MEMBANGUN
BISNIS UNGGULAN DENGAN MODEL BISNIS YANG EFEKTIF
Holistik bisa diartikan
sebagai cara pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala dengan memandang
masalah atau gejala itu sebagai suatu kesatuan yang utuh.
salah satu cara
agar bisa bersaing yaitu dengan cara membuat strategi – strategi baru agar
mempunyai bisnis usaha yang menarik, baik , dan tepat pada Perusahaan. Hal yang
harus diperhatikan Ketika menerapkan strategi bisnis yaitu dengan memperhatikan
teknologi yang sedang berkembang, proses dan pangsa pasar yang tepat. Salah
satu metode yang tepat untuk membuat . Salah satu metode yang tepat untuk
membuat strategi baru adalah Business Model Canvas (BMC). Metode BMC merupakan
alat yang digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) dalam tahap membangun
kegiatan bisnis dan model bisnis.
BMC dapat
digunakan untuk memperoleh strategi perusahaan secara efektif dan efisien.
Metode BMC juga dapat memperluas segmentasi pasar sehingga dapat meningkatkan
penjualan dengan memanfaatkan penjualannya secara online. CV Media mengalami
peningkatan penjualan yang drastis dan menjadikan CV Media berkembang secara
pesat dengan menggunakan metode BMC karena adanya kerja sama dengan berbagai
pihak yang berkompeten mendukung kemajuan usaha. Hasil pemetaan akhir metode
BMC menciptakan alternatif strategi baru yang cenderung ke sisi kanan (sisi
kreatif), yang berarti bahwa pemilik harus melakukan inovasi dan membuat usaha
menjadi lebih kreatif.
Business Model Canvas (BMC), dikembangkan oleh Osterwalder dan Pigneur adalah metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan yang mencari model bisnis yang berskala kecil, menguntungkan, dan berulang. BMC disajikan dalam bentuk visual sehingga lebih mudah dimengerti oleh pembacanya.
BMC ini dibagi menjadi sembilan model
utama, kemudian dipisahkan lagi menjadi komponen kanan (sisi kreatif) dan kiri
(sisi logis) seperti otak manusia.
1. Customer
Segment menggambarkan sekelompok orang atau organisasi yang menjadi target yang
dijangkau atau yang dilayani
2. Value
Proposition merupakan daya tarik bagi pembeli yang ditawarkan oleh perusahaan
sehingga memenuhi kepuasan konsumen
3. Channels
adalah cara perusahaan untuk menjangkau konsumen
4. Customer
Relationship yaitu suatu cara yang dilakukan perusahaan untuk membangun suatu
hubungan dengan konsumen
5. Revenue
Stream merupakan sumber pemasukan bagi perusahan yang didapatkan dari daya
tarik yang diciptakan perusahaan untuk konsumen
6. Key Resource
adalah sumber daya utama yang dimiliki perusahaan dalam membangun bisnisnya
7. Key
Partnership yaitu mitra kerja yang dilakukan oleh perusahaan khususnya supplier
8. Key
Activities yaitu aktivitas utama yang terkait dengan produksi di perusahaan
9. Cost
Structure yaitu biaya – biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mendukung
semua aktivitas – aktivitas.
http://jurnal,untirta.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar