Gavina Tamara
46119010019
@V37-GAVINA
Pentingnya Digital Marketing Dalam Kewirausahaan
Digital Marketing mampu mempermudah dalam berbisnis karena berbasis melalui sosial media maupun online. Menurut Zimmerer (2008), ada 8 faktor pendorong pertumbuhan kewirausahaan, salah satu diantaranya yaitu kemajuan teknologi (Misnawati, Yusriadi, 2018). Dampak positif dari penggunaan teknologi ini untuk keberhasilan usaha serta dapat memberikan banyak kemudahan dalam aktivitas usaha, seperti kemudahan akses informasi, perluasan jaringan untuk komunikasi. Dari sinilah muncul berbagai media sosial berbasis teknologi seperti, facebook, instagram, grab, shoope, lazada, olx Bukalapak, dll.Fungsi utama dalam pemanfaatan telnologi untuk wirausaha ini untuk kegiatan promosi dimana informasi barang yang kita jual dapat diakses oleh orang banyak sertapengeluaran biaya yang rendah yang menjadi nilai plus dalam marketing digital ini. Berdasarkan latar belakang yang telah dituliskan dapat dirumuskan bagaimana peran digital marketing dalam bagi Wirausaha Pemula yang sekarang sangat wajib untuk dipelajari bagi para wirausahawan.
Di era sekarang saat orang-orang banyak kehilangan pekerjaan, menjadi wirausahawan sangatlah dibutuhkan untuk membantu warga sekitar. Bagi para pelaku usaha yang dituntut untuk lebih mengetahui penggunaan internet melalui digital marketing agar omzet mereka bertambah. Digital marketing/online marketing adalah salah satu alternatif usaha yang dilakukan seorang untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa di era globalisasi apalagi pada masa pandemi seperti ini. Hal ini dirasa sangat efektif dan efisien. Tidak perlu mengeluarkan tenaga yang cukup banyak. Hanya saja diperlukan keterampilan dan kreatifitas yang tinggi agar orang tertarik dengan produk/jasa yang dipasarkan. Sebagaimana yang telahdisampaikan oleh penulis diatas bahwaasanya peran digital marketing sangatlah penting untuk menghemat pengeluaran dalam berwirausaha serta budaya internet yang mengakibatkan orang lebih senang belanja online daripada belanja di tempat tujuan.
Dengan melakukan pemasaran melalui media sosial, tentu akan menjadi penunjang kesuksesan bisnis, menarik minat konsumen, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Maraknya pertumbuhan usaha berhasil memperketat persaingan pasar saat ini. Situasi ini dengan tegas memaksa para pelaku usaha untuk dapat mengoptimalkan strategi pemasaran serta produktivitasnya. Sehingga dengan semakin ramainya persaingan pasar, usahanya tetap bertahan bahkan berkembang di tengah banyak munculnya peluang usaha lain yang semakin ramai dan kreatif.
Referensi:
Nugraha, A. A., Sari, E. N., Dzuchroidah, & K, A. N. (2021). PERAN DIGITAL MARKETING BAGI WIRAUSAHA PEMULA DI DESA SAMBONG DUKUH KABUPATEN JOMBANG. Jurnal Inovasi Ekonomi, 5, 29-34.
Maulidasari, C. D., & Setiyana, R. (2020, Januari). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2, 63-73.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar