BLINK Aesthetic Mirror
Nama : Naura Amandhary
Kode Pebisnis : AG08
ABSTRAK
Wirausaha merupakan seseorang
yang pandai dan berbakat mengenali produk baru, menemukan cara untuk membuat
produk baru, menyusun operasi untuk pengadaan produksi baru, memasarkannya,
serta mengatur permodalan operasi.
Dalam membangun bisnis
Aesthetic Mirror ini harus dimulai dengan adanya ide bisnis yang diharapkan
mampu menjawab semua permasalahan yang ada. Ide bisnis harus dibangun dengan innovative,
creativity dan design thinking yang mempunyai Unique
Selling Point (USP).
Sesuai dengan
perkembangan dunia yang ditandai dengan kemajuan teknologi yaitu internet, perusahaan
akan memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan Digital Marketing atau
strategi untuk mempromosikan produk melalui berbagai jenis media digital.
Kata kunci : Wirausaha, Digital marketing, Innovative,
Creativity, Design thinking, Unique Selling Point
PENDAHULUAN
Cermin telah menjadi
bagian penting dari kehidupan manusia bahkan sejak zaman kuno, bukan hanya sebagai
alat untuk melihat diri, tetapi juga sebagai symbol kecantikan, identitas, dan
refleksi kultural. Selain itu, cermin merupakan alat ekspresi yang kuat, barang ini juga
membuka jendela ke dunia fantasi dan imajinasi. Sebagai seorang wirausaha, tentu
memerlukan energi dan gairah menuju pembentukan ide baru serta solusi kreatif. Ide
tersebut tidak datang dengan sendirinya, melainkan dibangun dengan cara selalu
membuka pikiran bahwa ide yang diciptakan adalah yang terbaik, karena kondisi
tersebut akan membimbing untuk menghasilkan ide-ide baik lainnya, serta selalu
membuka mata untuk melihat potensi keberhasilan seseorang atau suatu perusahaan
dalam mendirikan bisnisnya.
PERMASALAHAN
Membangun bisnis
Aesthetic Mirror ini bukanlah suatu hal yang mudah. Ada beberapa tantangan yang
dihadapi seperti :
- Menjangkau
target pasar yang tepat
- Meningkatkan
daya tarik konsumen
- Penetapan harga
- Keamanan produk
- Penggunaan
strategi marketing yang efektif
PEMBAHASAN
Untuk mengatasi permasalahan tesebut, seorang wirausaha harus menjadi
pemikir yang produktif, memainkan permainan mental untuk melihat suatu masalah
dari perspektif yang berbeda, dan melihat masalah sebagai batu loncatan bagi
ide-ide baru.
Bisnis Aesthetic Mirror mempunyai target pasar remaja dan
wanita muda berusia 20-30 tahun yang menginginkan cermin dengan nilai estetika
yang tinggi. Penggunaan foam, clay, dan aksesoris lucu lainnya sebagai bentuk kreatif dan inovatif menjadi
tujuan utama untuk meningkatkan daya tarik para konsumen. Bentuk inovatif
tersebut tentu akan membangun Unique Selling Points (USP) yang mengacu
pada nilai jual yang berbeda dan lebih unggul dibanding pesaing. Cermin disediakan dengan berbagai macam ukuran
dan tingkat desain yang berbeda akan menjadi faktor penetapan harga. Harga akan
tetap terjangkau untuk para remaja.
BLINK Aesthetic Mirror menjaga keamanan produk dan meminimalisir
kerusakan pada produk yang dijual cara melapisi cermin dengan bubble wrap
sebelum masuk ke dalam packaging yang nantinya akan diserahkan kepada distributor.
Digital marketing merupakan salah satu strategi yang diterapkan
oleh BLINK Aesthetic Mirror untuk mempromosikan produk yang dijual, melalui platform
Tiktok dan Instagram serta menggunakan e-commerce seperti Shopee sebagai media penjualan, dan website, email
marketing, serta paid advertising.
KESIMPULAN
Membangun
bisnis yang kreatif dan inovatif diperlukan
jiwa kewirausahaan untuk menentukan kemajuan sebuah usaha. BLINK Aesthetic
Mirror merupakan usaha yang berhasil menghadirkan produk cermin estetik yang
menarik dengan pendekatan inovatif, kreatif, dan design thinking sehingga mampu
menciptakan USP yang membedakan produknya di pasaran. Strategi pemasaran
digital yang efektif membantu BLINK untuk menjangkau target pasar secara luas
dan meningkatkan daya tarik konsumen. Selain itu, perhatian terhadap keamanan produk
menunjukkan komitmen BLINK terhadap kepuasan pelanggan. Usaha ini memberikan Pelajaran
berharga bagi para wirausaha tentang pentingnya adaptasi terhadap perubahan
tren dan teknologi dalam membangun bisnis sukses di era digital saat ini.
DAFTAR PUSAKA
Dr. Daru Asih dan Denta Mandra Pradipta Budiastomo. Pengantar
Kewirausahaan, Jiwa Wirausaha, dan Implementasi Jiwa Wirausaha Dalam Berbisnis
atau Bekerja
Denta Mandra Pradipta Budiastomo dan Dr. Daru Asih. Digital
Promotion Campaign Tools, Teori PESO
Denta Mandra Pradipta Budiastomo dan Dr. Daru Asih. Creativity
& Design Thinking
Faradilla A (2023). Apa Itu Digital Marketing?
Definisi, Manfaat, dan Strateginya
Redaksi OCBC NISP (2023). Unique Selling Point:
Definisi, Contoh, & Cara Membentuknya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar