JUDUL 1:“PENYEBAB KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN DALAM
BERWIRAUSAHA”
Pengertin
:
Kewirausahaan
adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat
kreativitas serta berani menanggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan
demi mewujudkan hasil karya. Kewirausahaan merupakan suatu usaha untuk
menciptakan dan mengelola sesuatu yang baru secara inovatif dan kreatif untuk
menentukan peluang.
Sekarang
Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta kewirausahaan baru untuk meningkatkan
struktur ekonomi.Indonesia juga perlu meningkatkan produktivitas dan daya saing
di era digital untuk memacu pertumbuhan wirausaha.
Tujuan
:
1. Meningkatkan
jumlah para wirausaha yang berkualitas.
2. Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan
kesejahteraan masyarakat.
3. Membudayakan
semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan
masyarakat yang mampu,handal, dan unggul.
4. Menumbuh
kembangkan kesadaran dan orientasi Kewirausaha tangguh dan kuat terhadap para
siswa dan masyarakat.
Potensi
dan motivasi kewirausahaan
1. Potensi
kewirausahaan
Potensi
ini merupakan suatu individu yang berniat untuk mengembangkan dan mengelola
bisnis untuk tujuan laba dan pertumbuhan
2. Motivasi
kewirausahaan
Keseluruhan
daya penggerak di dalam diri seorang entreprenuer yang menimbulkan kegiatan
entreperenuaer dan dapat memberikan arah pada kegiatan sehingga tujuan yang
dikehendaki dapat tercapai.
Faktor-faktor
motivasi berwirausaha
1. Faktor
lingkungan
2. Faktor sosiologi
3. Faktor ketersediaan sumber daya
4. Adversity quotient
5. Faktor
personal
Karakteristik
wirausaha
1. Memiliki
Komitmen yang Tinggi
2. Disiplin
3. Percaya
Diri
4. Pantang
Menyerah
5. Memiliki
Kreativitas Tanpa Batas
6. Berani
Mengambil Resiko
7. Kemampuan
sebagai pengorganisasi dan administrator
Setelah
saya menonton video youtube ini saya jadi mengetahui pentingnya generasi muda
memiliki semangat kewirausahaan dan membangun jiwa kewirausahaan ,sehingga
generasi muda mempunyai semangat untuk menjalankan bisnisnya atau
berwirausaha.Jika wirausaha di Indonesia berjalan dan berkembnag dengan
baik,maka negara ini dapat bersaing di era pertumbuhan global yag sangat pesat.
Sumber:
https://youtu.be/mh2v-iKvkB
JUDUL 2:“PENTINGNYA KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM
KEWIRAUSAHAAN”
Pengertian:
Kreativitas
adalah kemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses
berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan perhatian
kemauan kerja keras dan ketekunan.
Modal
kreatifitas:
1. Modal
insani : kecakapan, pengetahuan, keterampilan
2. Modal
sosial : kepercayaan, kejujuran, dan etika
3. Modal
budaya : nilai-nilai, adat-istiadat, kebiasaan
4. Modal
struktur kelembagaan : modal yang berasal dari pemerintah
Cara
meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha:
1. Motivasi
tinggi, bekerja cerdas, kreatif dan inovatif
2. Tidak
takut mencoba hal yang baru
3. Belajar
dari pengalaman keberhasilan dan kegagalan orang lain
4. Berada
di lingkungan orang-orang baik yang memberikan motivasi positif
5. Menjual
hobi dan keahlian yang kita miliki
6. Cekatan
untuk memulai dan menjalani sebuah peluang usaha
7. Mau
menerima kritikan dan masukan orang
8. Jangan pasrah dengan keadaan, berani mengambil
resiko dan siap menerima kegagalan
9. Konsisten
ulet dan tekun
Pengertian
inovasi. Menurut Everett M. Rogers, Inovasi adalah sebuah ide, gagasan, objek
dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh
seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan
Macam-macam
inovasi
1.
Inovasi produk :
pemanfaatan produk baru atau produk yang lebih baik
2.
Inovasi proses bisnis :
metode layanan yang lebih baik
3.
Inovasi organisasi :
pemanfaatan SDM yang lebih efektif
Manfaat
mengembangkan kreativitas dan inovasi
1.
Meningkatkan efisiensi
produk
2.
Sebagai pembeda atau
ciri khas bisnis
3.
Menarik lebih banyak
konsumen
4.
Menciptakan pasar baru
di tengah masyarakat
5.
Mampu bersaing dengan
bisnis kompetitor
Setelah
saya menonton video youtube ini saya setuju bahwa kreativitas dan inovasi itu
sangat penting dalam kehidupan seseorang.Apalagi para entreprenuer atau
wirausaha muda untukselalu berfikir kreativ dan inovatif terhadap bisnis yang
akan mereka jalankan.
Sumber:
https://youtu.be/SZyC1SHOAaY
JUDUL 3:
“EKSPLOITASI IMAJINASI DAN INSTUISI UNTUK PENGGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN”
Imajinasi
merupakan sebuah gambar atau objek angan yang dapat membayangkan atau khayalan.
Intuisi
adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran
rasional dan intelektualitas. Intuisi juga merupakan bentuk perkiraan yang
samar-samar, sering setengah disadari, tanpa diringi proses berpikir yang
cermat scbelumnya, namun kemudian dapat menuntun pada satu keyakinan, yaitu
secara tiba-tiba dan pasti memunculkan satu keyakinan yang tepat.
Strategi
Mengejar Imajinasi konsep Hammel dan Prahalad yaitu strategi mengejar imajinasi
(visi) disebutnya sebagai Strategic Intent. Penyusunan strategi ini
dikembangkan secara bertahap serta konsisten
Strategi
mempertajam intuisi
1.
Pergunakanlah empati
alami kita sesering mungkin
2.
Membaca getaran emosi
orang lain
3.
Merasa takut dan
mengalir melewatinya
4.
Hentikan
penilaian-penilaian pribadi (judgments)
5.
Temukan keheningan
6.
Latih kekuatan
pertanyaan
Karakteristik
Wirausaha yang Sukses
1.
Memiliki komitmen
tinggi terhadap tugasnya
2.
Mau bertanggung jawab
3.
Mempertahankan internal
locus of control
4.
Peluang untuk mencapai
obsesi
5.
Toleransi menghadapi
kebimbangan dan ketidakpastian
6.
Yakin pada diri sendiri
7.
Kreatif dan fleksibel
8.
Ingin memperoleh
balikan segera
9.
Energik tinggi
10. Motivasi
untuk lebih unggul
11. Berorientasi
ke masa depan
12. Mau
belajar dari kegagalan
Disini
dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan suatu bisnis atau uasaha sangat
diperlukan imajinasi dan intuisi didalam diri kita,karena pikiran pikiran yang
ada didalam alam bawah sadar memiliki respon yang spontan.
Sumber:
https://youtu.be/L1cpyd26rL8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar