Menggali kreativitas dan inovasi dalam
berwirausaha
Oleh : Ahmad
Marsudin (41620110051)
(@T17-Marsudin)
Teknik Industri, Universitas Mercu Buana Jakarta
Pendahulan
Kreativitas adalah aktivitas
kognitif yang menghasilkan cara baru dalam memandang suatu masalah atau
situasi. Kreativitas tidak terbatas pada menghasilkan hal-hal baru yang bersifat praktis, tetapi boleh
jadi hanya merupakan suatu
gagasan baru. Sebagai gagasan baru adakalanya juga tidak dapat
menjamin penyelesaian masalah. Oleh karena itu, pandangan ini lebih menekankan kreativitas pada
cara pandang yang
baru terhadap suatu masalah atau situasi, dan bukan pada suatu karya baru
yang memiliki nilai kegunaan praktis menurut Ananta, dkk (2014) dalam Suharnan,
2001.
kreativitas adalah inisiatif terhadap
suatu produk atau proses yang bermanfaat, benar,
tepat, dan bernilai terhadap suatu tugas yang lebih
bersifat heuristic yaitu sesuatu yang
merupakan pedoman, petunjuk, atau
panduan yang tidak lengkap
yang akan menuntun
kita untuk mengerti, mempelajari, atau menemukan sesuatu yang baru. Menurut Wahyuningsih
(2020).
Menurut Wahyuningsih (2020) dalam Hendro
(2011:119) Inovasi atau sering disebut teori inovasi adalah suatu
teori yang berlandaskan sesuatu yang tidak mungkin “impossible”untuk
diwujudkan menjadi mungkin “possible”.Sebagian
besar penemu dunia mengacu
pada konsep “Innovation Theory”, yang berpikir bahwa sesuatu
yang tidak mungkin, tidak terpecahkan, dan
tidak bisa terselesaikan akan menjadi mungkin bagi mereka,
tentunya dengan usaha yang tidak
kenal menyerah. Akan jadi apa dunia
ini jika tidak ada inovator - inovator hebat, seperti Thomas Alva Edison, yang
membuat riset dan mencari kawat yang tahan panas hingga membuat percobaan sebanyak
2000 kali, Graham Bell dengan teleponnya, Marconi dengan radionya, dan masih
banyak lagi orang yang sensasional dan spektakuler di abad ke-18 hingga abad ke-20. Seorang smart and good entrepreneur,
yang mengetahui bahwa Teori ini ialah landasan untuk menemukan suatu ide bisnis
dan peluang, mulai berpikir dari sesuatu yang tidak mungkin untuk dibuat menjadi
mungkin dan spektakuler.
Dari pengertian diatas, inovasi adalah
suatu ide, gagasan yang digunakan
dalam memecahkan suatu masalah atau menyelesaikan masalah dengan yang
tidak mungkin terjadi “impossible” dan dapat diwujudkan menjadi
mungkin “possible”. inovasi lebih luas dan
masuk dalam kehidupan sehari-hari dan tidak
semua inovasi itu berbentuk
penemuan dan belum tentu baru
melainkan bisa saja
hanya suatu terobosan, ide ,gagasan,
metode dan lain sebagainya. Menurut Wahyuningsih (2020) dalam Hendro (2011:119)
Hasil dan Pembahasan
Berpikir kreatif
sama halnya dengan daya
imajinasi. Imajinasi sintetik
berfungsi menyusun konsep lama, gagasan atau rancangan lama menjadi satu
kombinasi baru berdasarkan bahan yang telah ada berdasarkan pengalaman,
pendidikan dan pengamatan. Imajinasi
kreatif berfungsi menghubungkan kemampuan pikiran individu
terbatas langsung bersentuhan dengan alam kecerdasanya yang tak terbatas,
sehingga menghasikan gagasan dasar yang benar-benar baru. Ananta, dkk (2014)
Menurut Ananta, dkk (2014) Minat wirausaha
perlu dilihat dari perspektif yang lebih khusus. Potensi
dan daya kreasi optimal akan mendukung siswa mandiri, berkualitas dalam
mengisi lapangan kerja. Pembentukan minat
wirausaha pada siswa akan
mempercepat pencapaian visi
dan misi penciptaan usaha
mandiri yang berkualitas bagi setiap
lulusan. Penelitian ini
akan membahas minat wirausaha
siswa SMK dari perspektif konsep diri dan kreativitas.
Masih menurut Ananta, dkk (2014) wirausaha
yang sukses adalah individu yang memiliki konsep diri positif. Pemahaman diri
yang baik tentang kelebihan dan kekurangan, keyakinan tentang diri, ide-ide, pikiran-pikiran
dan kreativitas untuk berhubungan dengan individu lain.
Menurut Wiyono, dkk (2020) dalam Penelitian Hadiyati
(2011) menyimpulkan bahwa kreativitas dan inovasi berpengaruh secara simultan
terhadap kewirausahaan dengan variabel inovasi yang mempunyai pengaruh yang
lebih besar.
Jadi dalam
berinovasi itu harus ditingkatkan, menurut Wiyono, dkk (2020) dalam (Rusdiana 2014)
Cara dalam hal untuk meningkatkan kemampuan inovasi di bidang produk dan
pelayanan adalah : a. Mempelajari inovasi dari pengalaman yang ada b.
Memberikan penghargaan kepada karyawan yang memiliki gagasan inovasi c.
Berorientasi pada perilaku untuk berinovasi d. Menetapkan tujuan berinovasi e.
Membuat produk penuh inovasi dengan cara-cara yang sederhana f. Memulai membuat
produk dengan inovasi yang paling kecil g. Melakukan percobaan dan perbaikan h.
Mengikuti alur jadual yang sudah ditentukan dalam berinovasi i. Bekerja selalu
dengan semangat dan mempunyai keyakinan
yang kuat akan inovasi dan risiko.
Menurut Wiyono, dkk (2020) dalam (Mustikawati 2014)
memberikan kesimpulan bahwa, melalui proses inovasi UKM (Usaha Kecil dan
Menengah) Sentra Malang, terbukti mampu mengembangkan produk
baru serta melakukan
pengembangan pada pasar sehingga dapat
bertahan hidup. Inovasi yang
telah dilakukan dipergunakan sebagai dasar dalam berbisnis untuk meningkatkan
keunggulan kompetif dalam jangka panjang.
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi pencapaian keberhasilan menurut Wiyono, dkk (2020) dalam (Rusdiana
2014) Beberapa hal yang dapat memberikan tercapainya keberhasilan dalam menciptakan
inovasi adalah: a. Suasana inovasi dan visi, yaitu mempunyai visi yang
sederhana dan gamblang serta memberi dukungan yang serius untuk mewujudkan suasana
inovasi b. Orientasi pasar, yaitu berlandaskan
visi mereka yang ada dalam pasar c. Organisasi yang datar dan kecil d. Proses belajar
interaktif, yaitu dalam suatu unit organisasi yang inovasi, proses belajar dan
penelitian dari ide-ide mengabaikan fungsi tradisional dalam suatu organisasi.
Kesimpulan
Seseorang yang memiliki kreativitas
dan inovasi dalam berwirausaha sebaiknya distimulasikan untuk diberikan
pendampingan dalam mewujudkan wirausahanya. Dalam menggali kreativitasnya dengan
berbagai cara seperti diasah kemampuanya, karena orang kreatif memilik potensi
besar untuk menjadi wirausaha.
Daftar Pustaka
Ananta,
R. K. E., & Farid, M. (2014). Minat wirausaha, konsep diri dan kreativitas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1).
Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19-25.
Wahyuningsih,
S. (2020). INOVASI DAN KREATIVITAS MERUPAKAN KUNCI PENTING DALAM PENGEMBANGAN
BERWIRAUSAHA. DIDAKTIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains dan Pembelajarannya, 14(2), 2474-2483.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar