Oleh
: Murdiono deli (@S03-MURDIONO)
PENDAHULUAN
Pada zaman yang serba digital ini, sangat banyak orang memanfaatkan teknologi digital sebagai peluang bisnis. Baik media sosial maupun yang menggunakan website. Pada dunia bisnis, pemakaian internet saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan teknologi informasi menjadikan internet sebagai alat pertukaran data dan informasi yang utama.
Aplikasinya meluas di berbagai bidang, terutama yang membutuhkan pertukaran data yang cepat dengan lokasi yang berbeda. Internet banyak mempengaruhi dunia bisnis, banyak perusahaan yang sukses menjual produk dan jasa dengan menggunakan bantuan internet. Internet seolah memberikan tantangan baru bagi mereka yang sudah ada maupun kepada siapa saja yang ingin menciptakan sebuah produk/bisnis baru. Salah satu bisnis yang menggunakan media online yaitu startup. Startup merupakan sebuah perusahaan yang didesain untuk berkembang pesat. Tetapi istilah startup secara internasional lebih populer ketika pada gelombang dot-com. Jadi bisa disebut startup ialah perusahaan baru yang merintis bisnisnya melalui teknologi media. Pada awalnya startup di Indonesia hanya berupa sebuah bisnis yang menawarkan barang-barang, seperti baju, sepatu, peralatan sehari-hari dan lain-lain. Contoh seperti Lazada yang menjual segala macam barang keperluan dan itu sifatnya barang baru. Sehingga komunikasi antara penjual dan pembeli hanya terjadi dalam lingkungan dunia maya. Tetapi dengan semakin banyaknya kebutuhan teknologi yang menjaring ke dalam kehidupan manusia makanya banyak perusahaan berbasis startup yang memanfaatkan teknologi informasi. Saat ini beberapa startup sudah mengembangkannya ke dunia jual beli jasa, seperti ojek online, yang terdahulu seperti Gojek.Ruangguru merupakan perusahaan teknologi
terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kami
telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang
menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.Ruangguru mengembangkan
berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten
pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.Kami
juga telah dipercaya untuk bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan
326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.Ruangguru juga telah memenangkan
sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian
Prize,UNICEF Innovation to Watch,Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.Perusahaan ini
didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, yang keduanya
berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk sektor
teknologi konsumen di Asia. Di tahun 2019, mereka mendapat penghargaan sebagai Emerging Entrepreneur dari Ernst & Young.
Ruangguru untuk
pendidikan Indonesia
Ruangguru
memiliki misi untuk menyediakan dan memperluas akses terhadap pendidikan
berkualitas melalui teknologi untuk semua siswa, kapan saja dan di mana saja.Kami
percaya bahwa pendidikan adalah hak setiap manusia. Kami juga meyakini bahwa pendidikan
adalah tiket untuk masa depan yang lebih baik. Maka dari itu, kami bertujuan
untuk menyediakan layanan pendidikan dan materi pembelajaran dari guru-guru
terbaik Indonesia, yang bisa diakses oleh seluruh siswa di mana saja mereka
berada dengan biaya yang terjangkau.Kami juga bertujuan untuk meningkatkan
kualitas guru dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan tambahan penghasilan
bagi guru di Indonesia. Ruangguru percaya, dengan meningkatnya kualitas guru,
maka mutu pendidikan di Indonesia juga akan menjadi lebih baik.Ruangguru juga
percaya bahwa teknologi memudahkan siswa untuk mengakses materi pembelajaran
yang berkualitas. Di mana pun mereka berada, Ruangguru dapat membantu proses
belajar siswa tanpa batasan ruang dan waktu. Kami juga meyakini bahwa teknologi
dapat membantu siswa, guru, dan orang tua untuk menjalankan aktivitasnya
menjadi lebih efektif dan efisien.Kami bertekad untuk terus mengembangkan
layanan kami serta berkolaborasi dengan berbagai pihak guna mencapai
tujuan-tujuan kami.
kESIMPULAN
Generasi milenial yang
sebagian besar merupakan pelajar SMP dan SMA tersebut lebih banyak menghabiskan
waktunya dengan gadget. Banyak pelajar masa kini sulit memahami pelajaran yang
dipelajari di sekolah dan kemudian sampai di rumah mereka kembali sibuk dengan
gadget-nya masing-masing dan melupakan topik pelajaran yang telah dipelajari di
sekolah. Oleh karena itu, kebanyakan orangtua menyadari hal tersebut sehingga
memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anaknya dengan mendaftarkan anakanaknya
ke lembaga-lembaga bimbingan belajar (bimbel) terkenal ataupun mencari guruguru
les privat. Dengan semakin berkembangnya m - learning, siswa tidak perlu lagi
harusdatang ke lokasi bimbel karena mereka bisa belajar kapanpun mereka mau
setiap mereka membawa laptop atau smartphone dengan mengakses bimbingan belajar
online (bimbel online).
REFERENSI
https://www.ruangguru.com/about-us
https://id.wikipedia.org/wiki/Ruangguru
https://docplayer.info/140389882-Pemanfaatan-aplikasi-ruang-guru-dalam-dunia-pendidikan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar