Abstrak
Artikel
ini membahas tentang bagaimana cara membangun brand identity dalam bisnis dan bagaimana
manfaat yang akan diterima. Latar belakang artikel ini adalah kurangnya
pemahaman mengenai branding. Kebanyakann dari pelaku bisnis masih menilai jika
hanya dengan memiliki logo dan label berarti mereka sudah memiliki brand. Hal inilah
yang menyebabkan bisnis mereka seperti jalan ditempat sehingga harus
mengalokasikan biaya yang tidak sedikit saat menjalankan bisnisnya. Artikel ini
disusun bertujuan agar pemula dapat memahami terkait pentingnya brand identity,
bagaimana cara membangun brand identity yang baik serta manfaat yang akan
dirasakan.
Keywords: Brand,
Identity, Bisnis.
Pendahuluan
Kata
branding pasti sudah tidak asing lagi. Namun, sebagian orang menganggap brand
identity berkaitan dengan logo perusahaan. Brand identity ini biasanya tampak
secara kasat mata terlihat dari nilai produk, warna, hingga simbol yang terus
dibawa sejak awal memperkenalkan produk. Brand identitiy ini bukan hanya untuk
perusahaan dengan skala besar melainkan bisnis menengah dan bisnis kecil
seperti UKM juga perlu membangun brand. Hal inilah yang menjadi salah satu
faktor untuk membentuk persepsi orang-orang terhadap bisnis yang dijalankan. Membentuk
persepsi sangatlah penting karena setiap perusahaan tentunya memiliki value
yang ingin disampaikan kepada para penggunanya. Selain itu, brand identity juga
akan membuat brand menjadi lebih unik sehingga dapat digunakan sebagai pembeda
dengan pesaing. Brand identity yang efektif dan tepat dapat mempengaruhi
pengembangan bisnis, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik perhatian
calon konsumen baru.
Permasalahan
Masalah
utama yang sering dialami oleh mayoritas pelaku bisnis adalah kurangnya
pemahaman mengenai branding. Kebanyakann dari pelaku bisnis masih menilai jika
hanya dengan memiliki logo dan label berarti mereka sudah memiliki brand.
Namun, rasanya usaha mereka seperti jalan di tempat. Kesalahan ini biasanya
dilakukan oleh pemula yang tidak mengenal tentang manajemen bisnis dan
bagaimana cara melakukan marketing. Karena yang mereka lakukan hanyalah rencana
bisnis amatir serta modal yang mencukupi. Dengan banyaknya aspek yang disentuh,
tidak heran jika sebuah bisnis akan berusaha sangat keras hingga mengalokasikan
dana yang tidak sedikit untuk membangun brand identity.
Pembahasan
Identitas
merek (brand identity) adalah seperangkat asosiasi merek yang unik yang
diciptakan oleh para penyusun strategi merek. Asosiasi-asosiasi ini
mencerminkan kedudukan suatu merek dan merupakan suatu janji kepada pelanggan
dari anggota organisasi. Identitas merek akan membantu kemantapan hubungan diantara
merek dan pelanggan melalui proposisi nilai yang melibatkan manfaat fungsional,
manfaat emosional atau ekspresi diri. (Kotler & Keller, 2006). Sedangkan menurut
Aaker (2008) Brand identity merupakan asosiasi merek yang unik yang menunjukkan
janji kepada konsumen. Agar menjadi efektif, identitas merek perlu beresonansi
dengan konsumen, membedakan merek dari pesaing, dan mewakili apa organisasi
dapat dan akan lakukan dari waktu ke waktu. Terdapat cara membentuk brand identity
yaitu:
a. Lakukan
Market Research
Market
research dapat digambarkan sebagai identifikasi sistematis dan objektif,
pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi untuk tujuan membantu manajemen
dalam pengambilan keputusan terkait dengan identifikasi dan pemecahan masalah
dan peluang dalam pemasaran. Market research terhadap target pasar yang baik
juga dapat membantu dalam menentukan bagaimana brand yang akan dibentuk.
b. Gunakan
Logo yang Memorable
Logo
bisa disamakan sebagai CV dari sebuah perusahaan. Melalui logo bisa menceritakan
siapa , bisnis apa yang kamu jalankan, manfaat apa yang akan didapat oleh calon
pelanggan, dan hal-hal kecil lainnya. Hal itu lah yang membuat logo memiliki
makna tersembunyi, baik dari warna, bentuk, atau simbol yang digunakan.
c. Perhatikan
Warna yang Dipilih
Setiap
warna memiliki banyak arti yang mempengaruhi psikologi, Karena setiap warna
memiliki arti psikologinya masing-masing, maka jangan terlalu banyak
menggunakan warna dalam satu desain. Tampilkan warna yang paling mewakili
desain dari merek, pilih beberapa warna utama, tetapi juga dapat memilih warna
sekunder untuk digunakan bersama.
d. Menggunakan
Tipografi yang Tepat
Setiap
brand memiliki karakter dan pesan tersendiri yang mana bisa muncul dan
dimunculkan dari pemilihan jenis huruf. Adapun setiap jenis huruf juga memiliki
karakter sendiri-sendiri. Memilih jenis huruf yang tepat dapat mengeluarkan
maksud karakter dari brand.
Setelah
membangun brand identity dengan baik, maka selanjutnya pelaku usaha akan
mendapatkan manfaat yaitu distributor akan lebih percaya untuk menyalurkan
produk atau jasanya serta kepercayaan konsumen sehingga distribusi produk atau
jasa dari bisnis yang dimiliki menjadi lebih mudah. Loyalitas konsumen yang dimana
secara tidak langsung ini juga akan menambah pendapatan bisnis, karena perusahaan
yang terkenal dengan kualitas layanan atau produknya, semakin disukai oleh
konsumen. Bila konsumen telah mengenal dan menyukai perusahaan tersebut, maka
mereka tidak akan berpikir panjang untuk membeli produk-produk atau jasanya. Selanjutnya,
brand identity ini memiliki manfaat yaitu referensi profesional yang dimana ini
dapat merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain yang sedang
membutuhkan.
Dalam
melakukan brand identity ini terdapat dua pihak, yang pertama diri sendiri
karena saat melakukan brand identity sendiri maka biaya atau pengeluaran yang
kecil, namun perlu diperhatikan juga jika melakukannya sendiri karena harus
ekstra dan perlu mengeluarkan banyak tenaga. Pihak yang kedua adalah jasa
profesional, karena dengan menggunakan pohak kedua maka pemilik bisnis akan
mendapatkan sudut pandang profesional dan feedback yang baik, namum pemilik bisnis
harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sehingga untuk melakukan brand
identitiy harus diperhitungkan dengan matang terkait finansial bisnis.
Kesimpulan
Merancang
brand identity yang sukses membutuhkan banyak kerja keras dan kolaborasi. Untuk
menjaga bisnis tetap pada rencana yang sama dan memberdayakan tim untuk
melakukan pekerjaan terbaik, pastikan mereka terdidik, terinspirasi dan
memiliki alat yang mereka dibutuhkan. Dan jika merasa kewalahan atau tidak
memiliki sumber daya untuk mengerjakan sendiri proyek tersebut, pertimbangkan
untuk membawa bantuan ahli. Pastikan juga dalam memiliki bisnis pengelolaan
yang matang terutama dalam proses pembukuan dan pengelolaan keuangan usaha. Setelah
mengetahui pentingnya brand identity bagi perusahaan, perlu juga memperhatikan
hal-hal yang sebaiknya dihindari, seperti tidak meniru identitas brand yang
dibuat oleh kompetitor dan hindari mengunggah konten secara tidak konsisten.
Daftar Pustaka
Trias,
Ismi. (2021). Memahami Brand Identity dan Manfaatnya bagi Perusahaan. Glints.
Online.
Andy,
Nugroho. (2020). Pentingnya Membangun Brand Identity bagi Perusahaan. Qwords.
Online.
Feriawan,
Hidayat. (2021). Branding Jadi Kendala Utama Pelaku UMKM. Beritasatu. Online.
Afkar,
Azhfar. (2022). Memahami Brand Identity dan Manfaatnya untuk Bisnis. Businesstech.
Online.
Junaedi,
Nur Lella. (2022). Brand Identity dan Manfaatnya. Ekrut Media. Online.
Modul
Kewirausahaan III. Universitas Mercu Buana. Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar