PERAN DIGITAL MARKETING DENGAN STRATEGI PAY
PER CLICK (PPC) PADA ONLINE SHOP SUMMER BRAND OFFICIAL (Analisa
Pengeluaran, Klik, dan Konversi)
Abstrak
Digital
Marketing merupakan salah satu dampak positif yang dihasilkan dari adanya
perkembangan teknologi. Para pengusaha tidak perlu melakukan iklan yang mahal
untuk menjangkau konsumennya. Summer Brand Official merupakan salah satu bisnis
yang memanfaatkan peran digital marketing. Penjualan dapat meningkat dengan
mengimplementasikan peran iklan di internet. Salah satu fitur yang digunakan
yaitu Pay Per Click (PPC) melalui Shopee Ads, Facebook Ads,
Instagram Ads, dan Tiktok Ads. PPC merupakan fitur
iklan dengan memberi komisi, program affiliasi yang akan membayar seseorang
apabila mengklik iklan dari situs PPC.
Kata Kunci: Digital Marketing, Pay Per Click (PPC), Shopee Ads
Pendahuluan
Bisnis online tidak terlepas dari peran iklan. Adanya iklan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan serta dapat lebih dikenal oleh masyarakat dimanapun. Saat ini iklan tidak hanya dapat dilakukan secara konvensional, tetapi dapat dilakukan secara digital yang sering kita kenal dengan istilah Digital Marketing. Menurut Bala & Verma, Pemasaran digital atau Digital Marketing merupakan penggunaan teknologi untuk membantu kegiatan pemasaran dalam rangka meningkatkan pengetahuan pelanggan dengan menyesuaikan kebutuhan pelanggan (Bala & Verma, 2018). Salah satu strategi dari Digital Marketing yaitu Pay Per Click (PPC). Model PPC ini dianggap lebih efektif untuk mendatangkan traffic dibandingkan model pemasaran konvensional. Summer Brand Official merupakan salah satu bisnis yang memanfaatkan strategi pemasaran ini. Berdasarkan data setelah menerapkan model ini traffic toko mengalami peningkatan serta dapat menjangkau customer yang lebih luas.
Pembahasan
Pemasaran
digital atau Digital Marketing adalah bentuk pemasaran langsung yang
menghubungkan konsumen dengan perusahaan melalui teknologi elektronik (Kotler
& Amstrong, 2009). Digital marketing merupakan metode pemasaran menggunakan
internet seperti melalui website, sosial media, iklan pada website,
dll. Pada umumnya terdapat beberapa strategi marketing yang sering digunakan,
antara lain (Desai, 2019):
1. Search
Engine Optimization (SEO), mengoptimalkan situs web untuk
"peringkat" yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari dapat
meningkatkan lalu lintas organik atau gratis (Situs Web, Blog, dan Grafik Info)
2. Search
Engine Marketing (SEM), mengarahkan lalu lintas ke bisnis
dengan upaya berbayar. Model biasanya yaitu dengan Pay Per Click (PPC)
atau Cost-Per-Thousand Impressions (CPM).
3. Pemasaran
Konten untuk menunjukkan pembuatan dan promosi aset konten untuk tujuan
menghasilkan kesadaran merek (awareness), pertumbuhan lalu lintas (traffic),
generasi prospek, dan pelanggan.
4. Pay-Per-Click
(PPC) merupakan metode dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan
dengan membayar penerbit setiap kali iklan diklik. Salah satu jenis PPC yang
paling umum adalah Google Ads, yang memungkinkan perusahaan membayar slot
teratas di halaman hasil mesin pencari Google dengan harga "per klik"
dari tautan yang ditempatkan. Saluran lain di mana perusahaan dapat menggunakan
PPC yang mencakup iklan berbayar yaitu Facebook Ads dan Youtube Ads. Biaya
iklan yang ditagihkan kepada pemasar biasanya berdasarkan frekuensi pengunjung
yang mengklik iklan tersebut (Gustaven, 2022).
5. Pemasaran
E-mail, perusahaan dapat menggunakan pemasaran email sebagai cara berkomunikasi
dengan customer. Biasanya untuk mempromosikan konten, diskon, dan acara, serta
mengarahkan orang ke situs web bisnis.
6. Pemasaran
media sosial digunakan untuk mempromosikan merek dan konten di saluran media
sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas, dan
menghasilkan prospek untuk bisnis. Saluran yang dapat digunakan dalam pemasaran
media sosial termasuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Snap chat,
Pinterest, dan Google+.
Cara
Kerja Pay Per Click (PPC):
1. Mendaftar
program PPC yang disediakan search engine (Google, Bing, Yahoo,dll) dan menempatkan
uang dengan jumlah tertentu pada akun yang sudah didaftarkan tersebut.
2. Membuat
konten
3. Menentukan
“keywords” yang sesuai dengan konten iklan
4. Menentukan
jumlah uang yang bersedia dibayarkan pada penyedia jasa PPC setiap ada orang
yang mengklik iklannya. Semakin besar nominal yang dibayarkan, semakin besar
penyedia jasa PPC akan menempatkan konten iklan jika terjadi kesamaan “keywords”
dengan pengiklan lain.
5. Pencari
menggunakan search engine yang menyediakan jasa PPC yang digunakan, lalu
mengetikkan keywords tertentu.
6. Search
Engine akan mencocokkan keywords Ads yang dibuat
dengan keywords yang orang lain ketikkan, lalu memunculkan iklan di
hasil pencarian.
7. Ketika pencari mengklik iklan, maka akan masuk ke dalam website. Setiap klik tersebut akan dikenakan biaya yang telah disepakati.
Hal
yang perlu diperhatikan agar PPC dapat berjalan efektif:
a. Memantau
konversi untuk mengukur apakah biaya yang dikeluarkan untuk PPC sesuai hasil
yang didapatkan.
b. Menentukan
biaya per klik dengan bijaksana dimana Biaya per Klik harus kurang dari
Pemasukan dari PPC (Tingkat Konversi x Total Klik x Laba per Konversi)
c. Menggunakan
keywords yang spesifik
d. Menulis atau membuat konten yang menarik
Penggunaan
Strategi PPC di Summer Brand Official
Summer
Brand Official merupakan salah satu bisnis yang saya jalani yang berfokus pada
produk perawatan sepatu di beberapa marketplace seperti Shopee,
Tokopedia, TikTok Shop dan Lazada. Saat ini Summer Brand Official menerapkan digital
marketing melalui Shopee Ads, Instagram Ads, Tiktok Ads, Facebook Ads dan
dari marketplace yaitu Shopee Ads. Dalam menjalankan
bisnisnya Summer Brand Official tidak terlepas dari penerapan iklan atau
digital marketing. Seperti kita lihat di bawah ini ketika menggunakan keyword
‘Summer Brand Official’ maka akan diarahkan ke beberapa marketplace.
Analisa Pengeluaran, Klik dan Konversi pada Shopee Ads
Berdasarkan data Shopee Ads di atas dapat dilakukan analisa pengeluaran iklan yaitu 4,9 juta dengan penjualan sebesar 19,8 juta, dan jumlah klik yaitu 8700 dari 263.200 kali dilihat. Konversi yang terjadi yaitu sebanyak 633 pesanan dari tanggal 12 Februari hingga 18 Februari 2024. Dimana biaya yang dikeluarkan masih di bawah nilai penjualan.
Kesimpulan
Digital marketing merupakan dampak baik yang dihasilkan dari perkembangan teknologi. Salah satu strategi digital marketing yang dianggap efektif yaitu dengan model Pay Per Click (PPC). Metode pemasaran ini dianggap efektif dalam meningkatkan pendapatan perusahaan dan meningkatkan awarenesss bagi para pelanggan.
Daftar Pustaka
Bala,
D. M., & Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing.
International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339. http://www.ijmra.us.
Desai,
D. M. V. (2019). Digital Marketing A Review. International Journal of Trend in
Scientific Research and Development (IJTSRD), 196–200.
Gustaven,
A. (2022, Agustus 31). What are The 8 Hypes of Digital Marketing. Retrieved
April 10, 2023, from Snhu.edu:
https://www.snhu.edu/about-us/newsroom/business/types-of-digital-marketing.
Kotler,
P., & Amstrong, G. (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:
Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar