Batik Tie
Nama : Najwa
Kode Pebisnis : AG10
ABSTRAK
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru,
menemukan cara membuat produk baru menyusun operasi untuk pengadaan produksi
baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasi.
Pemasaran media online pada dasarnya
merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media online atau
internet. Aktivitas pemasaran online dilakukan tetap berpedoman pada market,
produk, website, trafik, dan kredibilitas (Lasmadiarta,2010). Dengan pasar yang
semakin beralih ke internet, penting bagi perusahaan untuk menyesuaikan
strategi yang pemasaran yang relevan dan efektif.
Dalam pengembangan usaha ini, diterapkan
teori kewirausahaan, digital promotion, serta konsep PESO, Creativity &
Design Thinking untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis scrunchie batik ini.
Kata Kunci : Wirausaha, Creativity &
Design Thingkin, Konsep Peso,dan Digital Promotion Campaign.
PENDAHULUAN
Dalam dunia bisnis yang kompetitif,
kreativitas dan inovasi menciptakan nilai tambah yang membedakan suatu brand. Industri
fashion di Indonesia terus berkembang seiring dengan meningkatnya apresiasi
terhadap keunikan budaya lokal. Salah satu trend yang semakin popular adalah
penggunaan batik dalam berbagai produk aksesoris, termasuk scrunchie. Scrunchie
batik menghadirkan sebuah perpaduan menarik antara kekayaan budaya batik
Indonesia dengan estetika modern dalam dunia fashion. Batik Tie adalah usaha
yang menyediakan produk kunciran berwarna yang dibuat dari bahan batik. Dalam
usaha Batik Tie ini tujuan utama nya adalah untuk memproduksi dan menjual
produk scrunchie batik ini. Maksud usaha ini adalah untuk meningkatkan kegiatan
ekonomi lokal dan membantu para pengusaha batik serta memenuhi kebutuhan pasar
yang ada serta meningkatkan kualitas produk batik.
PERMASALAHAN
Batik Tie dihadapkan dengan beberapa
permasalahan, seperti:
1. 1. Memilih
Bahan dan kualitas kain
Mendapatkan bahan batik yang berkualitas
dengan harga yang tejangkau dan konsisten bisa menjadi tangtangan, terutama
jika ada kendala dalam ketersediaan kain batik dan kenaikan harga bahan.
2. 2. Desain
dan kreativitas
Mengembangkan desain scrunchie batik yang
menarik dan sesuai dengan tren pasar tanpa kehilangan ciri khas batik yang
menjadi identitas utama produk scrunchie. Dengan menghadapi tantangan dalam
menciptakan variasi desain yang beragam namun tetap mempertahankan kesan unik
dari scrunchie batik.
3. 3. Persaingan
yang ketat di industry aksesoris rambut
Persaingan yang ketat dengan brand lain di
pasar fashion aksesoris dapat menjadi hambatan dalam menarik perhatian konsumen
dan memenangkan pangsa pasar. Penting untuk mengidentifikasi persaingan dan
mengembangkan strategi yang efektif untuk membedakan produk scrunchie batik
dari pesaing.
4. 4. Penggunaan
strategi Pemasaran dan promosi yang efektif
Membangun strategi pemasaran yang efektif
serta memilih platform promosi yang sesuai, dan menjangkau target pasar dengan
tepat.
PEMBAHASAN
Dalam mengimplementasikan jiwa wirausaha,
tim Batik Tie perlu memiliki keberanian dalam mengambil resiko dengan memulai
usaha di tengah tantangan persaingan yang ketat dengan menghadapi berbagai
hambatan yang muncul. Selain itu, menciptakan kreativitas dengan ide-ide yang
inovatif dalam mengubah batik menjadi produk yang tidak hanya inovatif tetapi
juga modis dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Batik Tie memanfaatkan berbagai digital
promotion campaign tools yang tersedia seperti media sosial yaitu instagram,
Tiktok, dan Twitter,website perusahaan yang interaktif, serta memanfaatkan
strategi content marketing yang menarik, brand awareness dari Batik Tie yang
dapat secara signifikan ditingkatkan dan mencapai audiens yang lebih luas dan
beragam untuk membantu dalam meperluas pangsa pasar dan meningkatkan produk
secara berkelanjutan.
Teori PESO membantu dalam merumuskan
strategi promosi yang tepat sasaran dan efektif pada Batik Tie. Strategi
promosinya, yaitu:
·
Paid : Iklan berbayar di
media sosial
·
Earned : Mendapatkan
ulasan positif dari pelanggan
·
Shared : Konten menarik
di media sosial
·
Owned : Website dan Blog
Batik Tie
Creativity & Design Thingking : Proses
kreativitas dan desain thinking sangat penting untuk memenuhi kebutuhan
konsumen, mengidentifikasi tren pasar, dan menciptakan produk yang unik dan
menarik akan membedakan brand Batik Tie dari pesaing.
KESIMPULAN
Usaha brand Scrunchie batik “Batik Tie”
merupakan contoh wirausaha kreatif yang berhasil menggabungkan budaya batik
dengan tren kekinian. Dengan jiwa wirausaha yang tinggi dan strategi digital
yang inovatif, Batik Tie berhasil menciptakan produk yang unik dan diminati
pasar.
DAFTAR PUSTAKA
Lasmadiarta. (2010). Pengantar Kewirausahaan. Jakarta: Kencana.
Wardhana,C. (2019). Branding : The Power of Creativity and Design Thinking
Dr. Daru Asih dan Denta Mandra Pradipta
Budiastomo. Pengantar Kewirausahaan, Jiwa
Wirausaha dan Implementasi Jiwa Wirausaha Dalam Berbisnis atau Bekerja
Denta Mandra Pradipta Budiastomo dan Dr.
Daru Asih. Digital Promotion Campaign
Denta Mandra Pradipta Budiastomo dan Dr.
Daru Asih. Creativity & Design
Thingking
Tidak ada komentar:
Posting Komentar