September 18, 2022

MANAJEMEN YANG BAIK DALAM SUATU BISNIS


Oleh : Tasya Reviana Azhari @V28-TASYA

ABSTRAK

Artikel ini membahas tentang manajemen yang baik dalam suatu organisasi bisnis. Latar belakang dari artikel ini yaitu banyaknya sistem manajemen yang berantakan membuat organisasi tidak berjalan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan yang dimiliki organisasi tersebut tidak tercapai. Artikel ini disusun bertujuan agar masyarakat yang ingin membuat suatu bisnis menyadari bahwa sebuah bisnis memerlukan sistem manajemen yang baik agar dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Kata Kunci : Manajemen, Bisnis, Pelayanan, Fungsi, Peran.


PENDAHULUAN

Dalam konteks pembicaraan umum, bisnis (business) tidak terlepas dari aktifitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Aktivitas dalam bisnis pada umumnya punya tujuan menghasilkan laba untuk kelangsungan hidup serta mengumpulkan cukup dana bagi pelaksanaan kegiatan si pelaku bisnis atau bisnisman (businessman) itu sendiri.

Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu business, sedangkan kata business itu sendiri berasal dari pengembangan kata busy yang berarti sibuk. “Sibuk” yang dimaksud dapat terjadi pada individu, komunitas, atau masyarakat. Bisnis jika diartikan dalam konteks yang sederhana dapat diartikan sebagai suatu kesibukan dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan yang dapat memberikan keuntungan kepada seseorang. Sedangkan dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. 


PERMASALAHAN

Setiap perusahaan pasti memiliki tantangan untuk mempertahankan usahanya, diantaranya adalah bagaimana untuk menjaga kualitas pelayanan agar dapat bersaing dengan para pesaing lainnya. Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam menjaga kualitas pelayanan adalah dengan memberikan pelayanan yang memuaskan sesuai atau melebihi harapan pelanggan.

Pada saat memberikan layanan, seringkali terdapat perbedaan kualitas antara apa yang diberikan perusahaan dan apa yang diharapkan perusahaan. Besarnya perbedaan kualitas tergantung pada kemampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannya serta perilaku pelanggan dalam membeli, menggunakan, dan mengevaluasi jasa yang ditawarkan.


PEMBAHASAN

Bisnis merupakan kegiatan yang dapat memberikan keuntungan bagi setiap orang yang dapat memanajemen bisnisnya dengan baik. Menurut pendapat Raymond E. Glos dalam bukunya “Business : Its Nature and Environment : An Introduction” diberikan definisi mengenai bisnis :

Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang orang yang berkecimpung di dalam bidang perindustrian dimana sebuah perusahaan atau organsiasi melakukan perbaikan – perbaikan standar serta kualitas produk mereka.

Manajemen Bisnis adalah kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis. Ia mencakup semua pengaturan baik dalam proses pengerjaan suatu bisnis untuk mencapai suatu tujuan yang anda inginkan. Dari usaha besar sampai usaha kecil pun harus menggunakan manajemen bisnis agar laju usaha dapat mempunyai target dan dapat terpenuhi.

Seperti yang dikutip dalam buku “The Professional Management” oleh Louis A. Alen. Fungsi utama manajemen sebagai berikut:

1) Memimpin (Leading)

Tugas seorang manajer adalah agar orang lain bertindak untuk tujuan organisasi, fungsi ini meliputi:

  • Mengambil keputusan (decision maker);
  • Melakukan komunikasi (communicating);
  • Memberikan motivasi (motivating);
  • Memilih orang-orang (selecting people);
  • Mengembangkan orang lain (developing people) melalui penilaian hasil kinerja, memberikan saran dan pemberian latihan atau training.

2) Merencanakan (Planning)

Tugas dan kegiatan utama pencanaan meliputi:

  • Forecasting atau meramalkan untuk waktu yang akan datang;
  • Membuat target dan sasaran (seat goal or targeting);
  • Programming (membuat acara) membuat rencana urutan kegiatan yang diperlukan untuk pencapaian target;
  • Schedulling (mengatur urutan waktu pelaksanaan atau time table);
  • Budgeting (menyusun rencana anggaran biaya);
  • Membuat Standard Operating Procedure (SOP) tentang pelaksanaan pekerjaan;
  • Estabilishing and Interpreting Policies (menetapkan dan menafsirkan kebijakan- kebijakan pelaksanaan pekerjaan)

3) Menyusun (Organizing)

Kegiatan mengatur dan menghubungkan suatu pekerjaan sehingga dilaksanakan lebih efektif dan efisien meliputi:

  • Design Organization Structure (Desain Struktur Organisasi),
  • Menentukan job description dari masing-masing jabatan untuk mencapai sararan organisasi;
  • Delegating Responsibility and Authority (mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang) menetapkan pertangungjawaban untuk hasil yang dicapai;
  • Estabilishing Relationship (menetapkan hubungan-hubungan yang membedakan antara atasan dan staff);
  • Mendeskripsikan hal-hal yang dianggap efektif sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya manusia guna pencapaian sasaran.

4) Mengawasi (Controlling)

Melakukan pengawasan, pengendalian dan pengamatan meliputi:

  • Developing Performance Standard (perkembangan pekerjaan);
  • Measuring Performance (pengukuran hasil pekerjaan);
  • Taking   Corrective   Action (melakukan tindakan perbaikan dan mengoreksi kesalahan)

Peran manajemen dalam membantu mengelola bisnis sangatlah penting. Hal ini karena kemajuan bisnis yang akan dijalankan oleh seseorang atau suatu organisasi akan berkantung pada kinerja manajemen yang menangani setiap pekerjaan yang ada di suatu perusahaan. Maka dari itu, penting untuk memahami tujuan manajemen dalam bisnis sehingga dapat melaksanakan setiap tugas dengan baik dan sesuai agar dapat mencapai target perusahaan.

Tujuan dari manajemen bisnis, antara lain :

  1. Memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efektif
  2. Memastikan pengembangan dan pertumbuhan bisnis
  3. Menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas
  4. Mengatur ketersediaan stok barang dan jasa perusahaan
  5. Meningkatkan kedisiplinan di tempat kerja
  6. Menemukan kandidat terbaik untuk posisi tertentu
  7. Membantu menyusun rencana di masa yang akan dating
  8. Meminimalisasi terjadinya risiko
  9. Melakukan koordinasi
  10. Membantu penelitian, pengembangan, dan pertumbuhan bisnis


Manajemen berupaya untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditentukan dalan sebuah bisnis. Oleh karena itu, manajemen bisnis yang baik harus efektif dan efisien. Dengan menerapkan manajemen dalam bisnis dapat memberikan manfaat, diantaranya yaitu :

  1. Membantu dalam menyusun strategi bisnis
  2. Membantu dalam mengalokasikan sumber daya dan waktu
  3. Membantu menciptakan perilaku bisnis positif
  4. Membantu meningkatkan kesadaran tentang adanya ancaman
  5. Membantu meningkatkan kinerja dalam berbisnis
  6. Membantu dalam menyusun target kerja
  7. Membantu dalam mempertahankan bisnis
  8. Membantu dalam menarik perhatian konsumen


KESIMPULAN

Dalam membangun sebuah perusahaan, manajemen bisnis merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan secara matang. Karena manajemen bisnis dapat menjadi faktor penentu dan kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Dengan memahami dan mengenal pentingnya manajemen bisnis, maka suatu perusahaan yang menerapkannya dengan baik akan mencapai target secara efektif dan efisien.


DAFTAR PUSTAKA

Anggarsari, F. (2021). Pentingnya Mengenal Manajemen Bisnis. PT Zahir Internasional.

Fuad.M, dkk. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat, A.A. (2022). Modul Kewirausahaan III: Advance Business Strategy (Leadership and Management. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Lulu Muhamad U. (2015, October). Manajemen Bisnis. Universitas Mercu Buana. Jakarta

Restu. (2021, December 10). Pengertian, Manfaat Dan Tujuan Bisnis Yang Perlu Kamu Ketahui. Gramedia Literasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar