Indah
Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)
Abstrak
Komitmen kelompok
sangatlah penting bagi para anggota kelompok yang sedang dalam proses
pembelajaran maupun tahap pengembangan untuk meningkatkan kelompoknya. Kelompok
yang berkembang disebabkan anggotanya memiliki pemikiran yang kreatif dan
semangat melakukan apa yang sudah dipikirkan, anggotanya yang seperti itu
merupakan anggota yang memiliki emosional berkomitmen pada kelompoknya dan pada
diri sendiri. Namun karena pengetahuan peserta tentang konsep motivasi dan
kewirausahaan masih sangat rendah maka mereka membutuhkan pembinaan lebih
lanjut agar dapat menerapkan kedua konsep tersebut. Sehingga, dapat disimpulkan
bahwa pelatihan teamwork dapat digunakan untuk meningkatkan komitmen kelompok.
Kata
kunci : Pelatihan tim, motivasi, komitmen kelompok
Pendahuluan
Sebuah organisasi
bisnis ataupun organisasi bidang lain, team work sangat penting. Karena dengan
kerjasama tim, di dalamnya ada sebuah persenyawaan antar berbagi potensi
sehingga tujuan organisasi bisa tercapai dengan mudah. Kerjasama yang baik dan
yang didasarkan pada kebersamaan menghasilkan sebuah ekspektasi. Tetapi yang
namanya kerjasama tim merupakan ucapan yang sulit diwujudkan, berbeda dengan
pengucapannya seringkali diulang dan dikemas dalam tatabahasa yang enak
didengar.
Pengertian team work
adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan
tujuan yang direncanakan bersama. Team Work merupakan suatu bentuk kerja sama
dalam beberapa sumber daya manusia, berasal dari latar belakang yang berbeda,
kedudukannya sama, dan eksis dalam berorganisasi atau perkantoran untuk
menjalankan komitmen dan meraih tujuan yang sama. Kerja sama dalam tim kerja
menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi
kerja. Kerja sama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki
energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim.
Pembahasan
Sebagaimana disampaikan
oleh beberapa ahli tentang pengertian teamwork, sebagaimana disampaikan oleh
Tracy (2006) menyatakan bahwa teamwork merupakan kegiatan yang dikelola dan
dilakukan sekelompok orang yang tergabung dalam satu organisasi. Tim
beranggotakan orang-orang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda dan
dikoordinasikan untuk bekerja sama dengan pimpinan. Terjadi saling
ketergantungan yang kuat satu sama lain untuk mencapai sebuah tujuan atau
menyelesaikan sebuah tugas. Dengan melakukan teamwork diharapkan hasilnya
melebihi jika dikerjakan secara perorangan.
Tim yang efektif adalah
sebuah tim yang memungkinkan anggotanya untuk bisa menghasilkan penyelesaian
tugas yang lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan hasil kerja perorangan
karena hasil kerjanya merupakan hasil dari kontribusi anggota-anggota tim
secara bersama-sama. Anggota-anggotanya saling berkolaborasi untuk mencapai
tujuan. Konsep-konsep teamwork dapat digambarkan sebagai berikut :
Dari pengertian,
kerangka konsep tersebut dapat disimpulkan bahwa defenisi teamwork secara
operasional merupakan konsep kehidupan manusia itu sendiri yang dilahirkan
secara fitrah bahwa manusia sebagai makhluk sosial senantiasa membutuhkan orang
lain. Meskipun hidup berkecukupan, kecerdasan yang cukup dan kekuatan fisik
yang cukup, ia akan selalu membutuhkan lingkungan dimana dia bisa berbagi,
saling memberi support dan bergotong royong. Manusia tidak hanya membutuhkan
agama, ilmu pengetahuan, atau hiburanatau kesenian, tetapi juga kebersamaan.
Semuanya diperlukan. Karena dengan agama hidup lebih terarah, dengan
pengetahuan hidup akan lebih mudah, dengan seni hidup lebih indah dan dengan
kebersamaan hidup akan lebih berfaidah.
Kesimpulan
Dalam definisi singkat,
teamwork merupakan serangkaian nilai, sikap dan perilaku dalam sebuah tim.
Sehingga tidak selalu terdiri dari sekumpulan orang dengan gaya, sikap, maupun
cara kerja yang sama. Perbedaan antar tim justru merupakan potensi yang akan
membuat sebuah tim menjadi kreatif dan inovatif. Untuk mencapai kerjasama tim
yang baik perlu ditumbuhkan sikap positif di antara anggota tim. Antara lain
kebiasaan untuk saling mendengarkan sehingga tercipta komunikasi yang baik,
memberikan dukungan kepada anggota tim yang membutuhkan, dan apresisasi
terhadap kontribusi dan pencapaian yang diperoleh dari setiap anggota tim.
Daftar
Pustaka
Ed. Drucker, P.F. 1985. Innovation and
Entrepreneurship, Practice and Principles, New York.
Muhammad Kadafi, (Staf Pengajar Jurusan Akuntansi
Politeknik Negeri Samarinda) Pentingnya kerjasama tim dan orientasi hasil
terhadap kinerja karyawan.
Bygrave, William D. 1997. The Portable MBA in
Entrepreneurship, John Willey & Sons, Inc. @nd, New York.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar