Pengaruh Kualitas
Pelayanan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan
Putri Virginia
Valensi (@V26- Virginia)
Abstrak
Kepuasan
pelanggan sangat penting untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, agar
pelanggan tetap setia membeli barang atau jasa. Kepuasan pelanggan merupakan
hasil evaluasi purna beli setelah membandingkan apa yang dirasakan dengan
harapan pelanggan. Sedangkan Kualitas Pelayanan adalah tingkat layanan yang
berkaitan dengan harapan dan kebutuhan pelanggan atau pengguna. Hal ini berarti
bahwa layanan tersebut berkualitas jika perusahaan atau lembaga tertentu mampu
menyediakan produk dan jasa (layanan) sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan
harapan pelanggan / pengguna. Persaingan dalam dunia bisnis saat ini semakin
ketat. Agar pelanggan puas dan tidak berpindah ke tempat lain, maka
perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan.
Kata
kunci :
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan
Abstract
Customer satisfaction is very important to maintain
customer loyalty, so that customers remain loyal to buy goods or services.
Customer satisfaction is the result of after-purchase evaluation after
comparing what is felt with customer expectations. While Service Quality is the
level of service related to the expectations and needs of customers or users.
This means that the service is qualified if a particular company or institution
is able to provide products and services (services) in accordance with the
wishes, needs and expectations of customers / users. Competition in today's
business world is getting tougher. So that customers are satisfied and do not
move to another place, the company must know the factors that affect customer
satisfaction.
Keywords: Customer
Satisfaction, Service Quality
Pendahuluan
Perkembangan
dunia bisnis saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, baik bisnis yang
bergerak di bidang jasa atau bidang non jasa. Perkembangan perekonomian secara
menyeluruh yang diiringi dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan
menciptakan sebuah persaingan yang semakin ketat, baik di pasar domestik maupun
pasar internasional. Oleh karena itu dalam persaingan yang demikian, perusahaan
dituntut untuk dapat memuaskan pelanggannya dengan menciptakan produk atau jasa
yang berkualitas sesuai dengan keinginan konsumen. Kualitas jasa merupakan
tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan
tersebut bertujuan memenuhi keinginan pelanggan agar merasa puas. Kualitas
dapat diartikan sebagai derajat yang dicapai oleh karakteristik yang berkaitan
dalam memenuhi persyaratan. Kepuasaan pelanggan adalah tingkat perasaan
seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan
dengan harapannya (Kotler & Keller, 2007). Dari definisi di atas dapat
ditarik kesimpulan bahwa kepuasan pelanggan yang ditinjau dari sisi pelanggan
yaitu mengenai apa yang telah dirasakan pelanggan atas pelayanan yang telah
diberikan dibandingkan dengan apa yang mereka inginkan. Sedangkan ketidakpuasan
timbul apabila hasil yang diinginkan tidak memenuhi harapan. Kepuasan pelanggan
terhadap suatu produk ataupun jasa, sebenarnya sesuatu yang sulit untuk didapat
jika perusahaan jasa atau industri tersebut tidak benar-benar mengerti apa yang
diharapkan oleh konsumennya.
Permasalahan
Berdasarkan
pendahuluan diatas maka dapat dirumuskan
masalah ialah apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan
terhadap pelayanan disuatu perusahaan? dan apakah Kualitas pelayanan yang baik
akan memberikan dampak yang baik pula bagi perusahaan ?
Pembahasan
Dari
permasalahan permasalahan diatas dapat kita ketahui bahwa
Menurut
Kasmir (2017), Pelayanan pelanggan adalah tindakan atau perbuatan seseorang
atau suatu organisasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, sesama
karyawan, dan juga pimpinan. Sedangkan Kualitas pelayanan menurut (Kotler,
2008) adalah sebuah kinerja yang dapat ditawarkan oleh seseorang kepada orang
lain. Kinerja ini dapat berupa tindakan yang tidak berwujud serta tidak
berakibat pada kepemilikan barang apapun dan terhadap siapapun. Poin utamanya
adalah pelayanan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang penjual
kepada pembeli / konsumennya demi memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Perilaku tersebut bertujuan pada tercapainya kepuasan pelanggan itu sendiri.
Menurut
Rangkuti (2010), pelayanan terhadap pelanggan memiliki tiga aspek utama, yaitu
sebagai berikut:
1.
Personalized.
Memberikan pelayanan dengan sepenuh hati
kepada pelanggan secara personal, yaitu dengan cara menyebut nama pelanggan
pada waktu berhubungan sambil tersenyum.
2.
Memorable
Memberikan pelayanan yang akan selalu
dikenang oleh pelanggan. Misalnya dengan cepat tanggap membantu permasalahan
pelanggan.
3.
Timely
Saat ini bukan zaman memberikan pelayanan
yang lambat kepada pelanggan. Pelanggan yang menggunakan produk atau jasa
perusahaan adalah pelanggan yang sibuk dan istimewa.
Dimensi
– dimensi Kualitas Pelayanan
· Bukti fisik
(Tangible)
Bukti fisik merupakan suatu service yang
bisa dilihat, bisa dicium dan bisa diraba, maka aspek tangible menjadi penting
sebagai ukuran terhadap pelayanan. Bukti fisik suatu perusahaan dalam
menunjukkan esksitensinya kepada pihak eksternal. Tangible yang baik akan
mempengaruhi persepsi pelanggan.
· Kehandalan
(Reliability)
Reliability merupakan kemampuan perusahaan
untuk melaksanakan jasa sesuai dengan apa yang telah dijanjikan secara tepat
waktu. Jadi
komponen atau unsur dimensi reliability ini merupakan kemampuan perusahaan
dalam menyampaikan jasa secara tepat dan pembebanan biaya secara tepat.
· Ketanggapan
(Responsiveness)
Merupakan kemampuan perusahaan yang dilakukan
langsung oleh karyawan untuk memberikan pelayanan dengan cepat dan tanggap.
Daya tanggap dapat menumbuhkan persepsi yang positif terhadap kualitas jasa
yang diberikan.
· Jaminan
(Assurance)
Merupakan pengetahuan dan perilaku
employee untuk membangun kepercayaan dan keyakinan pada diri konsumen dalam
mengkonsumsi jasa yang ditawarkan. Dimensi ini sangat penting karena melibatkan
persepsi konsumen terhadap resiko ketidakpastian yang tinggi terhadap kemampuan
penyedia jasa. Perusahaan membangun kepercayaan dan kesetiaan konsumen melalui
karyawan yang terlibat langsung menangani konsumen.
· Empati (Empathy)
Merupakan kemampuan perusahaan yang
dilakukan langsung oleh karyawan untuk memberikan perhatian kepada konsumen
secara individu, termasuk juga kepekaan atau kebutuhan konsumen. Jadi komponen
dari dimensi ini merupakan gabungan dari akses (access) yaitu kemudahan untuk
memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
Dampak
kualitas pelayanan pelanggan yang baik bagi Perusahaan
a.
Pelanggan
akan setia.
b.
Pelanggan
bisa menjadi media iklan.
c.
Kelangsungan
bisnis jangka panjang terjamin.
d.
Pelanggan
tidak akan mempermasalahkan mengenai harga karena rasa kepercayaan pelanggan
terhadap perusahaan, maka pelanggan tidak akan mempermasalahkan mengenai harga
terhadap suatu produk yang ditawarkan perusahaan
e.
Pelanggan
merasa puas karena kebutuhannya terpenuhi.
f.
Nama
baik perusahaan meningkat.
g.
Unggul
dalam persaingan bisnis.
Menurut
Utami (2006), terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan terhadap pelanggan, antara lain yaitu sebagai berikut:
•
Memberi
informasi dan pelatihan.
Karyawan atau
penyedia jasa harus memahami barang dagangan yang ditawarkan, maupun kebutuhan
pelanggan sehingga dengan informasi ini karyawan dapat menjawab pertanyaan dan
menyarankan produk ke pelanggan.
•
Menyediakan
dukungan emosional.
Layanan penyedia
jasa harus mempunyai pendukung untuk menyampaikan layanan yang diinginkan oleh
pelanggan.
•
Meningkatkan
komunikasi internal dan menyediakan pendukung.
Ketika melayani
pelanggan, karyawan sering harus mengatur konflik antara kebutuhan pelanggan
dan kebutuhan perusahaan.
•
Menyediakan
perangsang.
Beberapa ritel
menggunakan perangsang, seperti membayar komisi pengawas, memberikan komisi
untuk target penjualan untuk memotivasi karyawan, dan perangsang ini dapat memotivasi
tingginya kualitas layanan
Kesimpulan
Dapat
disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan terhadap pelayanan disuatu perusahaan karena karyawan mampu
memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan Setiap peningkatan kualitas
layanan dapat mendorong peningkatan kepuasan pelanggan memberikan dampak
positif bagi perusahaan.
Daftar
Pustaka
Vidio
Pembelajaran Kewirausahaan pekan 7
Lubis, Syahri dan Andayani, Rahmah. 2017. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
(SERVICE QUALITY) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. SUCOFINDO BATAM. Jurnal
Politeknik Negeri Batam
Akbar.2020. Kualitas
Pelayanan Adalah. Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar