Strategi Pemasaran adalah menjadi salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan, baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Ada beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Pemerintah telah menyusun beberapa strategi dalam menghadapi era digital yang dituangkan dalam program Making Indonesia 4.0. Revolusi teknologi, khususnya sektor komunikasi dan informatika telah membuka peluang bagi perkembangan bisnis. Beragam barang dan jasa ditawarkan dengan model transaksi yang praktis dan mudah.
Media digital yang digunakan antara lain
Instagram, Facebook, WhatsApp, GrabFood/Go[1]Food, Tokopedia dan
platform online lainnya mampu membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) mampu
mempertahankan bisnisnya. Merujuk pada pendapat-pendapat yang telah disampaikan
diatas, maka dipandang penting kiranya memberikan seminar kepada pelaku UMKM
tentang Strategi Pemasaran Yang Ideal di Era Digital Untuk Meningkatkan
Penjualan UMKM.
- Bahan analisis tren konsumen terbaru
- Tolok ukur perencanaan pemasaran jangka panjang
- Acuan seluruh tim dalam usahamu untuk mencapai target pemasaran
- Acuan pengembangan produk/jasa baru sesuai tren dan kebutuhan konsumen
- Informasi lebih cepat tersampaikan
- Jangkauan konsumen lebih luas
- Mudah digunakan
- Biaya relatif lebih sedikit daripada pemasaran offline, contohnya mengadakan event pemasaran di lokasi tertentu.
Platform e-commerce, misalnya, dapat memberikan
informasi tentang produk yang laris manis dan tidak. Data tersebut dapat
digunakan untuk membuat keputusan tentang manajemen inventaris, pemasaran, dan
sebagainya.
berikut adalah kategori aplikasi yang banyak digunakan UMKM untuk membantu operasional bisnis :
- marketplace menawarkan cara yang mudah dan hemat bagi UMKM untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkat penghasilan mereka.
- media sosial yang digunakan UMKM untuk sarana pemasaran, penjualan, dan interaksi dengan pelanggan adalah Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, Twitter, dan LinkedIn
Supaya lebih siap memasuki ekosistem ekonomi digital, berikut ini terdapat beberapa strategi pemasaran UMKM di era digital:
1. Influencermeningkatkan kualitas
dalam pelayanan, beralih ke media social untuk melakukan promosi produk,
melakukan survey atau analysis terhadap perkembangan produk, mengikuti
acara-acara bazar atau pasar raya, menjual produk dengan menggunakan platform
e-commerce, menggunakan uang atau pembayaran secara elektronik, membangun
hubungan baik dan memperluas relasi, dan yang terakhir dengan mengikuti
perkembangan trend.
DAFTAR PUSTAKA
Utari Eka Rulita (2021) Penerapan Pemasaran UMKM di Era
Digital
Pratiwi Fina (2021) Pengembangan UMKM yang Efektif untuk diterapkan
Margareth Anjani Mawarsari (2023) digitalisasi umkm di indonesia 2023 tantangan dan peluang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar