STRATEGI
KEWIRAUSAHAAN
Kewirausahaan
Strategis adalah aktivitas pencarian atau penciptaan peluang usaha dan
pencarian atau penciptaan keunggulan usaha yang membangun keunggulan daya
saing. Pewirausaha dan usaha yang berhasil dan lestari pasti kuat dalam dua
kegiatan besar itu.
Wirausahawan
menggunakan proses inovasi sebagai alat pemberdayaan sumber-sumber untuk
menciptakan suatu nilai barang dan jasa. Proses inovasi dikendalikan oleh
kreativitas. Kreativitas merupakan mata rantai antara pengetahuan pengenalan
cara baru untuk mengombinasikan sumber-sumber dan proses pengembangan
pengetahuan secara sistematis ke dalam suatu inovasi yang digunakan di pasar.
Ada
beberapa alasan tentang pentingnya strategi dalam perusahaan atau organisasi
yaitu:
1. Memberikan
arah jangka panjang yang akan dituju.
2. Membantu
perusahaan atau organisasi beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
3. Membuat
perusahaan atau organisasi menjadi efektif.
4. Mengidentifikasi
keunggulan komperatif suatu perusahaan atau organisasi dalam lingkungan yang
semakin beresiko.
5. Aktifitas
yang tumpang tindih akan dikurangi.
6. Keterlibatan
karyawan dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap
pelaksanaannya.
7. Keengganan
untuk berubah dari karyawan lama dapat dikurangi.
8. Kegiatan
pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan atau organisasi
tersebut untuk mencegah munculnya masalah di masa yang akan datang.
Tahapan
Strategi Kewirausahaan
1. Seleksi
yang mendasar dan kritis terhadap
2. permasalahan
3. Menetapkan
tujuan dasar dan sasaran strategis
4. Menyusun
perencanaan tindakan
5. Menyusun
rencana penyumberdayaan
6. Mempertimbangan
keunggulan
7. Mempertimbangkan
keberlanjutan.
Peran
Strategi Kewirausahaan
Strategi
memiliki tiga peranan penting dalam mengisi tujuan manajemen, yaitu:
1. Strategi
sebagai pendukung untuk pengambilan keputusan Strategi sebagai suatu elemen
untuk mencapai kesuksesan.
2. Strategi
sebagai sarana koordinasi dan komunikasi.
3. Strategi
sebagai target Konsep strategi akan digabungkan dengan visi dan misi untuk menentukan
perusahaan yang berada dalam masa yang akan dating.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar