Abstrak
Latar belakang artikel ini yaitu
adanya perkembangan ekonomi. Hal ini yang menyebabkan entrepreneur harus dapat
berkembang juga bahkan hingga memperjual belikan produknya di pasar internasional.
Artikel ini bertujuan agar para entrepreneur di Indonesia dapat menjangkau
bahkan mamasuki pasar internasional, dimana pasar global ini memiliki potensi
yang luar biasa dengan jangkauan konsumen yang sangat luas. Terdapat upaya yang
harus dilakukan oleh entrepreneur untuk dapat memasuki bahkan bertahan di pasar
global. Perdagangan global ini menjadi penting bagi sebuah negara, karena hal
ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan pasar bagi produk-produknya
dan akses ke sumber-sumber daya yang dibutuhkan.
Keywords: Pasar Internasional,
Entrepreneur, Pertumbuhan Ekonomi.
Pendahuluan
Perkembangan kondisi ekonomi saat
ini menuntut seorang entrepreneur untuk selalu update terhadap perubahan
lingkungan yang terjadi. Seiring dengan semakin matangnya pasar domestik dan
melambatnya pertumbuhan penjualan, maka perusahaan-perusahaan di setiap
industri akan menyadari meningkatnya arti penting pengembangan bisnis di negara-negara
lain. Jika berbicara mengenai strategi maka kondisi eksternal nantinya akan
mempengaruhi strategi yang akan dipergunakan oleh perusahaan. Selain perluasan
pasar, penyebaran produk, meningkatkan citra perusahaan dengan merek yang
dikenal di pasar global, juga peningkatan omzet perusahaan. Perdagangan global
adalah hal yang vital bagi sebuah negara dan bisnisnya, karena hal ini akan
mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan pasar bagi produk-produknya
dan akses ke sumber-sumber daya yang dibutuhkan.
Permasalahan
Memasuki pasar dengan jangkauan internasional
tidaklah mudah, selain banyaknya kompetitor terdapat jangkauan konsumen yang
terlalu luas sehingga harus memastikan target pasar yang sebenarnya. Kondisi
persaingan saat ini menyebabkan perusahaan harus ikut serta sebagai pelaku
dalam perdagangan internasional jika ingin bertahan dan mendapatkan profit yang
lebih. Keadaan ini kemudian harus direspon cepat dengan berbagai cara atau
strategi dari perusahaan yang ada di tanah air yang pasarnya sudah jenuh dengan
pasar nasional saat ini.
Pembahasan
Pasar global masih memiliki potensi
yang sangat baik untuk memasarkan produk yang ditawarkan. Namun, perlu
dipastikan seorang entrepreneur dapat memanfaatkan seluruh potensi yang ada
dengan strategi yang matang dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Ada beberapa
cara seorang entrepreneur lakukan untuk bertahan dan memasuki pasar global
dengan performa yang baik yaitu:
1.
Mempelajari
Regulasi dan Persyaratan
Pahamilah seluruh regulasi dan
hukum perdagangan internasional dan juga negara tujuan untuk memasarkan produk.
Terkadang, satu negara memiliki regulasi yang berbeda satu sama lain. Mempelajari
regulasi dan persyaratan bisa dibilang sangat kompleks, namun mempelajari
persyaratan ini termasuk penting. Tidak teliti dalam mendalami persyaratan
dapat menimbulkan kerugian di transaksi dan perdagangan yang sudah terlanjur
dijalankan.
2.
Melakukan
Riset Pasar Baru
Carilah pasar dimana produk yang
ditawarkan bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Hadiri pameran dagang dipasar
sasaran untuk menjalin kontak baru dan belajar tentang budaya bisnis lokal.
3.
Memilih
Cara Penetrasi Pasar yang Tepat
Seorang entrepreneur harus
memastikan bahwa produk yang ditawarkan dikenal dan terjual dengan baik di
negara tujuan dimana produk dipasarkan. Serta harus memastikan kejelasan tanggung
jawab untuk pengiriman dan pembayaran.
4.
Mulai
Melakukan Pemasaran
Situs media sosial global seperti
Instagram, Facebook dan Twitter juga dapat membantu seorang entrepreneur untuk
mempromosikan produk dengan cepat dan gratis.
5.
Legalitas
Bisnis
Pastikan produk yang dipasarkan
sudah mengikuti peraturan legalitas yang jelas sesuai dengan peraturan
pemerintah dan undang-undang di Indonesia. Walaupun produk miliki pemilik
bisnis sesuai dengan legalitas luar negeri, apabila produk tidak mengikuti
legalitas Indonesia maka sama saja produk tidak dapat terjual dengan baik.
6.
Memilih
Transportasi Logistik yang Tepat
Pastikan seorang entrepreneur
memahami transportasi logistik yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.
Serta memastikan asuransi yang dikenakan oleh perusahaan logistik yang dipilih.
7.
Metode
Pembayaran Internasional
Memastikan bahwa seorang
entrepreneur memiliki rekening bank untuk transaksi internasional demi
memudahkan ekspor dan impor luar negeri. Biaya administrasi tiap bulannya tentu
mahal apabila dibandingkan dengan rekening lokal. Karena itu dianjurkan seorang
entrepreneur memilih satu jenis bank dengan biaya administrasi yang paling
rendah.
8.
Melakukan
Pencatatan pada Setiap Transaksi yang Terjadi
Setiap transaksi yang terjadi pada
suatu bisnis, baik itu pengeluaran dan pemasukan ada baiknya diacatat pada
sistem pembukuan yang baik dan sesuai standar. Karena kemungkinan transaksi
yang terjadi di pasar internasional diharuskan membayar pajak. Ini tentu akan
menyebabkan kesulitan untuk memantau keuntungan, pengeluaran dan pemasukan,
terlebih jika transaksi tersebut menggunakan mata uang asing.
Kesimpulan
Dalam konteks persaingan global
yang semakin terbuka seperti saat ini, banyak tantangan yang harus dihadapi. Perdagangan
global merupakan hal vital bagi sebuah negara dan bisnisnya, karena hal ini
akan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menyediakan pasar bagi produk-produknya
dan akses ke sumber-sumber daya yang dibutuhkan. Untuk mampu bertahan dan
memasuki pasar global terdapat beberapa hal yang harus dilakukan antara lain:
mempelajari regulasi dan persyaratan, melakukan riset pasar baru, memilih cara penetrasi
pasar yang tepat, mulai melakukan pemasaran, legalitas bisnis, mmilih
transportasi logistic yang tepat, metode pembayaran internasional serta
melakukan pencatatan pada setiap transaksi yang terjadi.
Daftar
Pustaka
Yatna, C.N. (2017). Memasuki
Pasar Internasional. Online.
Mislan, S. (2016). Bisnis Global.
Jurnal Ilmiah Methonomi Vol. 2 No. 2.
Gie (2020). Ingin Bisnis
Menembus Pasar Internasional. Online.
Ningsih, R.W. (2018). Kewirausahaan
Global. Sekolah Tinggi Agama Islam Bengkalis.
Hidayat,
A.A. (2022). Modul Kewirausahaan III: Strategies For Going Global and
Barrier to Internasional Trade. Universitas Mercu Buana. Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar