Nama : Alfian Adhar
Kode Pebisnis : @S22-ALFIAN
Kewirausahaan Dalam Lingkungan Global
Globalisasi juga merupakan suatu proses sosial dan budaya
yang dimulai dengan berinteraksinya suatu bangsa dengan bangsa lain. Interaksi
sosial budaya tersebut membawa pengaruh bagi bangsa-bangsa di dunia. Kebudayaan
suatu bangsa menyerap berbagai pengaruh kebudayaan lain. Terjadi banyak
penyerapan atas unsur-unsur budaya seperti nilai, adat istiadat, kebiasaan,
kesenian, dan bahasa dalam suatu kebudayaan. Saat ini fenomena globalisasi
mengalami proses percepatan, bangsa-bangsa di dunia saling berinteraksi dan
bertukar kebudayaan.
Bagi perusahaan di seluruh
dunia, globalisasi merupakan hal yang berhubungan dengan daya tahan, bukan
merupakan suatu pilihan.
Indonesia, sebenarnya sudah
sejak lama mempraktekkan globalisasi, ditandai dengan kebijakan industrialisasi
di segala bidang sejak orde baru. Hal itu ditandai dengan banyaknya perusahaan
atau investor asing yang menanam modal di Indonesia, seperti Freeport, Toyota
Astra Motor, dan lain-lain.
Sayangnya tidak banyak pelaku
bisnis yang dapat berpikir global. Kemampuan menghargai, mengerti dan
menghormati perbedaan nilai, perilaku dan praktek bisnis perusahaan dan
orang-orang di berbagai negara, inilah yang disebut berpikir global
Globalisasi pasar internasional
sekarang ini cenderung meluas, menjadi rumit dan sulit dilacak.
Proses ini terjadi sedemikian cepat dengan kecenderungan aksi dari berbagai
perusahaan raksasa multinasional (MNCs) dan dunia (global firms)
mengadakan strategi usaha melalui integrasi, merger maupun
kegiatan usaha patungan dengan melintasi batas-batas teritorial antar negara.
Kepentingan bisnis mereka secara
keseluruhan seringkali mengalahkan kepentingan dari perusahaan-perusahaan
cabang yang mereka miliki maupun kepentingan partner dagang di negara
berkembang. Globalisasi pasar disamping memberikan dampak positif,
tidak jarang menghasilkan pengaruh yang negatif untuk perekonomian Indonesia,
perkembangan perusahaan menegah dan kecil dan keunggulan bersaing di sektor
ekonomi atau industri tertentu.
Ketika pasar domestik
mengalami kejenuhan dan pertumbuhan penjualan mulai melambat, perusahaan di
semua industri menyadari semakin pentingnya usaha-usaha untuk mengembangkan
bisnis di negara lain. Sebagai contoh, McDonald telah membuka restoran di
Amerika Latin, Nike merancang sepatu sepak bola untuk masyarakat Brazil dan
Wal-Mart menggoda para pembeli Cina melalui berbagai barang dagangan yang dapat
dibeli dengan harga diskon.
Perusahaan yang telah berhasil
menembus pasar internasional dan bersaing dalam era globalisasi ditandai dengan
aktivitasnya seperti :
1.
Mereka membakukan dan memadukan aktivitas operasi-operasi
perusahaannya di seluruh dunia dalam semua bidang fungsional manjemen, dengan
penempatan SDM nya yang terbaik.
2.
Mereka memiliki kehadiran pasar produk/jasa yang
dihasilkan perusahaannya di hampir seluruh penjuru seluruh dunia.
3.
Merek menjalankan operasi-operasi yang distandarisasikan
di seluruh dunia dalam satu atau lebih bidang-bidang fungsional perusahaan
untuk menjamin kualitas produk/jasa yang dihasilkannya, serta pelayanan baku
(service quality) yang terbaik bagi para pelanggannya.
4.
Mereka selalu mengadakan perbaikan dan memajukan
operasi-operasinya di seluruh dunia melalui investasi yang tidak sedikit dalam
departemen Research and Development untuk berupaya menemukan inovasi-inovasi
baru bagi operasi perusahaannya secara berkesinambungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar