Muhammad Fikri Aditya (@V03-FIKRI)
People management mengacu pada praktik merekrut, melatih,
melibatkan, dan mempertahankan karyawan untuk mengoptimalkan bakat pekerja dan
memaksimalkan produktivitas pekerja. People management adalah topik luas yang
mencakup apa artinya mengembangkan, mengatur, memecahkan masalah, dan
menumbuhkan sisi karyawan. Keterampilan ini berkisar dari mampu menengahi
bentrokan kepribadian antara anggota tim hingga membangun strategi manajemen
kinerja yang efektif.
People management berbeda dari manajemen kinerja karena
melampaui pertimbangan pekerjaan karyawan dan sebaliknya berfokus lebih luas
pada kesejahteraan karyawan. Sementara manajemen kinerja adalah tentang proses berkelanjutan untuk menetapkan dan
mengevaluasi kemajuan karyawan terhadap tujuan yang ditetapkan, People
management adalah tentang memungkinkan karyawan untuk memecahkan masalah dan
terlibat secara efektif dengan anggota tim lainnya. Anda memiliki tim manajemen
karena Anda tidak mengharapkan karyawan untuk secara ajaib membuat dan
menegakkan struktur perusahaan. Demikian pula, ide di balik People management
adalah bahwa Anda memiliki manajer karena Anda juga tidak dapat mengharapkan
karyawan untuk mengelola pengembangan, proses, dan masalah pekerja pekerja
sendiri.
Keterampilan yang dibutuhkan dalam people management
1.
Komunikasi,
keterampilan komunikasi sangat penting untuk dikuasai dan diterapkan
dalam people management karena setiap hari harus berkomunikasi secara langsung
dengan karyawan.
2.
Mendengarkan,
dalam pekerjaan sudah pasti akan ada banyak sekali karyawan yang bertanya
ataupun bercerita mengenai pekerjaannya kepadamu di setiap hari. Dengan keadaan
seperti ini, kamu harus dituntut untuk mendengarkan secara baik. Ketika sesepekerja
meminta saran, berikan saran yang terbaik agar dapat menelesaikan masalahnya.
3.
Manajemen
konflik, dalam setiap tim pasti ada konflik yang akan terjadi, entah itu
perbedaan pendapat atau masalah lainnya, maka dari itu dibutuhkan manajemen
konflik agar bisa menyelesaikan dengan baik.
4.
Kolaborasi,
hal yang harus dimaksimalkan dengan baik, begitu juga saat kamu menjadi
manajer.Selain kolaborasi dengan manajer lainnya, kamu juga dituntut untuk
berkolaborasi dengan karyawanmu.
5.
Fleksibel,
Jika tiba-tiba ada karyawan yang meminta bantuan terhadap terkait masalah satu
proyek, kamu harus membantunya. Intinya, dalam keadaan apapun, fleksibilitas
penting untuk dimiliki oleh sepekerja manajer.
Cara
meningkatkan people
management
1.
Memelihara budaya belajar, Yang penting, elemen
kunci dari setiap budaya
belajar adalah merangkul kemunduran dan kesalahan sebagai
bagian penting dari proses pembelajaran yang positif. Sikap ini membantu pekerja
merasa aman dan
membangun kepercayaan dalam mendekati manajer pekerja untuk membantu memperbaiki
kesalahan atau mengatasi kemunduran.
2.
Latih umpan balik yang konstan, Umpan Balik
membuat organisasi berjalan lancar, tetapi harus berjalan dua arah: dari
manajer ke pekerja-pekerja pekerja dan sebaliknya. Lagi pula, tidak ada yang
bisa memperbaiki masalah tanpa mengetahui itu ada.
3. Pertimbangkan nilai kepemimpinan laissez-faire, kepemimpinan Laissez-faire atau "biarlah" adalah gaya memimpin yang tidak berlaku untuk setiap situasi, tetapi merefleksikan nilainya dapat memberikan wawasan penting tentang manajemen pekerja. Kepemimpinan Laissez-faire dibangun di sekitar mempercayai pekerja untuk melakukan apa yang perlu pekerja lakukan, tanpa manajer pekerja terlalu terlibat.
Efektivitas people management
meningkatkan budaya perusahaan
Berinvestasi
pada karyawan melalui praktik manajemen orang yang disengaja memberdayakan pekerja
untuk memberi kembali kepada perusahaan pekerja dengan pekerjaan berkinerja
tinggi. Manajemen orang yang strategis dan hati-hati dapat mendorong kemajuan,
pengalaman karyawan yang positif, dan pertumbuhan, sehingga memungkinkan budaya
perusahaan yang berkembang.
References:
Adieb, Maulana. 2020. Menjadi Manajer yang Baik dengan
Memahami Keterampilan People Management. Glints.
Malec, Melissa. 2022. People Management. Learnerbly
Glossary. People Management. Bob
Tidak ada komentar:
Posting Komentar