PENGUKURAN KINERJA DALAN KEWIRAUSAHAAN
Nama: Rosa Amelia
Kode pembisnis: @D11-Rosa
Abstrak
Pengukuran kinerja merupakan sebuah metode pengukuran
kinerja dari sebuah Perusahaan. Kinerja sendiri bertujuan untuk perspektif
keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan perhitungan.
Hasil dari penelitian ini adalah lebih memfokuskan pada meningkatkan bisnis
internal, meningkatkan kualitas produk, efektifitas dalam menghasilkan produk, serta
pengenbangan jaringan.
Kata kunci:
enalytical hierarchy, blance scorecard (BSC), kinerja, pembobotan
PENDAHULUAN
Pengukuran kinerja
adalah sebuah metode yang dipakai untuk memantau perkembangan organisasi maupun
Perusahaan, untuk mempertahankan daya saing yang dimiliki. Pengukuran kinerja
juga bertujuan untuk perbandingan antara hasil yang di harapkan dengan hasil
yang sesungguhnya.
Untuk menentukan
suatu kinerja, visi dari organisasi harus dijabarkan kedalam tujuan (goals)
dan sasaran (objectives).
Tujuan yang
ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaliuasi
peta strategi yang sesuai dengan visi dan misi.
METODE
PENELITIAN
Metode yang
digunakan untuk Menyusun artikel ini adalah study kepustakaan, study
kepustakaan yaitu menelaah sumber- sumber baik dari buku, jurnal, artiker serta
referensi-referensi yang berkaitan dengan pengukuran kinerja.
PEMBAHASAN
1. Penentuan
ukuran pencapaian sasaran strategis
Yang
perlu di tentukan untuk mengukur keberhasilan atau pencapaian strategi ada 2
yaitu:
1. Ukuran
hasil sebagai lag indicator
2. Ukuran
pemasu kinerja sebagai lag indicator
Penetapan target
Langkah selanjutnya,
Menentukan target dan insiatif strategis.
Pembobotan
Pembobotan bertujuan
untuk mengetahui tingkat kepentingan dari masing-masing perspektif, serta kepentingan
dari masing-masing tujuan strategis. Hal ini sebagai acuan dalam proses
penelitian kinerja organisasi.
Pembobotan tingkat
tujuan strategis
Adapun respon
yang di libatkan pada pembobotan tingkat tujuan strategis adalah:
1. 1. Perspektif
keuangan
2. 2. Perspektif
pelanggan
3. 3. Perspektif
proses bisnis internal
4. 4. Perspektif
dan pembelajaran dan pertumbuhan
KESIMPULAN
DAN SARAN
Kesimpulan dari
artikel yang di buat adalah bagaimana sebuah Perusahaan atau seorang
kewirausahaan mampu mengelola kinerja dari Perusahaan itu sendiri sehingga Perusahaan
yang di jalankan bisa berkembang dan lebih maju dan strategi yang di inginkan
bisa tercapai, sesuai dengan visi dan misi dari Perusahaan yang di jalankan.
DAFTAR PUSTAKA
Andreas
tri panudju, andi hasryningsih asfar, fitri fauziah, ‘’ pengukuran kinerja Perusahaan
menggunakan metode balanced scorecard (BSC)’’
Tidak ada komentar:
Posting Komentar