STARTUP PERINGKAT DELAPAN BELAS DIBUAT OLEH PUTRI AULIYA (@S18-PUTRI MEMBAHAS BLANJA.COM)
I. PENDAHULUAN
Dewasa ini cara berbelanja masyarakat mengalami perubahan trend dari berbelanja secara tradisional menuju berbelanja secara online sejalan dengan berkembanganya teknologi telekomunikasi dan internet yang semakin pesat. Blanja.com adalah e-commerce hasil joint-venture antara PT Telkom dengan eBay Inc sebagai mitra global. Merek Blanja.com adalah merek di industri e-commerce yang tidak sebaik yang diharapkan dengan adanya ecommerce pesaing seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain karena kunjungan situs web yang tidak bertumbuh (iPrice, 2019), selain itu keluhankeluhan konsumen terhadap cara Blanja.com berkomunikasi yang menggunakan sistem Robot, bagaimana Blanja.com menawarkan produk (Playstore, 2019) serta merek Blanja.com yang kurang diakui di industri e-commerce menjadi penyebab dari buruknya nilai merek.
Merek Blanja.com dalam StartupRanking dinyatakan rangking 6 startup Indonesia serta rangking 115 startup dunia karena status Blanja.com masih Cockroach, dibandingkan dengan perusahaan pesaing di industri e-commerce yang sudah memiliki status Unicorn (Gunawan, 2019). Hal ini memberikan citra buruk bagi Blanja.com di mata konsumen pada industri e-commerce dalam interaksi terhadap konsumen. Hal ini membawa serta nilai merek e-commerce Blanja.com tidak terkenal seperti pesaing-pesaing nya di industri e-commerce.II. PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil penelitian, temuan peneliti mengenai interaktivitas situs web tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap pengetahuan merek dan persepsi nilai merek konsumen. Kendali pengguna menjadi satu variabel dalam penelitian ini yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kesadaran merek dan citra merek, bertentangan dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Barreda, Bilgihan, Nusair, & Okumus (2016). Kendali pengguna terhadap cara mereka di berikan kebebasan dalam memegang kendali terhadap apa yang ingin mereka lihat dan rasakan dari situs web Blanja.com tidak menjadi acuan dalam membangun kesadaran merek dan citra merek, serta nilai merek dari Blanja.comBerdasarkan penelitian ini, komunikasi dua arah dapat menciptakan kesadaran merek dan citra merek online yang positif. Perusahaan di sarankan untuk membangun komunikasi yang menyediakan cara yang efektif untuk mengumpulkan umpan balik pengunjung, membuat pengguna merasa seperti merek ingin mendengarkan pengunjungnya, mendorong pengunjung untuk menawarkan umpan balik mereka dan menawarkan berbagai peluang pengunjung untuk berkomunikasi. Hal ini dimungkinkan untuk menyiratkan bahwa para pengguna yang merasa berkomunikasi secara timbal balik dengan merek dan pengguna lain cenderung membangun persepsi positif, kuat, dan berbeda dari merek tersebut.Pada peningkatan selanjutnya, Blanja.com diharapkan dapat mendesain situs web yang memberdayakan pengguna melalui interaksi dua arah antara konsumen-perusahaan. Persepsi mengenai komunikasi dapat meningkatkan persepsi positif dari merek Blanja.com yang pada gilirannya akan mempengaruhi individu untuk menganggap situs web Blanja.com berharga, bernilai, dan terkenal.Pada model penelitian ini, terdapat 21% kemungkinan bahwa masih ada variabel lain yang dapat menjelaskan Brand Awareness, 4% kemungkinan bahwa masih ada variabel lain yang dapat menjelaskan Brand Image, serta 6% kemungkinan bahwa masih ada variable lain yang dapat menjelaskan Brand Value. Pada penelitian selanjutnya, disarankan untuk menambahkan variabel-variabel seperti Brand Choice, Buying Intention, dan Brand Relationship Quality yang berhubungan dengan prediksi Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Value. Tujuan penambahan variabel tersebut agar model penelitian ini mampu menghasilkan kemajuan yang signifikan dalam menjelaskan variabel terhadap Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Value.Untuk penelitian selanjutnya, dipersilakan untuk menggunakan objek pada industri-industri lainnya dengan menggunakan penelitian ini sebagai acuan agar terciptanya generalisasi penelitian.
III. KESIMPULAN
Terdapat pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan situs jual beli online. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan kemudahan dalam penggunaan maka minat menggunakan situs jual beli online akan mengalami peningkatan. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa Blanja.com merupakan situs jual beli yang harus mengutamakan kemudahan dalam penggunaan.Terdapat pengaruh kemanfaatan terhadap minat menggunakan situs jual beli online. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dengan semakin meningkatnya kemanfaatan maka minat menggunakan situs jual beli online akan mengalami peningkatan. Dari hasilanalisis dapat diketahui bahwa Blanja.com merupakan situs jual beli online yang harus mengutamakan kemanfaatan dalam mendukung minat menggunakan situs jual beli online.
DAFTAR PUSTAKA
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/12173/11975
https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/307/213
https://ejournal.iisip.ac.id/index.php/jisip/article/view/12
Tidak ada komentar:
Posting Komentar