Konsep dan Sejarah Telemarketing
Telemarketing
adalah jenis pemasaran langsung di mana seorang tenaga penjualan memberikan
informasi kepada pelanggan tentang suatu produk atau layanan melalui telepon
untuk membujuk mereka agar membelinya. Ini adalah strategi yang cukup sering
dan umum digunakan untuk menjangkau klien potensial. Telemarketing adalah
teknik pasar langsung untuk menjual barang dan jasa, membuat janji temu, dan
menghasilkan prospek penjualan melalui telepon. Meskipun telepon telah
digunakan sebagai alat penjualan selama hampir satu abad, istilah telemarketing pertama kali digunakan oleh
AT&T pada awal 1980-an bersamaan dengan kampanye penjualan layanan telepon
jarak jauh.
Telemarketing membutuhkan sikap profesional, perencanaan,
dan kerja keras untuk membuat kesuksesan. Telemarketing dapat menjadi alat
penjualan hemat uang yang kuat untuk bisnis kecil. Meskipun mungkin ada
penolakan pelanggan untuk menjual barang dagangan melalui telepon, serangkaian
strategi bisnis telemarketing yang baik dapat membantu rekanan Anda mengatasi
penolakan dan menemukan penjualan yang menguntungkan. Perusahaan telemarketing membutuhkan daftar
calon pelanggan untuk menghasilkan pendapatan baru. Salah satu strategi bisnis
yang dapat digunakan oleh bisnis telemarketing adalah memperlakukan pelanggan
saat ini dan masa lalu sebagai sumber pendapatan yang berkelanjutan. Dengan
terus mengembangkan daftar pelanggan pembelian, memberi perusahaan fondasi
pendapatan yang memungkinkan pelanggan baru untuk membantu mengembangkan
bisnis. Miliki sistem manajemen kontak yang melacak semua pelanggan, apa yang
mereka beli, kapan mereka membeli, dan informasi lain yang dapat diketahui oleh
rekan Anda. Seiring dengan memanggil daftar prospek baru, rekanan harus meminta
kesuksesan masa lalu untuk mempertahankan kontak dan melanjutkan aliran
pendapatan.
Cara Kerja Telemarketing
Telemarketing adalah praktik menghubungi, memeriksa, dan
mendekati pelanggan potensial. Ini tidak termasuk penggunaan metode pemasaran surat langsung. Telemarketing
dapat dilakukan dari pusat panggilan, kantor, atau, semakin, rumah. Sering
kali, telemarketing dapat melibatkan satu panggilan untuk menilai minat atau
kesesuaian, dan kemudian panggilan tindak lanjut untuk mengejar penjualan.
Berbagai data dapat digunakan untuk mempersempit database nama yang besar
menjadi sejumlah kecil prospek pelanggan dengan probabilitas lebih tinggi. Telemarketing
digunakan oleh bisnis nirlaba, badan amal nirlaba, kelompok dan kandidat
politik, survei, ajakan donasi, riset pemasaran, dan jenis organisasi lainnya.
Kegiatan Telemarketing
·
Outbound: Perusahaan secara aktif menjangkau
prospek pelanggan dan pelanggan yang ada melalui panggilan telemarketing
keluar, juga dikenal sebagai panggilan "dingin".
·
Inbound: Panggilan telemarketing ini didasarkan
pada pertanyaan masuk tentang produk atau layanan sebagaimana didorong oleh
upaya periklanan atau penjualan. Ini dianggap panggilan "hangat"
karena pelanggan biasanya akan mengirimkan formulir minat secara online atau
sudah akrab dengan perusahaan.
·
Lead Generation: Ini adalah kumpulan kecerdasan
tentang profil, minat, dan data demografis pelanggan potensial.
·
Sales: Telemarketer yang merupakan tenaga
penjualan terlatih terlibat dalam aktivitas persuasif ini. Mereka bertujuan
untuk menutup kesepakatan di telepon.
Tolak Ukur keberhasilan Telemarketing
·
Informasi pelanggan. Telemarketer harus tahu mengapa orang-orang
yang dipanggil adalah prospek yang baik - apakah mereka membuka pesan email
tentang produk atau mengikuti pengundian hadiah di pameran dagang.
·
Pengetahuan. Individu yang melakukan panggilan penjualan
harus mengetahui produk yang mereka jual dan perusahaan yang mereka wakili, dan
juga harus dapat menjawab pertanyaan tentang keduanya. Mereka juga harus
dilatih dalam keberatan pembelian yang khas dan bagaimana mengatasinya dalam
percakapan.
·
Empati. Seorang telemarketer empati yang menunjukkan
keterampilan mendengarkan lebih mampu mengembangkan hubungan pelanggan daripada
penelepon yang berfokus pada tidak lebih dari penjualan.
·
Iklan. Karena pelanggan membutuhkan beberapa kontak
dalam berbagai bentuk - iklan, surat langsung, dan sebagainya - panggilan
telemarketing harus menjadi bagian dari upaya pemasaran yang lebih besar.
References
Anon. Telemarketing. Shopifty
Kenton, Will. 2022. Telemarketing. Investopedia
Akhrin, Dimitri. 2021. Telemarketing For Small Business:
Four Tips For Success. Forbes
Knes, Michael. Telemarketing. Reference for Business
Tidak ada komentar:
Posting Komentar