September 20, 2023

Pengukuran kinerja dalam kewirausahaan

 

PENGUKURAN KINERJA DALAN KEWIRAUSAHAAN

Nama: Rosa Amelia

Kode pembisnis: @D11-Rosa 

Abstrak

   Pengukuran kinerja merupakan sebuah metode pengukuran kinerja dari sebuah Perusahaan. Kinerja sendiri bertujuan untuk perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan perhitungan. Hasil dari penelitian ini adalah lebih memfokuskan pada meningkatkan bisnis internal, meningkatkan kualitas produk, efektifitas dalam menghasilkan produk, serta pengenbangan jaringan.

Kata kunci: enalytical hierarchy, blance scorecard (BSC), kinerja, pembobotan  

 

PENDAHULUAN

   Pengukuran kinerja adalah sebuah metode yang dipakai untuk memantau perkembangan organisasi maupun Perusahaan, untuk mempertahankan daya saing yang dimiliki. Pengukuran kinerja juga bertujuan untuk perbandingan antara hasil yang di harapkan dengan hasil yang sesungguhnya.

Untuk menentukan suatu kinerja, visi dari organisasi harus dijabarkan kedalam tujuan (goals) dan sasaran (objectives).

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaliuasi peta strategi yang sesuai dengan visi dan misi.

 

METODE PENELITIAN     

Metode yang digunakan untuk Menyusun artikel ini adalah study kepustakaan, study kepustakaan yaitu menelaah sumber- sumber baik dari buku, jurnal, artiker serta referensi-referensi yang berkaitan dengan pengukuran kinerja.

 

PEMBAHASAN

1.     Penentuan ukuran pencapaian sasaran strategis

Yang perlu di tentukan untuk mengukur keberhasilan atau pencapaian strategi ada 2 yaitu:

1.     Ukuran hasil sebagai lag indicator

2.     Ukuran pemasu kinerja sebagai lag indicator

Penetapan target

Langkah selanjutnya, Menentukan target dan insiatif strategis.

Pembobotan

Pembobotan bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dari masing-masing perspektif, serta kepentingan dari masing-masing tujuan strategis. Hal ini sebagai acuan dalam proses penelitian kinerja organisasi.

 

Pembobotan tingkat tujuan strategis

Adapun respon yang di libatkan pada pembobotan tingkat tujuan strategis adalah:

1.     1. Perspektif keuangan

2.    2.  Perspektif pelanggan

3.     3. Perspektif proses bisnis internal

4.    4.  Perspektif dan pembelajaran dan pertumbuhan

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan dari artikel yang di buat adalah bagaimana sebuah Perusahaan atau seorang kewirausahaan mampu mengelola kinerja dari Perusahaan itu sendiri sehingga Perusahaan yang di jalankan bisa berkembang dan lebih maju dan strategi yang di inginkan bisa tercapai, sesuai dengan visi dan misi dari Perusahaan yang di jalankan.

      

 

 DAFTAR PUSTAKA

Andreas tri panudju, andi hasryningsih asfar, fitri fauziah, ‘’ pengukuran kinerja Perusahaan menggunakan metode balanced scorecard (BSC)’’


Tidak ada komentar:

Posting Komentar