Oleh: Vanie
Cahyani Rachmanindya (@V29-VANIE)
ABSTRAK
Sebuah
perusahaan harus mampu mengikuti peruubahan yang terjadi baik di dalam perusahaan
maupun di luar perusahaan. Salah satu faktor terjadinya perubahan suatu
peruusahaan adalah adanya persaingan. Seiring dengan perubahan berkembangnya
suatu bisnis yang membuat persaingan menjadi ketat. Oleh karena itu, setiap
peruusahaan tentunya memiliki strategi masing – masing dalam menghadapi persaingan,
permasalahannya adalah tepatkah strategi itu dipergunakan oleh perusahaan
tersebut.
Kata Kunci: Strategi pemasaran, Kewirausahaan.
PENDAHULUAN
Persaingan sekarang semakin dinamis dan hal itu mendorong banyaknya bermuculan perusahaan, baik itu bergerak di bidang jasa maupun barang. Para wirausahawan berlomba-lomba untuk memanfaatkan disetiap peluang yang ada untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan para konsumen sehingga para konsumen tetap loyal. Secara umum semua perusahaan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal,maka kegagalan dalam melaksanakan kegiatan pemasaraan akan membawa akibat-akibat yang cukup fatal bagi perusahaan.
Strategi
pemasaran adalah cara yang paling tepat dalam upaya meningkatkan volume
penjualan, caranya ialah dengan menerapkan harga,promosi serta saluran
distribusi terhadap barang dan jasa yang bisa memberikan kepuasaan kepada
konsumen. Setiap perusahaan dapat meningkatkan penjualan produknya dengan
menggunakan sistem yang efektif, serta strategi-strategi yang khusus dalam
meningkatkan pasar konsumen yang ada.
PEMBAHASAN
Pemasaran
Pemasaran (dalam Bahasa inggris:marketing) adalah aktivitas, serangkaiain
institusi dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan
mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien dan masyarakat
umum.pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian
bertumbuh menjadi keinginan manusia.proses dalam memenuhi kebutuhan dan
keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran.mulai dari pemenuhan
produk(product), penetapan harga(price), dan memproduksikan barang (promotion).
Kotler (2004,81):strategi pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan
digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya.strategi pemasaran berisi strategi
spesik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya
pengeluaran pemasaran.
Penjualan
Menurut Wiliam G.Nickels (1998:10) penjualan adalah proses dimana sang penjual
memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dicapai manfaat baik bagi
sang penjual maupun pembeli yang berkelanjutan dan yang menguntungkan kedua
belah pihak.
Sedangkan Sugiyono (2008 : 115) mengemukakan bahwa populasi adalah wilayah
generalisasi yang terdiri atas objek / subjek, yang mempunyai kualitas dan
karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian
ditarik kesimpulannya.
KESIMPULAN
Strategi pemasaran berpengaruh terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan, tinggi
atau rendahnya strategi pemasaran di pengaruhi peningkatan penjualan. Dengan
mengembangkan strategi pemasaran yang menarik akan semakin menarik perhatian
konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
William, G. Nickels. 2000. Marketing Principles, Second Edition. New
Jersey: Prentice-Hall Inc.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.
Kotler, Philip. (2004,81). Definisi Strategi Pemasaran, www.sarjanaku.com, 15
Desember 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar