Oleh : Ellyza Tri Septianingrum (@V23-Ellyza)
ABSTRAK
Kemajuan teknologi yang ada saat ini
mendorong proses digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan seperti
perbelanjaan online, taksi online, promosi online, dan lainnya. hal tersebut
sangat membantu kehidupan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Tren
digitalisasi ini juga saya terapkan dalam bisnis saya sendiri yang saya
kembangkan bersama dengan saudara saya. Dengan menerapkan kemajuan teknologi,
saya memanfaatkan digital marketing guna mempromosikan bisnis saya. Dari penerapan
tersebut, input yang saya dan saudara saya rasakan ialah kemajuan pada bisnis
kami, jangkauan yang kami dapatkan lebih luas dan kemudahan dalam menjalankan
bisnis. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa kemajuan teknologi dan
proses digitalisasi ini sangat membantu dalam dunia bisnis.
Keyword : Teknologi, Bisnis, Digital Marketing
PENDAHULUAN
Dunia digital tampaknya sudah sangat
dekat dengan kehidupan manusia saat ini. Hampir seluruh aspek menerapkan
digital sebagai faktor pendukungnya. Hal tersebut membuat kemajuan teknologi
yang ada saat ini semakin berkembang pesat. Salah satu aspek yang terhubung
dengan dunia digital ialah aspek bisnis dan usaha. Dalam dunia bisnis, banyak
pelakubisnis yang saat ini sudah menerapkan digitalisasi sebagai salah satu
faktor pendukung kemajuan bisnisnya. Mereka menggunakan digitalisasi sebagai
ajang untuk pemasaran, penjualan, pemesanan, pengiriman, dan masih banyak lagi.
Hal tersebut tentunya merupakan dampak yang cukup baik yang dirasakan tidak
hanya oleh pelaku bisnis melainkan juga oleh konsumen. Efektifitas dan
efisiensi waktu dapat dirasakan oleh konsumen apabila sebuah bisnis tersebut
menerapkan digitalisasi.
Menurut Wikipedia Digitisasi (bahasa Inggris: digitizing) merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan proses alih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video menjadi bentuk digital. Digitisasi dilakukan untuk membuat arsip dokumen bentuk digital, untuk fungsi fotokopi, dan untuk membuat koleksi perpustakaan digital. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini
penerapan teknologi pada bidang bisnis sudah semakin maju. Sebagai contoh saat
ini tren E-Commerce atau pasar online
seperti Shopee, Tokopedia, dll, sedang digandrungi oleh masyarakat. Berbagai alasan
mendukung banyaknya pengguna E-Commerce ini mulai dari kemudahan memilih dan membeli
barang tanpa harus pergi ke took, hingga kemudahan membayar tanpa harus
transfer. Dari dua faktor tersebut dapat dikatakan bahwa adanya teknologi dan
digitalisasi ini cukup membantu para pelaku bisis dan konsumennya. Digitalisasi
juga sangat membantu UMKM yang belum memiliki nama besar untuk dapat memasarkan
produknya. Hanya dengan memanfaatkan media social, UMKM tersebut sudah dapat
membuat produknya dikenal oleh masyarakat tanpa harus memiliki nama besar dan
memiliki kios pada sebuah pusat perbelanjaan.
Kemajuan teknologi dan digital ini
juga menjadi salah satu alasan saya menggunakan digital sebagai wadah promosi
bisnis saya, yang mana penerapan digital ini saya manfaatkan dalam bentuk
digital marketing. Contohnya akan dibahas pada bagian pembahasan
PERMASALAHAN
Dari
uraian di atas maka terdapat beberapa permasalahan yang akan di bahas pada
artikel ini, yaitu :
1. Apa
yang dimaksud dengan digital marketing dan bagaimana penerapannya ?
2. Contoh
penerapan Digital Marketing dalam bisnis pribadi (Wedding Organizer)
PEMBAHASAN
1. Digital
Marketing & Penerapannya
Ø
Digital marketing dapat diartikan sebagai
kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang
dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau
sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien.
Jika pemasaran tradisional menggunakan media cetak sebagai
sarananya, pemasaran digital banyak menggunakan media-media daring.
Ø Penerapan
Digital marketing memiliki berbaga macam bentuk seperti promosi melalui akun social
media pribadi (Social Media Marketing) Promosi berbayar melalui artis (Endors),
Promosi melalui Website, Promosi melalui konten (Content Marketing) dan masih
banyak lagi
2. Contoh
Penerapan Digital Marketing dalam Bisnis Pribadi (Wedding Organizer)
Ø Penerapan
digital marketing dalam bisnis yang saya jalankan bersama saudara saya
menggunakan social media marketing, dimana kami menawarkan jasa dan
mempromosikan penawaran kami melalui social media (instagram, facebook, tiktok)
yang kami punya. Hasil dari penerapan social media marketing ini ialah kami
berhasil mendapatkan banyak konsumen dan mengembangkan bisnis kami dengan cara
menambah jalinan kerja sama dengan beberapa vendor besar seperti hotel bintang
5, restoran, gedung, dsb sebagai tempat penyelenggaraan acara. Kami juga pernah
menerapkan promosi berbayar melalui instagram dengan tujuan agar jangkauan yang
kami dapatkan bisa lebih luas.
KESIMPULAN
Adanya kemajuan teknologi dan
digitalisasi memang memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh siapa
saja. Mulai dari belanja online, taksi online, promosi online, dan yang lainnya
terbukti sangat memudahkan pelaku usaha dan masyarakat umum dalam menjalani
kehidupan sehari – hari. Namun pengaruh kemajuan teknologi dan digitalisasi juga
memiliki dampak buruk seperti konten tidak pantas bagi anak dibawah umur yang
masih bisa diakses dengan mudah. Tentunya kita sebagai pengguna teknologi harus
dapat menggunakannya dengan bijak. Memanfaatkan teknologi sebaik mungkin
seperti untuk ajang digital marketing dan menjauhi dampak negative yang
diberikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Wikipedia.
2022. Digitalisasi. Dalam : https://id.wikipedia.org/wiki/Digitisasi
Gumilang,
Risa Ratna. 2019. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan
Hasil Home Industri. Dalam : file:///C:/Users/X441B/Downloads/25-Article%20Text-116-2-10-20191124.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar