Abstrak
Latar belakang artikel
ini yaitu masih banyaknya pelaku usaha yang belum melakukan strategi pemasaran
secara online. Hal ini yang menyebabkan mereka yang hanya memasarkan secara offline
harus menghadapi masalah persaingan yang semakin ketat. Artikel ini bertujuan
agar para pelaku usaha dapat melakukan strategi pemasaran secara online dengan
memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Strategi pemasaran harus memiliki
keunggulan agar produknya banyak dikenal oleh para pelanggan atau calon
pelanggan. Proses pemasaran menjadi bagian yang paling penting karena menjadi
ujung tombak dalam sebuah perusahaan.
Keywords: Strategi Pemasaran, Persaingan, Online.
Pendahuluan
Masalah Marketing
(Pemasaran) selalu merupakan masalah yang sangat menarik, karena dimanapun kita
berada seringkali akan berhadapan dengan istilah pemasaran. Pemasaran merupakan
ujung tombak dari perusahaan. Maka tidak heran jika setiap perusahaan melakukan
berbagai macam strategi pemasaran agar dapat meningkatkan volume penjualannya. Semakin
baik strategi pemasaran yang digunakan perusahaan tersebut maka akan semakin
besar peluang perusahaan tersebut untuk memperluas pangsa pasar. Dalam dunia
persaingan yang ketat, perusahaan dituntut agar tetap bertahan bahkan
berkembang. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang
sangat pesat dan modern, akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan
yang bergerak di bidang industri penjualan maupun jasa. Hal ini tidak menutup
kemungkinan perusahaan yang akan bersaing ketat dengan perusahaan yang
mengeluarkan produk sejenis.
Permasalahan
Perkembangan dunia usaha
pada saat ini menunjukkan adanya gejala persaingan yang semakin meningkat ke
arah penguasaan pasar secara luas. Perusahaan besar maupun kecil, saling
bersaing dan berpacu untuk merebut tempat pemasaran dengan berbagai macam cara
dan usaha supaya perusahaan dapat menjual produk sebanyak-banyaknya pada
konsumen yang membutuhkan. Perusahaan hendaknya menyadari bahwa dengan adanya
persaingan tersebut sangat sulit bagi perusahaan untuk membangun reputasi
perusahaan, demikian pula sebaliknya sangat mudah untuk kehilangan reputasi
perusahaan tersebut.
Pembahasan
Pemasaran adalah suatu
proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial, budaya, politik,
ekonomi dan menajerial. Strategi adalah langkah-langkah yang harus dijalankan
oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan. Kementerian Koperasi dan Usaha
Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan bahwa, hanya sekitar 8% atau sekitar
3,79 juta pelaku UKM yang sudah melakukan strategi pemasaran. Menurut hasil
survey, berjualan lewat online bisa memberikan pendapatan 80% lebih tinggi
dibanding berjualan lewat offline. Untuk masalah jangkauan, media online
pastinya akan lebih luas, disinilah konsumen dapat menemukan produk yang dijual
oleh pelaku usaha. Sebelum melakukan pemasaran online, ada beberapa hal yang
harus dilakukan.
1.
Sosial Media
Pengguna sosial media semakin bertambah, hal inilah yang membuat sosial media menjadi salah satu yang sangat efektif untuk memperkenalkan sebuah produk. Dengan cara membuat konten yang menarik dan konsisten mem-posting hal menarik yang diselingi promosi.
2.
Membuat Website
Walaupun saat ini sudah banyak sosial media yang bisa digunakan sebagai tempat promosi, website juga tetap menjadi media pemasaran online yang baik dalam jangka panjang. Karena dengan memiliki website, pelanggan dapat percaya terhadap usaha yang dimiliki.
3.
Email Marketing
Email marketing juga bisa menjadi sarana pemasaran yang efektif dan tertarget, karena dengan menggunakan email marketing pemilik usaha bisa mengirimkan info tentang produk terbarunya dan promo menarik yang ditawarkan kepada pelanggan. Dengan melakukan strategi pemasaran ini, pelaku usaha dapat mendekatkan diri kepada pelanggan ataupun calon pelanggan.
4.
Testimoni Pelanggan
Review dan testimoni pelanggan juga terbukti efektif meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk. Apalagi bagi calon pelanggan yang masih memiliki keraguan tetang produk yang akan dibeli apakah bagus atau tidak.
5.
Membuka Program Reseller
Sistem reseller ini sudah tidak perlu diragukan lagi dalam pemasaran online saat ini. Dengan pemasaran sistem reseller, produk yang dijual akan memiliki jangkauan pasar lebih luas dan biaya yang lebih murah. Namun, perlu diperhatikan agar tidak terjadi perang antar reseller maka perlu menerapkan harga minimal setiap produk yang terjual lewat reseller.
6.
Ulasan Blogger
Ulasan dari blogger ternama juga berpengaruh untuk menambah rangking dari website yang dimiliki dan menambah traffic pengunjung baru ke website. Namun, sebelum memilih blogger untuk mengulas produk, harus melakukan pengecekan terlebih dahulu kualitas dari blog tersebut.
7.
Menggunakan Situs Penyedia Iklan
Dengan menggunakan situs penyedia iklan sebagai media promosi, maka harus menyiapkan budget lebih untuk biaya iklan. Menggunakan iklan untuk mempromosikan usaha adalah melakukan targeting sesuai produk yang dijual, sehingga biaya yang keluar untuk pemasaran akan sebanding dengan hasil yang didapatkan.
8.
Mendaftar ke Marketplace
Banyak marketplace di Indonesia yang bisa dicoba. Terlebih lagi marketplace yang ada di Indonesia memiliki biaya yang murah bahkan gratis. Pelaku usaha hanya perlu fokus kepada produk yang dijual dan optimasi produk serta promosi akan dilakukan oleh pihak marketplace.
Kesimpulan
Pemasaran atau marketing
merupakan proses menyampaikan barang atau jasa yang diinginkan oleh pelanggan
dan meliputi kegiatan yang berkaitan dengan memenangkan dan mempertahankan pelanggan
agar setia. Saat ini banyak pelaku usaha yang memanfaatkan perkembangan
teknologi yaitu dengan pemasaran secara online. Persaingan bisnis yang kian
ketat, tidak ada upaya lain bagi setiap perusahaan selain memenangkan
persaingan secara wajar dan dalam persaingan dukungan konsumen merupakan suatu
yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Maka dari itu strategi pemasaran online
untuk produk UMKM sangatlah penting dan masih terbuka lebar.
Daftar Pustaka
Maulidasari, Cut Devi
(2020). Dampak Pemasaran Online Di Era Covid-19. Jurnal Bisnis dan
Kajian Strategi Manajemen.
Irwilda, Mahliza, dkk
(2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Jurnal Ekonomi Islam. Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara.
Khoirun, Nisa, dkk (2018).
Strategi Pemasaran Online dan Offline. Jurnal Pengabdian Dosen dan
Mahasiswa. Universitas 17 Agustus 1945. Surabaya.
Hidayat, A.A. (2022). Modul
Kewirausahaan III: Advance Business Strategy (Leadership and Management.
Universitas Mercu Buana. Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar