.
·
Demografis :
§
Gender: Laki-laki dan
Perempuan
§
Usia: 15-25 Tahun
§
SSE: Kelas menengah
sampai menengah atas
·
Psikografis :
§
Gaya Hidup : Hobby berbelanja baju dan jaket
§
Kepribadian : Menyukai seni dan gambar
Targeting:
Orang-orang yang menyukai Baju dan Jaket. Yang mencari
baju atau jaket yang simple tetapi ada unsur dari gambar yang menarik dan bagus
sebagai daya tariknya. Tentunya dengan harga murah tapi kualitas yang bagus.
Positioning:
“Many Design”
MEMULAI BISNIS DISTRO
1.
Memiliki kreatifitas atau ide, Jadi karena untuk membuat baju atau jaket distro ini
kenapa kita harus memiliki kreatifitas atau ide karena yang menjadi daya tarik
dari baju-baju distro atau jaket distro adalah gambar-gambar yang unik dan
bagus.
2.
Memiliki alat yang mendukung untuk mendesign gambar, ini adalah satu hal yang sangat penting dalam membuka
usaha distro, karena apabila kita memiliki alat-alat untuk membuat design
gambar itu sendiri, ini akan mengurangi modal usaha kita, karena kita tidak
harus modar-mandir kewarnet yang ada aplikasi/software design. Ini malah akan
membuat kita mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk satu design saja. Media alat
atau software/aplikasi yang harus ada yaitu : Komputer, Paint Tablet, koneksi
internet, Aplikasi design & web (photoshop, Illustrator dll). Dengan
keempat media ini ada sudah bisa membuat gambar-gambar, website untuk usaha
anda, iklan untuk usaha anda. Tanpa harus mengeluarkan biaya karena punya
sendiri media-media tersebut.
3.
Modal untuk produksi baju, Tentu saja apabila untuk usaha distro yang masih baru
memerlukan modal untuk produksi, karena saat produksi lah semua hasil akhirnya.
Untuk usaha distro awal kemungkinan besar harus keproduksi baju diluar seperti
(sablon dan baju/jaket oblong). Karena untuk mesin sablon saja mungkin harga
yang mahal untuk sablon dengan kualitas yang bagus.
4.
Tempat untuk berjualan, yang terakhir ini adalah bagaimana tempat kita
memasarkannya, untuk awalan mungkin kita bisa melalui online dulu sepeti
(Facebook, Twitter, Instagram, kaskus, blog, dll). Karena ini adalah lahan yang
sangat mudah diakses dan tanpa modal untuk memposting/memasarkan atau
mengiklankan jualan distro tersebut. Dan juga untuk media online ini sendiri
rata-rata anak muda 98% diindonesia menggunakan media online, ini membudahkan
distro untuk memasarkannya karena sesuai dengan target utama distro yaitu (anak
muda).
MODAL
Untuk spesifikasi harga
yang disurvei :
-
Kaos
Oblong :
1 lusin kaos oblong XL
katun Combed : Rp 210.000,00
½ lusin kaos oblong XL
katun Combed : Rp 105.000,00
1 lusin kaos oblong XXL
katun Combed : Rp 425.000,00
½ lusin kaos oblong XXL
katun Combed : Rp 212.500,00
-
Jaket
Oblong :
Per 3 jaket oblong bahan hoody XXL : Rp 550.000,00
Per 1 jaket oblong
bahan hoody XXL : Rp 183.000,00
-
Sablon
:
A3 + = 31,8 cm x 48,0
cm : Rp 55.000,00 (1 cetakan)
A3 = 29,7cm x 42,0 cm :
Rp 47.000,00 (1 cetakan)
KEUNTUNGAN
Kira-kira dilihat dari
harga-harga diatas untuk 1 baju itu akan saya jual sekita Rp95.000-Rp 120.000,
untuk per satu baju kira-kira keuntungan yang saya bisa peroleh sekita
Rp10.000-Rp20.000. Dan untuk jaket per satu jaket akan saya jual dengan harga
Rp 210.000-Rp 250.000, untuk per satu jaket kira-kira keuntungan yang bisa saya
peroleh sekitar Rp 20.000-Rp 30.000.
- Apabila diperhitungkan selama 1 bulan untuk baju
keuntungan saya Rp 300.000-Rp 600.000 , dan untuk selama 1 tahun diperkirakan
Rp 3.650.000-Rp 7.300.000.
- Untuk jaket diperhitungkan selama 1
bulan keuntungan saya adalah Rp 600.000-Rp 900.000 , dan untuk selama 1 tahun
diperkirakan kenuntungan saya Rp 7.300.000-Rp 10.950.000.
KENDALA DALAM BISNIS DISTRO DAN JAKET INI
Untuk menjalankan
distro ini kendala utamanya adalah pada saat mendesign gambar dan saat
cetak/sablon. Karena perbedaan kecerahan layar komputer saja bisa mempengaruhi
pergeseran warna dari design tersebut, contoh misalkan, kita membuat design
dengan kecerahan 80% kemungkinan warna akan menjadi lebih terang, tetapi saat
dipindahkan kelayar dengan kecerahan 50% maka pergeseran warna akan menurun
menjadi agak gelap, dan hasil cetak dari kecerahan 80% dan 50% sangat terlihat
perbedaan warnanya.
STRATEGI PEMASARAN
1. Membolehkan pemesan/konsumen membuat design dengan
keinginan mereka sendiri.
2. Bagi konsumen dengan pembelian diatas 3 pcs baju akan
mendapatkan dikon-diskon atau free ongkos pengiriman.
3. Setiap per 5 bulan sekali dalam 2 minggu, distro ini
akan mengadakan lomba design dengan tema yang ditentukan distro ini untuk
pemenang, hasil designnya akan dicetak menjadi kaos gratis untuk sipemenang dan
uang tunai.
KUNCI SUKSES
Kunci sukses yang utama dari distro ini adalah,
memberikan pelayanan yang memuaskan dan respon yang cepat karena distro ini
lebih mengutamakan konsumen sebagai raja. Lalu juga kami selalu menanggapi
pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang apa saja yang bersangkutan dengan distro
ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar